Kelas : IV
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 1. Sumber Energi
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
________________________________
Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan pengamatan, peserta didik dapat menyajikan laporan hasil pengamatan sumber energi matahari
dalam kehidupan sehari-hari dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan 1
Anak-anak hebat, hari ini kita sudah masuk ke tema ke 2 nih. Pada subtema yang pertama ini kita akan belajar tentang sumber energi. Energi sangat penting bagi
kehidupan kita. Semua makhluk hidup membutuhkan energi.
Tahukah kamu sumber-sumber energi yang ada? Ayo kita pelajari lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini!
Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi.
Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Untuk membuktikannya sekarang kita akan melakukan pengamatan terhadap benda yang dijemur di bawah sinar matahari dengan benda yang diletakkan di tempat teduh. Lakukanlah kegiatan berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Foto juga benda-benda yang kamu amati tersebut setelah 15
menit, 30 menit, dan 60 menit ya!
Kegiatan 2
Energi panas matahari adalah salah satu sumber daya alam yang melimpah. Tumbuhan, hewan, dan barang- barang tambang juga merupakan sumber daya alam.
Untuk mengenal lebih lanjut tentang sumber daya alam simak video berikut ini yuk!
Nah Anak-anak hebat, selanjutnya mari kita kerjakan soal- soal berikut ini!
1. Berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui!
2. Tuliskanlah contoh kegiatan ekonomi di sekitarmu yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut!
3. Mengapa kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam?
4. Bagaimana pendapatmu tentang kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam berupa minyak bumi secara berlebihan?
5. Apa saja upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam?
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan beajar yang lebih seru, yaitu tentang hak dan kewajiban, dan tempo, birama, dan tinggi rendah nada.
Berikut ini materi untuk tempo, birama, dan tinggi rendah nada!
Pelajari dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!!
Salam!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.