KISI-KISI UKK
| |||||||
Kelas / Semester
|
: II ( Dua ) / II
|
||||||
Mata Pelajaran
|
: PKn ( Pendidikan Kewarganegaraan
|
||||||
Jumlah Soal
|
: 35 ( PG = 20, IS = 10, UT = 5 )
|
||||||
Waktu
|
: 90 Menit
|
||||||
STANDAR
|
KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
URAIAN
MATERI
|
BENTUK
|
INDIKATOR
|
NOMOR
|
|
KOMPETENSI
|
DASAR
|
( dari indikator silabus )
|
SOAL
|
SOAL
|
|||
3. Menampilkan
|
3.1 Mengenal kegiatan
|
Demokratis
|
Menjelaskan dengan contoh
|
PG
|
Disajikan gambar musyawarah di
rumah, siswa dapat
|
1
|
|
Sikap demokratis
|
musyawarah
|
|
kegiatan musyawarah
|
menentukan kegiatan musyawarah di
rumah
|
|||
|
|
|
di rumah
|
PG
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu hak
|
2
|
|
|
|
|
|
peserta musyawarah.
|
|
||
|
|
|
|
PG
|
Siswa dapat memilih pemimpin
musyawarah di rumah
|
3
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
IS
|
Siswa dapat menyebutkan musyawarah
|
21
|
|
|
|
|
|
dilakukan untuk memecahkan masalah bersama
|
|||
|
|
|
Memberi contoh kegiatan
|
PG
|
Siswa dapat
menunjukkan contoh kegiatan
|
4
|
|
|
|
|
musyawarah di sekolah
|
musyawarah di sekolah
|
|||
|
|
|
|
IS
|
Siswa dapat
memberikan contoh kegiatan
|
22
|
|
|
|
|
|
musyawarah di
sekolah
|
|||
|
3.2
Menghargai suara
|
Demokratis
|
Menjelaskan cara menghargai
|
PG
|
Siswa dapat
memilih contoh sikap menghargai
|
5
|
|
|
terbanyak
|
|
suara terbanyak dalam
|
suara terbanyak dalam musyawarah
|
|||
|
(mayoritas)
|
|
musyawarah
|
IS
|
Siswa dapat
menuliskan pengertian suara mayoritas
|
23
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
PG
|
Siswa dapat
menentukan contoh sikap yang
tidak
|
|
|
|
|
|
|
menghargai dalam
musyawarah
|
6
|
||
STANDAR
|
KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
URAIAN
MATERI
|
BENTUK
|
INDIKATOR
|
NOMOR
|
|
KOMPETENSI
|
DASAR
|
( diambil dari indikator silabus )
|
SOAL
|
SOAL
|
|||
|
3.3 Menampilkan sikap
|
|
Menjelaskan cara menyikapi
|
PG
|
Siswa dapat
menunjukkan cara menyikapi
|
7
|
|
|
mau menerima
|
|
kekalahan
|
kekalahan
|
|||
|
kekalahan
|
|
|
IS
|
Siswa dapat menentukan
pengertian voting
|
24
|
|
|
|
|
|
( pemungutan suara )
|
|||
|
|
|
|
PG
|
Siswa dapat menentukan sikap dalam menerima
|
8
|
|
|
|
|
|
kekalahan
|
|||
|
|
|
Memberi
contoh sikap mau
|
IS
|
Siswa dapat
memberikan contoh sikap
mau
|
25
|
|
|
|
|
menerima kekalahan
|
menerima kekalahan
|
|||
|
|
|
|
UT
|
Siswa dapat
menuliskan dua contoh
sikap mau
|
31
|
|
|
|
|
|
menerima kekalahan dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
|
|
|
|
PG
|
Siswa dapat menunjukkan cara
menyampaikan
|
9
|
|
|
|
|
|
pendapat dalam musyawarah
|
|||
4.
Menampilkan
|
4.1 Mengenal nilai
|
Jujur dan
|
Menjelaskan arti jujur
|
PG
|
Siswa dapat menunjukkan arti jujur
dalam
|
10
|
|
nilai - nilai
|
kejujuran,
|
disiplin
|
|
perkataan
|
|
||
Pancasila
|
kedisiplinan dan senang
|
|
|
PG
|
Siswa dapat menunjukkan arti jujur
dalam
|
11
|
|
|
bekerjasama dalam
|
|
|
|
perbuatan
|
|
|
|
kehidupan
|
|
|
PG
|
Siswa dapat memilih akibat apabila
|
12
|
|
|
sehari -
hari
|
|
|
|
tidak jujur.
|
|
|
|
|
|
|
PG
|
Siswa dapat
menunjukkan contoh sikap jujur
|
13
|
|
|
|
|
|
dalam belajar
|
|
||
|
|
|
|
IS
|
Siswa dapat
menuliskan arti jujur
|
26
|
|
|
|
|
|
UT
|
Siswa dapat
menjelaskan dua akibat tidak
jujur di
|
32
|
|
|
|
|
|
sekolah
|
|||
|
|
|
Menjelaskan akibat
|
PG
|
Siswa dapat
menunjukkan contoh sikap tidak jujur
|
14
|
|
|
|
|
tidak jujur
|
UT
|
Siswa dapat
menuliskan dua contoh
sikap tidak
|
33
|
|
|
|
|
|
disiplin di sekolah
|
|||
|
|
|
Menjelaskan akibat
|
PG
|
Siswa dapat memilih arti disiplin
|
15
|
|
|
|
|
tidak disiplin
|
PG
|
Siswa dapat memilih contoh sikap tidak disiplin disekolah
|
16
|
|
|
|
|
|
PG
|
disajikan gambar kecelakaan lalu lintas , siswa dapat
|
17
|
|
|
|
|
|
|
menunjukkan tempat prilaku tidak disiplin di jalan.
|
|
|
STANDAR
|
KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
URAIAN
MATERI
|
BENTUK
|
INDIKATOR
|
NOMOR
|
|
KOMPETENSI
|
DASAR
|
( diambil dari indikator silabus )
|
SOAL
|
SOAL
|
|||
|
|
|
|
IS
|
Siswa dapat
menentukan akibat tidak
disiplin
|
30
|
|
|
|
|
|
di
jalan raya
|
|||
|
|
|
|
IS
|
Siswa dapat menyebutkan arti disiplin
|
27
|
|
4.
Menampilkan
|
4.2 Melaksanakan nilai
|
|
Menjelaskan arti
|
PG
|
Siswa dapat memilih contoh
sikap kerjasama di
|
18
|
|
nilai - nilai
|
kejujuran, kedisiplinan
|
|
bekerjasama
|
rumah
|
|||
Pancasila
|
dan senang
|
|
Menjelaskan contoh
|
PG
|
Siswa dapat memilih contoh sikap
|
19
|
|
|
bekerjasama dalam
|
|
kerjasama
|
|
kerjasama di sekolah
|
|
|
|
kehidupan
|
|
PG
|
Disajikan gambar , siswa dapat
menunjukkan
|
20
|
||
|
sehari -
hari
|
|
contoh kerja sama di sekolah
|
||||
|
|
|
|
IS
|
Siswa dapat
memberikan contoh kerjasama
di sekolah
|
28
|
|
|
|
|
Menjelaskan manfaat
|
UT
|
Siswa dapat
menjelaskan 2 manfaat
bekerjasama
|
34
|
|
|
|
|
kerjasama
|
di sekolah
|
|||
|
|
|
|
IS
|
Siswa dapat
menyebutkan akibat tidak jujur
|
29
|
|
|
|
|
Menjelaskan akibat tidak
|
UT
|
Siswa dapat
menuliskan dua akibat
tidak mau
|
35
|
|
|
|
|
bekerjasama
|
bekerjasama saat
kerja kelompok
|
|||
|
|
|
|
|
|
||
Berbagi pengalaman dan hasil karya seputar aktivitas guru. Konten ini bertujuan untuk berusaha berbuat benar dalam menjaga keprofesionalan kami sebagai guru agar tugas untuk mencerdaskan anak bangsa menjadi lebih baik dan sempurna
KISI-KISI UKK PKn KELAS 2
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.