Skenario BDR Kelas 3 Tema 4 Subtema 4

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Sub Tema : 4. Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu: 120 menit
______________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menuliskan kalimat permasalahan dan penyelesaian masalah dari teks berjudul “Merawat Tanaman” dengan tepat; peserta didik dapat mengurangkan dua pecahan berpenyebut sama dengan benar; peserta didik dapat membuat kreasi seni membuat topi dengan teknik melipat dengan terampil dalam membuat karya.

Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi dan semangat pagi anak-anak hebat ☺️
Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Anak-anak pada pembelajaran hari ini kita memasuki pembelajaran sub tema 4, yaitu Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara.

Nah, untuk mengetahui pembelajaran hari ini, simak video berikut yuk!



Sekarang, bacalah teks berjudul “Merawat Tanaman” di bawah ini! (Terlampir).

Merawat Tanaman
Udin dan teman-temannya sedang bermain bersama di taman. Udin terkejut karena taman itu sangat kotor.

Banyak sampah daun berguguran dan membusuk. Selain itu, ada kubangan air sehingga banyak jentik nyamuk tumbuh di dalamnya. Udin juga melihat tanaman-tanaman kering yang tidak pernah disiram. 

Udin tidak bisa bermain di taman itu karena kotor dan bau sampah. Besoknya, Udin dan teman-temannya membersihkan taman itu. Mereka membawa sapu, sekop, dan plastik sampah. Mereka juga tidak lupa membawa bibit tanaman. 

Udin mulai menyapu daun-daun yang berguguran dan memasukkan sampah ke dalam tempat sampah. Temannya yang lain ada yang membuang air kubangan ke tanah.

Setelah menyapu dan membersihkan taman, Udin dan teman-temannya menanam bibit tanaman yang dibawa.
Mereka juga menanam bunga agar taman semakin indah. Setelah selesai, mereka mencuci tangan dan pulang dengan
hati yang senang karena tempat mereka bermain sudah bersih dan sejuk.

Setelah itu, tuliskan kalimat permasalahan dan kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah berdasarkan
teks tulis tersebut!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/Bunda untuk memfoto dan mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada
Bapak/Ibu guru.

Selamat mengerjakan anak-anak hebat! ☺️

Kegiatan 2
Pernahkah kamu melihat karya dari kertas berupa bentuk seperti, hewan, tumbuhan, atau alat transportasi? 

Karya tersebut dinamakan seni melipat
kertas. Seni melipat kertas juga biasa disebut dengan origami.

Nah selanjutnya, buatlah topi menggunakan origami/kertas koran.kertas hvs. Buatlah dengan rapi dan sesuai dengan ukuran kepalamu sehingga dapat
dipakai.

Kemudian jangan lupa untuk memfoto hasil karyamu dan mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru.

Dalam kehidpan sehari-hari, kita sering menemukan  masalah yang berkaitan dengan pengurangan pecahan berpenyebut sama. Untuk menyelesaikannya, kita perlu mengurangkan pembilangnya saja sedangkan penyebutnya tetap. 

Untuk mengetahui lebih lanjut
tentang pengurangan pecahan berpenyebut sama, saksikan video berikut ya!


Selanjutnya, kerjakan latihan operasi pengurangan pecahan berpenyebut sama berikut! (Terlampir).

Kemudian jangan lupa untuk memfoto dan
mengirimkan hasil pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai,

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!
#salamsehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.