Kelas : IV
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 1. Jenis-jenis Pekerjaan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
____________________________________
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks
fiksi secara tertulis dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan upaya keseimbangan
dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan 1
Anak-anak hebat, tahukah kamu apa itu cerita fiksi? Cerita fiksi adalah cerita khayalan atau tidak nyata. Cerita ini dibuat berdasarkan imajinasi dan kreativitas dari si penulis cerita.
Dalam cerita fiksi, terdapat tokoh dan penokohan yang mengalami serangkaian peristiwa yang terjalin menjadi sebuah cerita.
Untuk mengetahuinya lebih lanjut kita
simak penjelasannya pada tayangan berikut ini yuk!
Anak-anak hebat, pada tayangan tersebut kamu sudah menyimak cerita Semut dan Belalang yang menceritakan tentang pentingnya bekerja.
Nah, berdasarkan cerita tersebut, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut ini!
1. Siapa saja tokoh yang terdapat pada cerita tersebut?
2. Apa pendapatmu tentang watak semut?
3. Apa pendapatmu tentang watak belalang?
4. Sifat apa saja yang bisa kalian contoh dari cerita tersebut?
5. Tuliskanlah pelajaran yang dapat kamu ambil dari kisah tersebut!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2
Anak-anak hebat, salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan
melakukan upaya-upaya pelestarian sumber daya alam.
Di sekitar kita banyak sekali sumber daya alam yang harus kita jaga kelestariannya agar dapat selalu memberikan manfaat bagi kita dan generasi mendatang!
Mari kita pelajari lebih lanjut melalui video berikut!
Kamu dapat menjadi bagian dari orang-orang yang peduli terhadap lingkungan. Buatlah rencana kegiatan agar sumber daya alam di sekitarmu terjaga! Pilihlah paling sedikit lima sumber daya alam yang ada di sekitarmu!
Tuliskanlah upaya pelestarian yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam tersebut!
Isilah pada tabel berikut ini!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai.
Sampai jumpa kembali esok...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.