KISI-KISI UKK
|
||||||||
Kelas / Semester
|
: III ( Tiga ) / II
|
|||||||
Mata Pelajaran
|
: Matematika
|
|||||||
Jumlah Soal
|
: 40 ( PG = 25, IS = 10, U=5 )
|
|||||||
Waktu
|
: 120 Menit
|
|||||||
STANDAR
|
KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
URAIAN
MATERI
|
BENTUK
|
INDIKATOR
|
NOMOR
|
||
KOMPETENSI
|
DASAR
|
( diambil dari indikator silabus )
|
SOAL
|
SOAL
|
||||
3. Memahami pecahan
|
3.1. Mengenal pecahan
|
Pecahan sederhana
|
Mengenal pecahan sederhana
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan bacaan
lambang
|
1
|
||
sederhana dan
|
sederhana
|
|
|
|
bilangan pecahan.
|
|
||
penggunaannya dalam
|
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan bilangan
pecahan
|
2
|
||
pemecahan masalah.
|
|
|
|
|
yang menyatakan bagian
berbayang pada
|
|||
|
|
|
|
|
suatu gambar.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan lambang bilangan
|
3
|
||
|
|
|
|
|
pecahan.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan garis bilangan pecahan, siswa dapat
|
4
|
||
|
|
|
|
|
mengurutkan bilangan
pecahan untuk mengisi
|
|
||
|
|
|
|
|
kotak.
|
|
||
|
|
|
|
UT
|
* Siswa dapat menggambarkan garis bilangan
|
36
|
||
|
|
|
|
|
pecahan.
|
|
||
|
3.2. Membandingkan
|
Perbandingan
|
Membandingkan nilai pecahan.
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan tanda perbandingan
|
5
|
||
|
pecahan sederhana
|
pecahan
|
|
|
yang tepat untuk membandingkan
dua pecahan
|
|||
|
|
|
|
|
berpenyebut tidak sama.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan gambar bangun datar, siswa dapat
|
6
|
||
|
|
|
|
|
menentukan hubungan yang tepat
untuk
|
|||
|
|
|
|
|
membandingkan daerah berbayang
dengan
|
|||
|
|
|
|
|
daerah tidak berbayang.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
STANDAR
|
KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
URAIAN
MATERI
|
BENTUK
|
INDIKATOR
|
NOMOR
|
||
KOMPETENSI
|
DASAR
|
( diambil dari indikator silabus )
|
SOAL
|
SOAL
|
||||
3. Memahami pecahan
|
|
|
|
* Siswa dapat mengidentifikasi
tanda
|
7
|
|||
sederhana dan
|
|
|
|
PG
|
perbandingan yang tepat untuk
membandingkan
|
|||
penggunaannya dalam
|
|
|
|
dua pecahan berpenyebut tidak
sama.
|
||||
pemecahan masalah.
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
IS
|
* Siswa dapat mengidentifikasi tanda perbandingan
|
26
|
||
|
|
|
|
yang tepat untuk membandingkan
dua pecahan
|
||||
|
|
|
|
|
berpenyebut sama.
|
|||
|
3.3. Memecahkan
|
Pecahan
|
Memecahkan masalah yang melibatkan
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah
|
8
|
||
|
masalah yang
|
|
nilai pecahan.
|
yang berkaitan dengan bilangan
pecahan.
|
|
|||
|
berkaitan dengan
|
|
|
|
|
|||
|
pecahan sederhana
|
|
|
IS
|
* Siswa dapat menyelesaikan masalah yang
|
27
|
||
|
|
|
|
|
berkaitan dengan bilangan
pecahan.
|
|
||
4. Memahami unsur dan
|
4.1. Mengidentifikasi
|
Bangun Datar
|
Bangun datar persegi, persegi
panjang
|
PG
|
* Disajikan gambar bangun segi empat, siswa
|
9
|
||
sifat - sifat bangun datar
|
berbagai bangun
|
|
dan segitiga
|
dapat mengidentifikasi sifat -
sifat bangun
|
||||
sederhana
|
datar sederhana
|
|
|
tersebut.
|
||||
|
menurut sifat dan
|
|
|
|
|
|||
|
unsurnya.
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan bangun segitiga
|
10
|
||
|
|
|
|
berdasarkan sifat - sifatnya.
|
|
|||
|
|
|
|
IS
|
* Disajikan gambar lingkaran, siswa dapat
|
28
|
||
|
|
|
|
mengidentifikasi unsur
lingkaran.
|
||||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
IS
|
* Siswa dapat mengidentifikasi unsur dan sifat
|
29
|
||
|
|
|
|
|
segitiga
|
|||
|
4.2. Mengidentifikasi
|
Sudut
|
Jenis sudut, jumlah sudut, besar
sudut,
|
PG
|
* Disajikan gambar sudut, siswa dapat menentukan
|
11
|
||
|
berbagai jenis
|
|
sudut sebagai jarak putar
|
jenis sudutnya.
|
|
|||
|
sudut dan besar
|
|
|
|
|
|||
|
sudut
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan jenis sudut tumpul
|
12
|
||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan gambar, siswa dapat
mengidentifikasi
|
13
|
||
|
|
|
|
sudut.
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
STANDAR
|
KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
URAIAN
MATERI
|
BENTUK
|
INDIKATOR
|
NOMOR
|
||
KOMPETENSI
|
DASAR
|
( diambil dari indikator silabus )
|
SOAL
|
SOAL
|
||||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan gambar sudut, siswa
dapat menentukan
|
14
|
||
|
|
|
|
|
nama sudut tersebut.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan tiga sudut berbeda, siswa dapat
|
15
|
||
|
|
|
|
|
mengurutkan dari yang terbesar
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
IS
|
* Disajikan tiga gambar sudut, siswa dapat
|
30
|
||
|
|
|
|
|
mengidentifikasi sudut yang
lebih kecil.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan gambar, siswa dapat menentukan besar
|
16
|
||
|
|
|
|
|
sudut sebagai jarak putar.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
UT
|
* Siswa dapat menggambarkan tiga
jenis sudut.
|
37
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
5. Menghitung keliling, luas
|
5.1. Menghitung keliling
|
Keliling
|
Menghitung keliling persegi dan
|
PG
|
* Disajikan soal cerita, siswa dapat menentukan
|
17
|
||
persegi dan persegi
|
persegi dan
|
|
persegi panjang.
|
|
keliling persegi.
|
|
||
panjang, serta peng -
|
persegi panjang
|
|
|
|
|
|
||
gunaannya dalam
|
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan rumus keliling persegi
|
18
|
||
pemecahan masalah.
|
|
|
|
|
panjang.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan gambar persegi panjang, siswa dapat
|
19
|
||
|
|
|
|
|
menentukan kelilingnya.
|
|
||
|
|
|
|
IS
|
* Disajikan gambar persegi, siswa dapat menghitung
|
31
|
||
|
|
|
|
|
kelilingnya.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
IS
|
* Siswa dapat menghitung panjang sebuah sisi
|
32
|
||
|
|
|
|
|
persegi panjang jika diketahui
kelilingnya.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
UT
|
* Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
|
38
|
||
|
|
|
|
|
berkaitan dengan keliling
persegi panjang.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
STANDAR
|
KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
URAIAN
MATERI
|
BENTUK
|
INDIKATOR
|
NOMOR
|
||
KOMPETENSI
|
DASAR
|
( diambil dari indikator silabus )
|
SOAL
|
SOAL
|
||||
5. Menghitung keliling, luas
|
5.2. Menghitung luas
|
Luas
|
Menghitung luas persegi dan
persegi
|
PG
|
* Disajikan gambar, siswa dapat
menentukan
|
20
|
||
persegi dan persegi
|
persegi dan
|
|
panjang.
|
|
luas persegi.
|
|||
panjang, serta peng -
|
persegi panjang.
|
|
|
|
|
|||
gunaannya dalam
|
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan rumus luas persegi
|
21
|
||
pemecahan masalah.
|
|
|
|
|
panjang.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
* Disajikan gambar, siswa dapat menaksir luas
|
22
|
||
|
|
|
|
|
daerah dengan cara menghitung
banyaknya
|
|||
|
|
|
|
|
persegi satuan.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menghitung panjang salah satu sisi
|
|||
|
|
|
|
|
persegi jika diketahui luasnya.
|
23
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
IS
|
* Siswa dapat mengurutkan bangun datar persegi
|
33
|
||
|
|
|
|
|
panjang dari yang terkecil
sampai paling luas.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
IS
|
* Disajikan gambar, siswa dapat menghitung luas
|
34
|
||
|
|
|
|
|
persegi.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
UT
|
* Siswa dapat menghitung panjang salah satu sisi
|
39
|
||
|
|
|
|
|
persegi jika diketahui luasnya.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
5.3. Menyelesaikan
|
Luas dan keliling
|
Menyelesaikan masalah yang
|
PG
|
* Siswa dapat menentukan
keliling bangun
|
24
|
||
|
masalah yang
|
|
berkaitan dengan keliling dan luas
|
|
persegi panjang.
|
|
||
|
berkaitan dengan
|
|
persegi dan persegi panjang.
|
|
|
|
||
|
keliling, luas
|
|
|
PG
|
* Siswa dapat menghitung luas persegi bangun
|
25
|
||
|
persegi dan
|
|
|
|
tersebut.
|
|
||
|
persegi panjang.
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
IS
|
* Disajikan gambar persegi panjang, siswa dapat
|
35
|
||
|
|
|
|
|
menghitung keliling persegi
panjang.
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
UT
|
* Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
|
40
|
||
|
|
|
|
|
berkaitan dengan luas dan
keliling persegi panjang
|
|
||
Berbagi pengalaman dan hasil karya seputar aktivitas guru. Konten ini bertujuan untuk berusaha berbuat benar dalam menjaga keprofesionalan kami sebagai guru agar tugas untuk mencerdaskan anak bangsa menjadi lebih baik dan sempurna
KISI-KISI UKK MATEMATIKA KELAS 3 SD
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.