KISI-KISI UKK MATEMATIKA KELAS 3 SD

KISI-KISI UKK
Kelas / Semester
:  III ( Tiga ) / II
Mata  Pelajaran
:  Matematika
Jumlah Soal
:  40  ( PG = 25, IS = 10, U=5 )
Waktu
:  120  Menit
STANDAR
KOMPETENSI
MATERI POKOK
URAIAN  MATERI
BENTUK
INDIKATOR
NOMOR
KOMPETENSI
DASAR
( diambil dari indikator silabus )
SOAL
SOAL
3. Memahami pecahan
3.1. Mengenal pecahan
 Pecahan  sederhana
  Mengenal pecahan sederhana
PG
*  Siswa dapat menentukan bacaan lambang
1
    sederhana dan
       sederhana



    bilangan pecahan.

    penggunaannya dalam



PG
*  Siswa dapat menentukan bilangan pecahan
2
    pemecahan masalah.




    yang menyatakan bagian berbayang pada





    suatu gambar.











PG
* Siswa dapat menentukan lambang bilangan
3





   pecahan.












PG
* Disajikan garis bilangan pecahan, siswa dapat
4





   mengurutkan  bilangan  pecahan  untuk  mengisi






   kotak.





UT
* Siswa  dapat  menggambarkan garis bilangan
36





   pecahan.


3.2. Membandingkan
 Perbandingan
  Membandingkan nilai pecahan.
PG
* Siswa dapat menentukan tanda perbandingan
5

       pecahan sederhana
 pecahan


   yang tepat untuk membandingkan dua pecahan




  
   berpenyebut tidak sama.











PG
* Disajikan gambar bangun datar, siswa dapat
6





   menentukan hubungan yang tepat untuk





   membandingkan daerah berbayang dengan





   daerah tidak berbayang.







STANDAR
KOMPETENSI
MATERI POKOK
URAIAN  MATERI
BENTUK
INDIKATOR
NOMOR
KOMPETENSI
DASAR
( diambil dari indikator silabus )
SOAL
SOAL
3. Memahami pecahan



*  Siswa dapat mengidentifikasi tanda
7
    sederhana dan



PG
    perbandingan yang tepat untuk membandingkan
    penggunaannya dalam



    dua pecahan berpenyebut tidak sama.
    pemecahan masalah.









IS
* Siswa dapat mengidentifikasi tanda perbandingan
26




   yang tepat untuk membandingkan dua pecahan





   berpenyebut sama.

3.3. Memecahkan
  Pecahan
 Memecahkan masalah yang melibatkan
PG
* Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah
8

       masalah yang

 nilai pecahan.
   yang berkaitan dengan bilangan pecahan.


       berkaitan dengan





       pecahan sederhana


IS
* Siswa dapat menyelesaikan masalah yang
27





   berkaitan dengan bilangan pecahan.

4. Memahami unsur dan
4.1. Mengidentifikasi
 Bangun  Datar
 Bangun datar persegi, persegi panjang
PG
* Disajikan gambar bangun segi empat, siswa
9
    sifat - sifat bangun datar
       berbagai bangun

 dan segitiga
   dapat mengidentifikasi sifat - sifat  bangun
    sederhana
       datar sederhana


   tersebut.

       menurut sifat dan





       unsurnya.


PG
* Siswa dapat menentukan bangun segitiga
10




   berdasarkan sifat - sifatnya.





IS
* Disajikan gambar lingkaran, siswa dapat
28




   mengidentifikasi unsur lingkaran.










IS
* Siswa dapat mengidentifikasi unsur dan sifat
29





   segitiga

4.2. Mengidentifikasi
 Sudut
 Jenis sudut, jumlah sudut, besar sudut,
PG
* Disajikan gambar sudut, siswa dapat menentukan
11

       berbagai jenis

 sudut sebagai jarak putar
   jenis sudutnya.


       sudut dan besar





       sudut


PG
* Siswa dapat menentukan jenis sudut tumpul
12
















PG
 * Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi
13




    sudut.








STANDAR
KOMPETENSI
MATERI POKOK
URAIAN  MATERI
BENTUK
INDIKATOR
NOMOR
KOMPETENSI
DASAR
( diambil dari indikator silabus )
SOAL
SOAL




PG
*  Disajikan gambar sudut, siswa dapat menentukan
14





    nama sudut tersebut.










PG
* Disajikan tiga sudut berbeda, siswa dapat 
15





   mengurutkan dari yang terbesar












IS
* Disajikan tiga gambar sudut, siswa dapat
30





   mengidentifikasi sudut yang lebih kecil.












PG
* Disajikan gambar, siswa dapat menentukan besar
16





   sudut sebagai jarak putar.











UT
* Siswa  dapat menggambarkan tiga jenis sudut.
37







5. Menghitung keliling, luas
5.1. Menghitung keliling
 Keliling
 Menghitung keliling persegi dan
PG
* Disajikan soal cerita, siswa dapat menentukan
17
    persegi dan persegi
       persegi dan

 persegi panjang.

   keliling persegi.

    panjang, serta peng -
       persegi panjang





    gunaannya dalam



PG
* Siswa dapat menentukan rumus keliling persegi
18
    pemecahan masalah.




   panjang.












PG
* Disajikan gambar persegi panjang, siswa dapat
19





   menentukan kelilingnya.





IS
* Disajikan gambar persegi, siswa dapat menghitung
31





   kelilingnya. 











IS
* Siswa dapat menghitung panjang sebuah sisi
32





   persegi panjang jika diketahui kelilingnya.











UT
* Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
38





   berkaitan dengan keliling persegi panjang.







STANDAR
KOMPETENSI
MATERI POKOK
URAIAN  MATERI
BENTUK
INDIKATOR
NOMOR
KOMPETENSI
DASAR
( diambil dari indikator silabus )
SOAL
SOAL
5. Menghitung keliling, luas
 5.2. Menghitung luas
 Luas
 Menghitung luas persegi dan persegi
PG
*  Disajikan gambar, siswa dapat menentukan
20
    persegi dan persegi
        persegi dan

 panjang.

    luas persegi.
    panjang, serta peng -
        persegi panjang.




    gunaannya dalam



PG
* Siswa dapat menentukan rumus luas persegi
21
    pemecahan masalah.




   panjang.












PG
* Disajikan gambar, siswa dapat menaksir luas
22





   daerah dengan cara menghitung banyaknya





   persegi satuan.












PG
* Siswa dapat menghitung panjang salah satu sisi





   persegi jika diketahui luasnya.
23











IS
* Siswa dapat mengurutkan bangun datar persegi
33





   panjang dari yang terkecil sampai paling luas.











IS
* Disajikan gambar, siswa dapat menghitung luas
34





   persegi.











UT
* Siswa dapat menghitung panjang salah satu sisi
39





   persegi jika diketahui luasnya.








5.3. Menyelesaikan
 Luas dan keliling
 Menyelesaikan masalah yang
PG
* Siswa  dapat  menentukan  keliling bangun
24

       masalah  yang

 berkaitan dengan keliling dan luas

   persegi panjang.


       berkaitan dengan

 persegi dan persegi panjang.




       keliling, luas


PG
* Siswa dapat menghitung luas persegi bangun
25

       persegi dan



   tersebut.


       persegi panjang.
















IS
* Disajikan gambar persegi panjang, siswa dapat
35





   menghitung keliling persegi panjang.












UT
* Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
40





   berkaitan dengan luas dan keliling persegi panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.