Pendahuluan PTK “Pemanfaatan Media Pembelajaran Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa kelas IV SDN Jagakarsa 08 Pagi Jakarta Tahun Ajaran 2015-2016”


BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah
Pembelajaran terjadi ketika seseorang pembelajar memadukan pengetahuan dan keterampilan baru kedalam struktur dirinya sendiri yang telah ada. Keberhasilan kegiatan belajar-mengajar, khususnya mata pelajaran Matematika sangat dipengaruhi banyak faktor, antara lain: minat belajar siswa, keprofesionalan guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik, sarana dan prasarana pembelajaran, metode pengajaran dan lain-lain.
Dalam pengajaran Matematika, ketepatan dalam penggunaan metode pengajaran sangat mempengaruhi hasil belajar Matematika yang dicapai oleh siswa. Banyak metode pengajaran yang bisa dikembangkan dalam kegiatan belajar-mengajar. Misalnya: metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode tanya-jawab, metode pemberian tugas, dan lain-lain. Penggunaan metode yang monoton akan memberikan dampak yang kurang bagus dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.
Penggunaan media dapat dimanipulasikan, media pembelajaran merupakan lingkungan belajar yang sangat menunjang untuk tercapainya optimalisasi dalam pembelajaran, karena media merupakan jembatan belajar yang awalnya terdapat benda-benda konkret seperti pengalaman anak.
Permasalahan yang terjadi di SDN Jagakarsa 08 Pagi Jakarta Selatan, adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV khususnya materi bangun ruang balok kubus . Hal ini terbukti dari  pelaksanaan ulangan harian dan remedial, hasil yang diperoleh belum mencapai ketuntasan. Dari 34 siswa yang mengikuti ulangan harian, Hanya lebih kurang  60 persen yang mencapai ketuntasan.
Rendahnya pemahaman terhadap konsep bangun ruang disebabkan karena perhatian siswa terhadap mata pelajaran matematika kurang, metode yang digunakan dalam kelas sangat monoton, pemberian reward yang minim terhadap siswa yang berhasil, proses belajar mengajar kurang menarik dan membosankan bagi siswa, media pembelajaran yang digunakan terbatas dan kurang menggunakan benda-benda nyata dan motivasi yang digunakan rendah dan sering kurang menarik perhatian siswa sehingga mereka selalu kesulitan dalam membedakan balok dan kubus.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh suatu gambaran permasalahan pembelajaran matematika yang kurang diminati oleh siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang. Sehingga permasalahan tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti menentukan pilihan penggunaan media konkret atau nyata sebagai tindakan pemecahan  masalah agar siswa dapat menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana kubus dan balok, sehingga kemampuan dan prestasi belajar matematika siswa dapat meningkat.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul sebagai berikut : “Pemanfaatan Media Pembelajaran Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa kelas IV SDN Jagakarsa 08 Pagi Jakarta Tahun Ajaran 2015-2016”

B. Rumusan Masalah
   Berdasarkan permasalahan di atas, maka perumusan masalah yang akan dikemukakan adalah:
1.      Apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika?
2.      Apakah penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika?
C.  Tujuan Penelitian

     Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.      Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan media konkret.
2.      Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media konkret.

D.    Manfaat Penelitian

      Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan, yaitu antara lain:
1.      Bagi guru dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya melalui penggunaan media konkret.
2.      Bagi para siswa dapat memberikan manfaat yang besar dalam membantu memecahkan masalah pembelajaran Matematika, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar.

E.       Hipotesis

     Jika penggunaan media konkret yang diterapkan dalam pembelajaran topik bangun ruang kubus dan balok maka pemahaman siswa kelas IV SDN Jagakarsa tentang topik bangun ruang kubus dan balok akan mengalami peningkatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.