Skenario BDR Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 2. Persatuan Dalam Perbedaan
Sub Tema : 1. Rukun Dalam Perbedaan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
_______________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat menentukan isi teks pidato yang didengar; Menyebutkan pola lantai tari daerah; serta Menggambar pola lantai tari kreasi daerah dengan benar.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb., Apa kabar Ananda semua?
Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Pada pertemuan sebelumnya Ananda telah mempelajari jenis-jenis pidato, selanjutnya hari ini kita akan mempelajari isi teks pidato yang didengar. Untuk dapat
menentukan isi teks pidato dengan tepat. 

Ananda dapat mengenali unsur-unsur pidato, menyimak setiap kata dan kalimat yang kita dengar serta menyimpulkan isi
teks pidato. Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur pidato dan bagaimana cara menyimpulkannya?

 Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak penjelasannya pada materi berikut :


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? 

Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami cara menemukan isi teks pidato yang didengar.

Sebagai evaluasi, silakan Ananda kerjakan tugas yang terdapat pada akhir video pembelajaran. Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Apabila Ananda belum memahami materi maupun tugasnya, Ananda dapat mengulang kembali.

videonya sampai Ananda benar-benar paham. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu
Guru dalam bentuk rekam suara atau video melalui WA.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Kegiatan 2
Anak-anak hebat, Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai suku, bahasa daerah, bermacam-macam warna kulit, berbeda-beda agama dan keyakinanya serta ribuan budaya.

 Meskipun banyak
perbedaan, tetapi kita adalah satu, bangsa Indonesia. Kita harus saling bertoleransi dan rukun dalam perbedaan. Banyaknya budaya di Indoensia menghasilkan tarian
daerah dengan ciri dan keunikannya tersendiri. Agar tarian terlihat rapi dan para penari gerakannya sesuai, tidak saling bertabrakan, maka diperlukan pola lantai tari. 

Setiap tarian memiliki pola lantai yang berbeda. Contohnya, Tari Indang menggunakan pola lantai horizontal, sedangkan tari Kecak menggunakan pola
lantai lingkaran. 

Bagaimana pola lantai pada tari daerah yang lain? 

Agar Ananda lebih memahami bentuk pola
lantai tari daerah, silakan Ananda simak tayangan pada link video berikut


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan  tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami pola
lantai pada tari daerah.

Selanjutnya sebagai evaluasi, Silakan Ananda mengerjakan latihan soal pada lampiran di halaman berikutnya.

Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda.kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu mengenai Penerapan Nilai Kesatuan dan Persatuan Dalam Kehidupan Sehari-hari. 

Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:


Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.

Salam!!!.

_____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.