Skenario BDR Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema : 2. Hewan Sahabatku
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
------------------------------------------------
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, Peserta didik dapat membandingkan perkembangbiakan hewan secara generatif (ovipar, vivipar, ovovivipar); menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam merawat tumbuhan di kehidupan sehari-hari.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb., Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat.

Hari ini, kita akan mengawali kegiatan belajar dengan membahas materi tentang perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Apakah Ananda tahu apa itu perkembangbiakan secara
ovipar, vivipar, dan ovovivipar? Wah... hebat. Benarsekali. 

Ovipar adalah proses perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Vivipar adalah proses perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan.
Sedangkan vivipar adalah proses perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur sekaligus melahirkan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ananda simak video agar bisa membandingkan ketiga cara perkembangbiakan pada hewan secara generatif pada link berikut.


Setelah menyimak video di atas, Ananda tentunya sudah lebih faham tentang cara perkembangbiakan pada hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Selanjutnya, sebagai evaluasi kerjakan latihan soal pada pada lampiran halaman berikutnya.

Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru
dalam bentuk foto melalui WA atau GCR.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada
Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Kegiatan 2
Anak-anak yang hebat, Apakah ada tanaman di sekitar rumahmu? Bisakah kalian menyebutkan nama-nama tanaman tersebut? Bagus. Kalian memang anak yang pintar.

Hari ini kita akan belajar cara merawat dan menyayangi tumbuhan. Sebagai makhluk hidup, keberadaan tanaman perlu kita jaga, rawat dan pelihara dengan sebaik- baiknya, Karena hal tersebut merupakan bentuk pengamalan nilai Pancasila. Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam Pancasila terkait kegiatan merawat
tanaman?

 Untuk lebih jelasnya, silahkan Ananda simak tayangan pada link video berikut


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, menarik bukan?

Nah , seperti yang ditugaskan pada tayangan video tersebut, tugas Ananda sekarang adalah mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam merawat tanaman.
Sebagai bukti Ananda mengerjakan tugas tersebut, videokan atau foto kegiatan Ananda dan kirim kepada Bapak/Ibu guru.
Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada
Ayah/Bunda yang sudah membimbing putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar
yang lebih seru lagi, yaitu pelajaran Matematika dan IPS, tentang *Penjumlahan dan pengirangan bilangan bulat dan Membandingkan Karakteristik geografis dan sosial budaya Wilayah Asea* pelajari dan cermati dulu ya link
berikut iini!


Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra putrinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.