KISI-KISI UKK MATEMATIKA KELAS 3

KISI - KISI UKK MATEMATIKA KELAS 3
Kelas / Semester :  III ( Tiga ) / II
Mata  Pelajaran :  Matematika
Jumlah Soal :  40  ( PG = 25, IS = 10, UT = 5 )
Waktu :  120  Menit 
STANDAR KOMPETENSI MATERI POKOK                  URAIAN  MATERI BENTUK                         INDIKATOR NOMOR
KOMPETENSI DASAR ( diambil dari indikator silabus ) SOAL SOAL
3. Memahami pecahan 3.1. Mengenal pecahan  Pecahan  sederhana   Mengenal pecahan sederhana PG *  Siswa dapat menentukan bacaan lambang 1
    sederhana dan         sederhana           bilangan pecahan.  
    penggunaannya dalam       PG *  Siswa dapat menentukan bilangan pecahan 2
    pemecahan masalah.             yang menyatakan bagian berbayang pada
              suatu gambar.
             
        PG * Siswa dapat menentukan lambang bilangan 3
             pecahan.  
             
        PG * Disajikan garis bilangan pecahan, siswa dapat 4
             mengurutkan  bilangan  pecahan  untuk  mengisi   
             kotak.  
        UT * Siswa  dapat  menggambarkan garis bilangan 36
             pecahan.  
  3.2. Membandingkan  Perbandingan    Membandingkan nilai pecahan. PG * Siswa dapat menentukan tanda perbandingan 5
         pecahan sederhana  pecahan        yang tepat untuk membandingkan dua pecahan
               berpenyebut tidak sama.
             
        PG * Disajikan gambar bangun datar, siswa dapat 6
             menentukan hubungan yang tepat untuk 
             membandingkan daerah berbayang dengan
             daerah tidak berbayang.
             
STANDAR KOMPETENSI MATERI POKOK URAIAN  MATERI BENTUK INDIKATOR NOMOR
KOMPETENSI DASAR ( diambil dari indikator silabus ) SOAL SOAL
3. Memahami pecahan       *  Siswa dapat mengidentifikasi tanda  7
    sederhana dan        PG     perbandingan yang tepat untuk membandingkan
    penggunaannya dalam           dua pecahan berpenyebut tidak sama.
    pemecahan masalah.          
        IS * Siswa dapat mengidentifikasi tanda perbandingan 26
           yang tepat untuk membandingkan dua pecahan
             berpenyebut sama.
  3.3. Memecahkan   Pecahan  Memecahkan masalah yang melibatkan PG * Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah 8
         masalah yang    nilai pecahan.    yang berkaitan dengan bilangan pecahan.  
         berkaitan dengan        
         pecahan sederhana     IS * Siswa dapat menyelesaikan masalah yang  27
             berkaitan dengan bilangan pecahan.  
4. Memahami unsur dan  4.1. Mengidentifikasi  Bangun  Datar  Bangun datar persegi, persegi panjang PG * Disajikan gambar bangun segi empat, siswa 9
    sifat - sifat bangun datar        berbagai bangun    dan segitiga    dapat mengidentifikasi sifat - sifat  bangun 
    sederhana        datar sederhana         tersebut.
         menurut sifat dan        
         unsurnya.     PG * Siswa dapat menentukan bangun segitiga  10
           berdasarkan sifat - sifatnya.  
        IS * Disajikan gambar lingkaran, siswa dapat  28
           mengidentifikasi unsur lingkaran.
           
        IS * Siswa dapat mengidentifikasi unsur dan sifat 29
             segitiga
  4.2. Mengidentifikasi  Sudut  Jenis sudut, jumlah sudut, besar sudut, PG * Disajikan gambar sudut, siswa dapat menentukan 11
         berbagai jenis    sudut sebagai jarak putar    jenis sudutnya.  
         sudut dan besar        
         sudut     PG * Siswa dapat menentukan jenis sudut tumpul 12
           
           
        PG  * Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi 13
            sudut.  
             
STANDAR KOMPETENSI MATERI POKOK URAIAN  MATERI BENTUK INDIKATOR NOMOR
KOMPETENSI DASAR ( diambil dari indikator silabus ) SOAL SOAL
        PG *  Disajikan gambar sudut, siswa dapat menentukan 14
              nama sudut tersebut.
           
        PG * Disajikan tiga sudut berbeda, siswa dapat   15
             mengurutkan dari yang terbesar  
             
        IS * Disajikan tiga gambar sudut, siswa dapat 30
             mengidentifikasi sudut yang lebih kecil.  
             
        PG * Disajikan gambar, siswa dapat menentukan besar 16
             sudut sebagai jarak putar.
             
        UT * Siswa  dapat menggambarkan tiga jenis sudut. 37
             
5. Menghitung keliling, luas 5.1. Menghitung keliling  Keliling  Menghitung keliling persegi dan PG * Disajikan soal cerita, siswa dapat menentukan  17
    persegi dan persegi        persegi dan     persegi panjang.      keliling persegi.  
    panjang, serta peng -        persegi panjang          
    gunaannya dalam        PG * Siswa dapat menentukan rumus keliling persegi  18
    pemecahan masalah.            panjang.  
             
        PG * Disajikan gambar persegi panjang, siswa dapat 19
             menentukan kelilingnya.  
        IS * Disajikan gambar persegi, siswa dapat menghitung 31
             kelilingnya.  
             
        IS * Siswa dapat menghitung panjang sebuah sisi 32
             persegi panjang jika diketahui kelilingnya.
             
        UT * Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang 38
             berkaitan dengan keliling persegi panjang.
             
STANDAR KOMPETENSI MATERI POKOK URAIAN  MATERI BENTUK INDIKATOR NOMOR
KOMPETENSI DASAR ( diambil dari indikator silabus ) SOAL SOAL
5. Menghitung keliling, luas  5.2. Menghitung luas  Luas  Menghitung luas persegi dan persegi PG *  Disajikan gambar, siswa dapat menentukan 20
    persegi dan persegi         persegi dan     panjang.       luas persegi.
    panjang, serta peng -         persegi panjang.        
    gunaannya dalam        PG * Siswa dapat menentukan rumus luas persegi 21
    pemecahan masalah.            panjang.  
             
        PG * Disajikan gambar, siswa dapat menaksir luas  22
             daerah dengan cara menghitung banyaknya
             persegi satuan.  
             
        PG * Siswa dapat menghitung panjang salah satu sisi
             persegi jika diketahui luasnya. 23
             
        IS * Siswa dapat mengurutkan bangun datar persegi 33
             panjang dari yang terkecil sampai paling luas.
             
        IS * Disajikan gambar, siswa dapat menghitung luas 34
             persegi.
             
        UT * Siswa dapat menghitung panjang salah satu sisi 39
             persegi jika diketahui luasnya.
             
  5.3. Menyelesaikan   Luas dan keliling  Menyelesaikan masalah yang PG * Siswa  dapat  menentukan  keliling bangun 24
         masalah  yang     berkaitan dengan keliling dan luas      persegi panjang.  
         berkaitan dengan    persegi dan persegi panjang.      
         keliling, luas      PG * Siswa dapat menghitung luas persegi bangun  25
         persegi dan           tersebut.  
         persegi panjang.          
             
        IS * Disajikan gambar persegi panjang, siswa dapat 35
             menghitung keliling persegi panjang.  
             
        UT * Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang  40
             berkaitan dengan luas dan keliling persegi panjang  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.