Skenario BDR Kelas 6 Tema 3 Subtema 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 3. Tokoh dan Penemuan
Sub Tema : 3. Ayo, Menjadi Penemu
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Jumat, 17 September 2021
_____________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat menggali informasi dari teks eksplanasi ilmiah ; menjelaskan jenis-
jenis interval nada; dan menyebutkan alat musik berdasarkan fungsinya dengan benar.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua?
Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Ananda yang hebat, banyak sekali penemu-penemu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam, Seperti Michael Faraday dalam menemukan listrik.

Setiap orang dapat menjadi penemu, termasuk Ananda. Asalkan memiliki sikap yang gigih dan pantang menyerah dalam menemukan sesuatu.

Tahukah Ananda bahwa proses penemuan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam dapat ditulis dalam sebuah teks eksplanasi ilmiah? 
Teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang berisi penjelasan suatu proses yang berkaitan dengan sains atau ilmu pengetahuan alam. Tujuannya untuk memberikan penjelasan  secara detail tentang proses terbentuknya atau terjadinya sesuatu. 

Bagaimana cara menggali informasi dari teks eksplanasi ilmiah? Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut:


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami cara menggali informasi dari teks eksplanasi ilmiah.

Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada akhir link berikut:


Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Jangan lupa untuk screenshot skormu dan kirim kepada Bapak/Ibu Guru melalui GCR.

Kegiatan 2
Bagaimana hubungan antara interval nada dan alat musik? Agar Ananda lebih memahaminya, Silakan Ananda simak tayangan pada link video berikut:


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami jenis-
jenis interval nada dan alat musik.

Sebagai evaluasi, kerjakan soal pada akhir video pembelajaran. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Apabila telah selesai, kirimkan tugas Ananda kepada Bapak/Ibu Guru melalui WAG .

Terima kasih, sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.