SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema : 2. Hewan Sahabatku
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
______________________________
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menyajikan ide pokok teks laporan lisan dalam bentuk peta pikiran; menjelaskan teknik-teknik pembuatan patung dengan benar.
Kegiatan 1
Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat.
Pada hari ini, kita akan mengawali kegiatan belajar dengan membahas materi tentang membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok pada teks laporan lisan. Teks laporan lisan adalah teks laporan yang disampaikan secara langsung baik dibacakan atau melalui
wawancara.
Dalam membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok pada teks laporan lisan hampir sama dengan tertulis. Hanya saja dalam teks laporan lisan, Ananda harus fokus
mendengarkan laporan yang dibacakan.
Bagaimana langkah-langkah dalam menenukan ide pokokdalam teks laporan lisan dan cara menyajikan peta pikiran? Mari simak kembali video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.
Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada akhir video
pembelajaran.
Kerjakan di buku tulis dengan penuh tangggung jawab dan semangat ya. Bila telah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto/video melalui WA.
Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.
Kegiatan 2
Anak-anak hebat, apa hewan kesayanganmu? Wah, jawabannya bermacam-macam. Ada yang menjawab
kucing, anjing, kelinci dan masih banyak lagi. Kita memang harus menyayangi hewan, karena hewan sahabat kita.
Kita juga bisa membuat patung yang mirip dengan hewan kesayangan lho. Ada berbagai macam teknik membuat patung, seperti memahat, membutsir, mencetak dan konstruksi. Apa saja teknik-teknik tersebut? Dan bahan apa saja yang harus disiapkan? Untuk lebih memahaminya,silakan kalian simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut
Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?
Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada lampiran halaman berikutnya.
Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, kirim jawabanmu kepada Bapak/Ibu Guru melalui rekam suara (voice note).
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi,yaitu Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-jari terhadap Hewan" dengan link
Ananda pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!!
Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Salam!!!.
_________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.