Skenario BDR Kelas 5 Tema 1 Subtema 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5
Tema : 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia)
Sub Tema : 3 (Lingkungan dan Manfaatnya)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
_________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat mengidentifikasi Pengaruh Kondisi geografis Indonesia sebagai negara agraris terhadap kehidupan ekonomi dengan tepat serta dapat menyajikan tanya jawab menggunakan kata tanya siapa dengan percaya diri.

Kegiatan 1
Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat.

Ananda, pastinya kalian sudah membaca teks bacaan tentang “Pengaruh Kondisi Georafis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kegiatan Ekonomi”, pada link yang telah dikirim kemarin.

Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris, hal ini karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Usaha agraris meliputi kegiatan pertanian dan perkebunan.

Pertanian dan perkebunan mempunyai kontribusi penting baik terhadap perekonomian maupun terhadap
pemenuhan kebutuhan pokok kita.
Untuk lebih jelasnya mari kita lihat video pada tautan berikut ini!


Sekarang mari kita jawab pertanyaan berikut!.
1. Meliputi kegiatan apa saja usaha agraris di Indonesia?
2. Apa pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara agraris terhadap ekonomi Indonesia?
3. Adakah usaha agraris di sekitar tempat
tinggalmu? sebutkan!

Tuliskan di buku tugasmu kemudian foto dan kirimkan ke WAG kelas atau ke classroom!

Kegiatan 2
Terimakasih Ananda yang sudah mengerjakan tugas pertamanya, kalian memang hebat!

Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah belajar tentang kata tanya siapa. Ya, betul, kata tanya siapa digunakan untuk menanyakan orang atau subjek (pelaku)
yang terlibat dalam satu peristiwa.

Mari kita memperdalam pemahaman kita tentang kata tanya siapa dengan melihat video pada pada tautan berikut ini!


Selanjutnya tugas Ananda adalah :
1. Buatlah kalimat tanya menggunakan kata tanya siapa berdasarkan penggalan teks yang terdapat pada lampiran!
2. Tuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu buat!
3. Gunakankah pertanyaan dan jawaban tersebut untuk bertanya jawab dengan anggota keluargamu!

Videokan proses tanya jawab Ananda, kemudian kirimkan video hasilnya ke WAG kelas atau ke classroom!

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari link bacaan berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran
besok.


Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.

Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.