RPP Kelas IV Tema Koperasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU



Sekolah                      : SDN Jagakarsa 08 Pagi
Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Kelas/Semester          : IV / II
Alokasi Waktu           : 4x35 menit
Tema                         : Koperasi
Mata Pelajaran          :
1.      BAHASA INDONESIA
2.      IPS
3.      MTK

A.    STANDAR KOMPETENSI
IPS                       : Mengenal sumber daya alam ,kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi.
Bahasa Indonesia     : Menentukan kalimat utama pada tiap paragraph melalui membaca intensif
Matematika            : Menentukan sifat-sifat operasi hitung,factor kelipatan ,bilangan bulat,dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Dari kompetensi dasar dan indikator ketiga mata pelajaran tersebut yang dapat dipadukan adalah sebagai berikut
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      Bahasa Indonesia
a.       KD
Ø  Menentukan kalimat utama pada paragraf melalui membaca intensif dalam teks berjudul koperasi

Indikator
Ø  Menentukan kalimat utama dalam teks yang berjudul koperasi
Ø  Mencatat dan mencari makna sukar menggunakan kamus dalam teks berjudul koperasi
Ø  Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
2.      IPS
b.      KD
Ø  Mngenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Indikator
Ø  Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada didalam kantor koperasi
Ø  Menjelaskan berbagai jenis barang pada anggota
Ø  Menunjukkan berbagai jenis barang yang di perjual belikan di dalam koperasi
3.      Matematika
c.       KD
Ø  Menjumlah dan mengurangi pecahan serta menggunakannya dalam kehidupan sehari- hari
Indikator
Ø  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
Ø  Menyelesaikan soal cerita jual-beli dalam koperasi yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

 C. TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. IPS      : Siswa dapat ,
Ø  Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada didalam kantor koperasi
Ø  Menunjukkan berbagai jenis barang yang di perjual belikan di dalam koperasi
2.  Bahasa Indonesia : Siswa dapat,
Ø  Menentukan kalimat utama dalam teks yang berjudul koperasi
Ø  Mencatat dan mencari makna sukar menggunakan kamus dalam teks berjudul koperasi
Ø  Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
3. Natematika  :  Siswa dapat,
Ø  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
Ø  Menyelesaikan soal cerita jual-beli dalam koperasi yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Bahasa Indonesia
a.       Membaca teks yang berjudul kopersi
b.      Mencari paragraf utama dari teks kopersi
c.       Mencari makna sukar dari teks koperasi menggunakan kamus
d.      Menjawab pertanyyan sesuai dengan isi teks koperasi
2.      IPS
a.       Menyebutkan kegiatan yang ada di dalam koperasi
b.      Menjelaskan manfaat kopersi pada angoota
c.       Menyebutkan barang yang dijual dikoperasi
3.      MTK
Penjumlahan dan pengurangan melalui soal cerita tentang laba jual-beli di dalam koperasi

E.    STRATEGI PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal / Pendahuluan
a.       Siswa dikondisikan dalam situasi belajar yang kondusif
b.      Guru menyampaikan secara lisan dan menuliskan dipapan tulis materi yang akan dipelajari ,di lanjutkan dengan menjelaskan kemampuan – kemampuan yang di harapkan dapat di capai siswa setelah pembelajaran.
c.       Guru menjelaskan langkah- langkah kegiatan yang harus di lakukan siswa selama pembelajaran berlangsung.
d.      Guru memberikan semangat dengan bertepuk tangan dan mengadakan permainan sehingga siswa siap menerima pembelajaran.
2.      Kegiatan inti
a.       Siswa di beri teks koperasi dan di suruh membaca dengan intonasi yang benar.
b.      Siswa mencari paragraf utama dan mencari kata-kata sukar dengan kamus.
c.       Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks.
d.      Siswa di bagi menjadi kelompok berjumlah 4 orang.
e.       Setiap kelompok mempraktekkan jual-beli di dalam koperasi.
f.       Setiap kelompok berdiskusi untuk mencari dan mencatat apa saja yang di jual di dalam koperasi.
g.      Setiap kelompok berdiskusi untuk mencari dan mencatat apa saja manfaat koperasi bagi anggota.
h.      Kegiatan berikutnya,setiap siswa dari masing-masing kelompok secara bergiliran membacakan hasil diskusinya dengan intonasi yang benar dan guru memberikan pengarahan dan penjelasan yang masih belum di mengerti siswa.
i.        Masing-masing siswa mengerjakan soal cerita pengurangan dan penjumlahan yang dihubungkan dengan jual-beli koperasi
3.      Kegiatan penutup
a.       Siswa dibimbing untuk menarik kesimpulan atau merangkum teks koperasi
b.      Guru memberikan evaluasi secara lisan
c.       Guru memberikan hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar
d.      Guru memberikan PR dan pembiasaan buang sampah pada tempatnya.

F.     ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Teks koperasi dalam buku Bahasa Indonesia 4
2.      Buku LKS kelas 4
3.      Kamus Bahasa Indonesia

G.     METODE PEMBELAJARAN
·         Diskusi / kooperatif
·         Pemberian tugas
·         Ceramah
     
H.    MODEL PEMBELAJARAN
·         KOOPERATIF
      
I.    PENILAIAN DAN PEMBELAJARAN
1.      Prosedur penilaian
a.       Penilaian proses
b.      Penilaian akhir (prost-test)
2.      Jenis dan Bentuk Tes
a.       Tes lisan pada awal dan akhir pelajaran
b.      Tes tulis pada PR
c.       Tes kinerja pada saat berlangsungnya pembelajaran
3.      Alat Penilaian
a.       Lembar kerja siswa (LKS)
b.      Lembar soal terlampir
c.       Lembar penilaian kinerja terlampir
d.      Lembar analisis kemampuan menulis terlampir





              Jakarta,03 Maret 2016
                                                                   
MENGETAHUI,

Kepala SDN Jagakarsa 08 Pagi                                                     Guru kelas



    ( ......................... )                                                               ( .................. )                   





Lampiran 1 : Materi Singkat

 KOPERASI

A.    Pengertian koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Kegiatan usaha koperasi merupakan penjabaran dari UUD 1945 pasal 33 ayat (1). Dengan adanya penjelasan UUD 1945 Pasal 33 ayat (1) koperasi berkedudukan sebagai soko guru perekonomian nasional dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem perekonomian nasional.
Sebagai salah satu pelaku ekonomi, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berusaha menggerakkan potensi sumber daya ekonomi demi memajukan kesejahteraan anggota. Karena sumber daya ekonomi tersebut terbatas, dan dalam mengembangkan koperasi harus mengutamakan kepentingan anggota, maka koperasi harus mampu bekerja seefisien mungkin dan mengikuti prinsipprinsip koperasi dan kaidah-kaidah ekonomi.

B.     Prinsip Koperasi
Di dalam Undang-Undang RI No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian disebutkan pada pasal 5 bahwa dalam pelaksanaannya, sebuah koperasi harus melaksanakan prinsip koperasi.
Berikut ini beberapa prinsip koperasi.
1.      Keanggotaan koperasi bersifat sukarela dan terbuka.
2.      Pengelolaan koperasi dilakukan secara demokratis.
3.      Sisa hasil usaha (SHU) yang merupakan keuntungan dari usaha yang dilakukan oleh koperasi dibagi berdasarkan besarnya jasa masing-masing anggota.
4.      Modal diberi balas jasa secara terbatas.
5.      Koperasi bersifat mandiri.
C.    Fungsi dan Peran Koperasi
Sebagaimana dikemukakan dalam pasal 4 UU No. 25 Tahun 1992, fungsi dan peran koperasi di Indonesia seperti berikut ini.
1.        Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial Potensi dan kemampuan ekonomi para anggota koperasi pada umumnya relatif kecil. Melalui koperasi, potensi dan kemampuan ekonomi yang kecil itu dihimpun sebagai satu kesatuan, sehingga dapat membentuk kekuatan yang lebih besar. Dengan demikian koperasi akan memiliki peluang yang lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat pada umumnya dan anggota koperasi pada khususnya.
2.        Turut serta secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat Selain diharapkan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi para anggotanya, koperasi juga diharapkan dapat memenuhi fungsinya sebagai wadah kerja sama ekonomi yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat pada umumnya. Peningkatan kualitas kehidupan hanya bisa dicapai koperasi jika ia dapat mengembangkan kemampuannya dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota-anggotanya serta masyarakat disekitarnya.





D.    Fungsi dan Peran Koperasi
Sebagaimana dikemukakan dalam pasal 4 UU No. 25 Tahun 1992, fungsi dan peran koperasi di Indonesia seperti berikut ini.
1.         Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial Potensi dan kemampuan ekonomi para anggota koperasi pada umumnya relatif kecil. Melalui koperasi, potensi dan kemampuan ekonomi yang kecil itu dihimpun sebagai satu kesatuan, sehingga dapat membentuk kekuatan yang lebih besar. Dengan demikian koperasi akan memiliki peluang yang lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat pada umumnya dan anggota koperasi pada khususnya.
2.         Turut serta secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat Selain diharapkan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi para anggotanya, koperasi juga diharapkan dapat memenuhi fungsinya sebagai wadah kerja sama ekonomi yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat pada umumnya. Peningkatan kualitas kehidupan hanya bisa dicapai koperasi jika ia dapat mengembangkan kemampuannya dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota-anggotanya serta masyarakat disekitarnya.
E.     Manfaat Koperasi
Berdasarkan fungsi dan peran koperasi, maka manfaat koperasi dapat dibagi menjadi dua bidang, yaitu manfaat koperasi di bidang ekonomi dan manfaat koperasi di bidang sosial.
F.     Manfaat Koperasi di Bidang Ekonomi
Berikut ini beberapa manfaat koperasi di bidang ekonomi.
a.    Meningkatkan penghasilan anggota-anggotanya. Sisa hasil usaha yang diperoleh koperasi   dibagikan kembali kepada para anggotanya sesuai dengan jasa dan aktivitasnya.
b.   Menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah. Barang dan jasa yang ditawarkan oleh koperasi lebih murah dari yang ditawarkan di toko-toko. Hal ini bertujuan agar barang dan jasa mampu dibeli para anggota koperasi yang kurang mampu.
c.   Menumbuhkan motif berusaha yang berperikemanusiaan. Kegiatan koperasi tidak semata-mata mencari keuntungan tetapi melayani dengan baik keperluan anggotanya.
d.  Menumbuhkan sikap jujur dan keterbukaan dalam pengelolaan koperasi. Setiap anggota berhak menjadi pengurus koperasi dan berhak mengetahui laporan keuangan koperasi.
e.   Melatih masyarakat untuk menggunakan pendapatannya secara lebih efektif dan membiasakan untuk hidup hemat.
G.    Manfaat Koperasi di Bidang Sosial
Di bidang sosial, koperasi mempunyai beberapa manfaat berikut ini.
a.       Mendorong terwujudnya kehidupan masyarakat damai dan tenteram.
b.      Mendorong terwujudnya aturan yang manusiawi yang dibangun tidak di atas hubungan-hubungan kebendaan tetapi di atas rasa kekeluargaan.
c.       Mendidik anggota-anggotanya untuk memiliki semangat kerja sama dan semangat kekeluargaan.









Lampiran 2 : LKS IPS, LKS Bahasa Indonesia, LKS Matematika

 LEMBAR KERJA SISWA IPS
Nama              :
Kelas               :
No.Absen       :

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Koperasi adalah ... .
2.      Koperasi berdasarkan keanggotaanya di bedakan menjadi 2 yaitu ... dan ...
3.      Koperasi berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945 serta berazas atas ... .
4.      Tujuan koperasi adalah ... .
5.      Koperasi primer adalah ... .

Kunci jawaban
1.      Usaha bersama atas azas kekeluargaan
2.      Koperasi primer dan koperasi sekunder
3.      kekeluargaan
4.      Meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya
5.      Koperasi yang didirikan oleh orang – orang dan beranggotakan orang – orang juga

Skor penilaian
Nilai : Jumlah nilai yang diperoleh  x  100
            Jumlah nilai maksimal ( 10 )



LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INDONESIA
Nama              :
Kelas               :
No.Absen       :

Susunlah kalimat berikut menjadi paragraf yang baik !
a.       Dini membuang kulit pisang itu sembarangan
b.      Dibelakang Dini terlihat Dika sedang berjalan
c.       Pada suatu hari Dini memakan pisang
d.      Dika tidak tau kalau ada kulit pisang dijalan
e.       Tanpa senggaja Dika menginjak kulit pisang itu
f.       Dini cepat-cepat menolong Dika
g.      Akhirnya Dika pun terjatuh
h.      Dini pun tidak lupa meminta maaf kepada Dika

Kunci jawaban
a.       Pada suatu hari Dini memakan pisang
b.      Dini membuang kulit pisang itu sembarangan
c.       Dibelakang Dini terlihat Dika sedang berjalan
d.      Dika tidak tau kalau ada kulit pisang dijalan
e.       Tanpa senggaja Dika menginjak kulit pisang itu
f.       Akhirnya Dika pun terjatuh
g.      Dini cepat-cepat menolong Dika
h.      Dini pun tidak lupa meminta maaf kepada Dika

Skor penilaian
Nilai : Jumlah nilai yang diperoleh  x  100
            Jumlah nilai maksimal ( 10 )





LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA
Nama              :
Kelas               :
No.Absen       :

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Hadi membeli 3 buku dan 6 pensil beserta 2 penghapus karet dikoperasi, Hadi membayar semuanya dengan uang 9.000 1 buku harganya 1.800 , dan penghapus karet @ 300 berapa harga pensil ?
2.      Dini membeli 4 buku catatan dikoperasi dini membayar dengan uang 10.000 dan kembali 3.000 berapa harga buku catatan Dini ?

Kunci jawaban
1.      1.800 x 3 = 5.400
300 x 2 = 600

5.400  + 600 = 6.000

9.000 – 6.000 = 3.000
            3.000 / 6 = 500
            Jadi harga pensil Rp 500

2.      10.000 – 3.000 = 7.000
7.000 :  4 = 1.750

Jadi harga @ buku catatan Dini adalah Rp. 1.750

Skor penilaian
Nilai : Jumlah nilai yang diperoleh  x  100
Jumlah nilai maksimal ( 10 )






Lampiran 3.
Intrumen Penilaian Kinerja
Lembar Penilaian

Kelas               :
Tanggal           :
Materi              :

No
Nama
Indikator
Jml
Skor
Nilai
1
2
3
4
5
6
7
1.       
2.       
3.       
dst

Keterangan :
1.      Teknik bertanya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
2.      Memberi pendapat/sanggahan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
3.      Memberikan ide/pendapat dengan dasar piker yang logis
4.      Mengajukan sanggahan dengan dasar pikir yang logis
5.      Penguasaan materi persentasi
6.      Sistematika persentasi
7.      Pertanggungjawaban yang berhubungan dengan materi  persentasi

Pedoman Penskoran
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4  = Baik Sekali
3  = Baik
2  = Cukup
1 = Kurang
Kriteria Nilai 
  A  =  80 – 100           :  Baik Sekali  
  B  =  70 – 79             :  Baik
  C  =  60 – 69             :  Cukup
  D  =  ‹ 60                   :   Kurang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.