Skenario BDR Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV (Empat)
Tema : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Sub Tema : 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
______________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan video tentang permainan tradisional, siswa dapat mengidentifikasi permainan tradisional
yang ada di daerahnya dan mengaitkannya dengan sikap persatuan dan kesatuan dengan benar. Setelah membaca teks berjudul “Suku Minang”, siswa dapat menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks “Suku Minang” dengan tepat.

Kegiatan 1
Anak hebat, pada pertemuan yang lalu kita telah membahas tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung. Sudah pahamkah kalian tentang gagasan
pokok dan gagasan pendukung?

Supaya kalian lebih memahami, perhatikan video penjelasan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks bacaan ”Suku Minang“ berikut ini!


Anak hebat, bagaimana penjelasannya? Sudahkah bisa menentukan gagasan pokok dan pendukung pada setiap
paragraf?

Sekarang bacalah dengan teliti teks Suku Minang pada link di bawah ini!

https://umipurwantiedu.blogspot.com/2021/07/teks- bacaan-suku-minang.html

Selanjutnya, carilah gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf tiga, empat, dan lima!


Tulislah di buku tulismu lalu foto dan kirimkan ke pada bapak/ibu gurumu ya!

Selamat mengerjakan!

Kegiatan 2
Anak hebat, pada pembelajaran yang lalu kamu telah belajar tentang sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Keberagaman di Indonesia tidak hanya dari bahasa, rumah adat, dan budaya semata. Ternyata jenis permainan tradisionalpun sangat beragam. Contohnya permainan benteng-bentengan dan gobak sodor yang di dalamnya sarat nilai-nilai sikap persatuan dan kesatuan.
Supaya kalian lebih jelas, simak video penjelasan berikut ini ya!


Anak hebat, bagaimana penjelasan video tersebut? Apakah sudah paham? Jika masih belum paham bisa tanyakan kepada bapak/ibu gurumu ya!

Untuk tugas pada sesi ini, jawablah pertanyaan berikut !

1. Apakah kamu pernah bermain permainan tradisional?
2. Permainan tradisional apa yang pernah kamu mainkan bersama teman-teman ?
3. Dimanakah kamu melakukan permainan tersebut?
4. Nilai-nilai apa yang terkandung dalam permainan tradisional tersebut?
5. Bagaimana cara untuk melestarikan permainan tradisional tersebut?

Tulislah di buku tulismu, lalu kirimkan ke bapak/ibu gurumu ya!

Untuk pertemuan selanjutnya kita akan membahastentang gagasan pokok dan gagasan pendukung serta percobaan sifat-sifat bunyi. Silahkan kalian pelajari terlebih dahulu pada link berikut ini!


Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya ya!
Wasalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.