KISI-KISI UKK PKn KELAS 2

KISI-KISI UKK
Kelas / Semester
:  II ( Dua ) / II
Mata  Pelajaran
:  PKn ( Pendidikan Kewarganegaraan 
Jumlah Soal
:  35  ( PG = 20, IS = 10, UT = 5 )
Waktu
:  90  Menit
STANDAR
KOMPETENSI
MATERI POKOK
URAIAN  MATERI
BENTUK
INDIKATOR
NOMOR
KOMPETENSI
DASAR
( dari indikator silabus )
SOAL
SOAL
3.  Menampilkan
3.1  Mengenal kegiatan
Demokratis
  Menjelaskan dengan contoh
PG
 Disajikan gambar musyawarah di rumah, siswa dapat
1
 Sikap  demokratis
       musyawarah

    kegiatan musyawarah
 menentukan kegiatan musyawarah di rumah



    di rumah
PG
Siswa dapat menyebutkan salah satu hak
2




peserta musyawarah.





PG
 Siswa dapat memilih pemimpin musyawarah di rumah
3








IS
 Siswa dapat menyebutkan  musyawarah
21




dilakukan  untuk  memecahkan masalah bersama



  Memberi contoh kegiatan
PG
 Siswa  dapat  menunjukkan  contoh  kegiatan
4



musyawarah  di sekolah
 musyawarah di sekolah




IS
 Siswa  dapat  memberikan  contoh  kegiatan
22




 musyawarah  di  sekolah

3.2  Menghargai suara
Demokratis
  Menjelaskan  cara  menghargai 
PG
 Siswa  dapat  memilih contoh sikap menghargai
5

 terbanyak

  suara  terbanyak  dalam 
 suara  terbanyak dalam musyawarah

 (mayoritas)

  musyawarah
IS
 Siswa  dapat  menuliskan pengertian suara mayoritas
23








PG
 Siswa  dapat  menentukan contoh sikap yang  tidak





 menghargai  dalam  musyawarah
6
STANDAR
KOMPETENSI
MATERI POKOK
URAIAN  MATERI
BENTUK
INDIKATOR
NOMOR
KOMPETENSI
DASAR
( diambil dari indikator silabus )
SOAL
SOAL

3.3  Menampilkan sikap

  Menjelaskan  cara  menyikapi
PG
 Siswa  dapat  menunjukkan  cara  menyikapi
7

       mau menerima

  kekalahan
 kekalahan

       kekalahan


IS
 Siswa dapat  menentukan  pengertian voting
24




 ( pemungutan  suara )




PG
 Siswa  dapat menentukan sikap dalam menerima
8




 kekalahan



  Memberi contoh sikap mau
IS
 Siswa  dapat  memberikan  contoh  sikap  mau
25



 menerima kekalahan
 menerima kekalahan




UT
 Siswa  dapat  menuliskan dua contoh  sikap  mau
31




 menerima kekalahan dalam kehidupan sehari-hari




PG
 Siswa dapat menunjukkan cara menyampaikan
9




pendapat  dalam musyawarah
4.  Menampilkan
4.1  Mengenal  nilai
Jujur dan
  Menjelaskan  arti   jujur
PG
 Siswa dapat menunjukkan  arti jujur  dalam
10
  nilai - nilai
       kejujuran,
 disiplin

perkataan

Pancasila
 kedisiplinan dan  senang


PG
 Siswa dapat menunjukkan  arti jujur  dalam
11

       bekerjasama dalam



perbuatan


       kehidupan


PG
Siswa dapat memilih akibat apabila  
12

       sehari  -  hari



tidak jujur.





PG
 Siswa  dapat  menunjukkan contoh sikap jujur
13




 dalam  belajar





IS
 Siswa  dapat  menuliskan arti jujur
26




UT
 Siswa  dapat  menjelaskan dua  akibat  tidak  jujur di
32




 sekolah



Menjelaskan akibat
PG
 Siswa  dapat  menunjukkan  contoh  sikap tidak jujur
14



 tidak jujur
UT
 Siswa   dapat  menuliskan  dua  contoh  sikap  tidak
33




 disiplin  di sekolah
 


  Menjelaskan  akibat
PG
Siswa dapat memilih arti disiplin
15



 tidak  disiplin
PG
Siswa dapat memilih contoh sikap tidak disiplin disekolah
16




PG
disajikan gambar kecelakaan lalu lintas , siswa dapat
17





menunjukkan tempat prilaku tidak disiplin di jalan.

STANDAR
KOMPETENSI
MATERI POKOK
URAIAN  MATERI
BENTUK
INDIKATOR
NOMOR
KOMPETENSI
DASAR
( diambil dari indikator silabus )
SOAL
SOAL




IS
 Siswa  dapat  menentukan  akibat  tidak  disiplin
30




 di  jalan  raya




IS
Siswa dapat menyebutkan arti disiplin
27
4.  Menampilkan
4.2  Melaksanakan  nilai

  Menjelaskan  arti
PG
 Siswa dapat  memilih  contoh  sikap kerjasama di
18
  nilai - nilai
       kejujuran, kedisiplinan

  bekerjasama
 rumah
Pancasila
       dan  senang

  Menjelaskan  contoh
PG
Siswa  dapat  memilih contoh sikap
19

       bekerjasama dalam

  kerjasama

 kerjasama  di sekolah


       kehidupan

PG
Disajikan gambar  , siswa dapat menunjukkan
20

       sehari  -  hari

contoh kerja sama di sekolah




IS
 Siswa  dapat  memberikan  contoh  kerjasama  di sekolah
28



  Menjelaskan  manfaat 
UT
 Siswa  dapat  menjelaskan  2  manfaat  bekerjasama
34



   kerjasama
di sekolah




IS
 Siswa  dapat  menyebutkan akibat  tidak  jujur
29



  Menjelaskan akibat tidak
UT
 Siswa  dapat  menuliskan  dua  akibat  tidak  mau
35



  bekerjasama
 bekerjasama  saat  kerja  kelompok








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.