BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran terjadi ketika seseorang
pembelajar memadukan pengetahuan dan keterampilan baru kedalam struktur dirinya
sendiri yang telah ada. Keberhasilan kegiatan
belajar-mengajar, khususnya mata pelajaran Matematika sangat dipengaruhi banyak
faktor, antara lain: minat belajar siswa, keprofesionalan guru sebagai tenaga
pengajar dan pendidik, sarana dan prasarana pembelajaran, metode pengajaran dan
lain-lain.
Dalam pengajaran Matematika, ketepatan
dalam penggunaan metode pengajaran sangat mempengaruhi hasil belajar Matematika
yang dicapai oleh siswa. Banyak metode pengajaran yang bisa dikembangkan dalam
kegiatan belajar-mengajar. Misalnya: metode ceramah, metode diskusi, metode
demonstrasi, metode tanya-jawab, metode pemberian tugas, dan lain-lain.
Penggunaan metode yang monoton akan memberikan dampak yang kurang bagus dalam
rangka pencapaian tujuan pembelajaran.
Penggunaan media dapat
dimanipulasikan, media pembelajaran merupakan lingkungan belajar yang sangat
menunjang untuk tercapainya optimalisasi dalam pembelajaran, karena media
merupakan jembatan belajar yang awalnya terdapat benda-benda konkret seperti
pengalaman anak.
Permasalahan yang terjadi di SDN Jagakarsa
08 Pagi Jakarta Selatan, adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas
IV khususnya materi bangun ruang balok kubus . Hal ini terbukti dari pelaksanaan ulangan harian dan remedial, hasil
yang diperoleh belum mencapai ketuntasan. Dari 34 siswa yang mengikuti ulangan
harian, Hanya lebih kurang 60 persen
yang mencapai ketuntasan.
Rendahnya pemahaman terhadap konsep bangun ruang
disebabkan karena perhatian siswa terhadap mata pelajaran matematika kurang,
metode yang digunakan dalam kelas sangat monoton, pemberian reward yang minim
terhadap siswa yang berhasil, proses belajar mengajar kurang menarik dan
membosankan bagi siswa, media pembelajaran yang digunakan terbatas dan kurang
menggunakan benda-benda nyata dan motivasi yang digunakan rendah dan sering
kurang menarik perhatian siswa sehingga mereka selalu kesulitan dalam
membedakan balok dan kubus.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh suatu
gambaran permasalahan pembelajaran matematika yang kurang diminati oleh siswa
yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang. Sehingga
permasalahan tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itu
peneliti menentukan pilihan penggunaan media konkret atau nyata sebagai
tindakan pemecahan masalah agar siswa
dapat menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana kubus dan balok, sehingga
kemampuan dan prestasi belajar matematika siswa dapat meningkat.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk
melakukan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul sebagai berikut : “Pemanfaatan
Media Pembelajaran Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika
Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok Siswa kelas IV SDN Jagakarsa 08 Pagi
Jakarta Tahun Ajaran 2015-2016”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan
di atas, maka perumusan masalah yang akan dikemukakan adalah:
1. Apakah penggunaan
media konkret dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV dalam pembelajaran
matematika?
2. Apakah penggunaan
media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam
pembelajaran matematika?
C.
Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1. Meningkatkan keaktifan
siswa dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan media konkret.
2. Meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui media konkret.
D. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai kalangan, yaitu antara lain:
1. Bagi guru dapat lebih
meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya melalui
penggunaan media konkret.
2. Bagi para siswa dapat
memberikan manfaat yang besar dalam membantu memecahkan masalah pembelajaran
Matematika, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar.
E.
Hipotesis
Jika
penggunaan media konkret yang diterapkan dalam pembelajaran topik bangun ruang
kubus dan balok maka pemahaman siswa kelas IV SDN Jagakarsa tentang topik
bangun ruang kubus dan balok akan mengalami peningkatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.