Skenario BDR Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema : 2. Hewan Sahabatku
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
_____________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, Peserta didik dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan secara vegetatif; menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam merawat hewan di kehidupan sehari-hari.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb., Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan selalu bersemangat.

Hari ini, kita akan mengawali kegiatan belajar dengan membahas materi tentang perkembangbiakan hewan secara vegetatif.

Apakah Ananda tahu apa itu perkembangbiakan secara vegetatif?

 Wah... hebat. Benar sekali. Perkembangbiakan vegetatif pada hewan adalah perkembangbiakan yang dilakukan tanpa melalui proses perkawinan.

Bagaimana cara hewan bisa berkembangbiak tanpa melalui proses perkawinan? 

Hewan apa saja yang berkembangbiak dengan cara vegetatif?

Untuk lebih jelasnya, silahkan ananda simak video agar bisa memahami cara perkembangbiakan vegetatif pada hewan.


Setelah menyimak video di atas, Ananda tentunya sudah lebih faham tentang cara perkembangbiakan pada hewan secara vegetatif.

Selanjutnya, sebagai evaluasi kerjakan latihan soal pada pada lampiran halaman berikutnya.

Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru
dalam bentuk foto melalui GCR.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik

Kegiatan 2
Anak-anak yang hebat, Apakah kalian memiliki hewan peliharaan di rumah?

 Bisakah kalian menyebutkan nama- nama hewan peliharaan? Bagus, kalian memang anak yang pintar.

Hari ini kita akan belajar cara merawat dan menyayangi hewan yang ada di sekitar kalian. Sebagai makhluk hidup, keberadaan hewan perlu kita sayangi, rawat dan pelihara dengan sebaik-baiknya, Karena hal tersebut merupakan bentuk pengamalan nilai Pancasila. 

Nilai- nilai apa saja yang terkandung dalam Pancasila terkait kegiatan merawat hewan? Untuk lebih jelasnya, silahkan
Ananda simak tayangan pada link video berikut


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, menarik bukan?

Nah , Sebagai latihan silakan Ananda kerjakan soal-soal yang ada pada bagian akhir video tersebut. Kerjakan dengan baik dan cermat ya, agar hasilnya memuaskan.

Bila sudah selesai foto dan kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru melalui GCR.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada
Ayah/Bunda yang sudah membimbing putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa hari Senin kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu muatan pelajaran IPS., dengan materi “Karakteristik geografis dan sosial Negara
Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia”. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi buka juga link berikut ya


Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Salam!!!.

___________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.