Kelas : 5
Tema : 9. Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema : 1. Benda Tunggal dan Campuran
Pembelajaran : 2
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
______________________________________
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat mengidentifikasi karya seni rupa daerah serta mampu menyebutkan
makna persatuan dan kesatuan dengan semangat dan tekun.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, selalu terapkan 5M ya Nak (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan,
Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas).
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Kegiatan 1
Halo, apa kabar Ananda?
Semoga selalu sehat dan bahagia.
Ananda, apakah kalian mengenal tetangga yang tinggal di sekitar rumahmu? Apakah mereka berasal dari suku yang sama dengan Ananda?
Apakah Ananda juga memperhatikan benda-benda yang ada di dalam rumahnya? Samakah benda-benda tersebut dengan benda yang ada di rumah kalian?
Ananda, Indonesia memiliki suku yang
beranekaragam yang tersebar di seluruh daerah- daerah. Setiap suku memiliki adat dan ciri khas yang berbeda-beda. Itulah sebabnya barang-barang di rumah orang tidak selalu sama. Biasanya keberadaan
benda-benda tergantung dari asal suku pemiliknya. Salah satu benda yang mungkin ada dalam rumah berupa karya seni rupa daerah. Apa itu karya seni rupa daerah? Apa saja jenisnya? Apa contohnya? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, Yuk, kita simak video berikut ini!
Semoga setelah menyimak video tersebut dapat menambah wawasan kita tentang berbagai daerah yang ada di Indonesia.
Tugas Ananda:
1. Sebutkan dan jelaskan karya seni rupa daerah!
2. Sebutkan contoh karya seni rupa patung dan sebutkan asal daerahnya!
Tulis jawaban Ananda pada buku tugas, setelah selesai kirim foto tugas ke WAG kelas ya.
Kegiatan 2
Ananda, selain karya seni rupa daerah, masih banyak lagi kekayaan yang dimiliki setiap daerah. Jika diakumulatif, maka kekayaan negara Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Oleh karena itu, kita
sebagai penerus bangsa wajib menjaga dan melestarikannnya.
Senjata yang ampuh untuk menjaga dan
melestarikannya adalah dengan persatuan dan kesatuan. Apa itu persatuan? Apa yang dimaksud dengan kesatuan? Apa makna persatuan dan kesatuan? Mari, kita pelajari pada tautan berikut ini!
Setelah memahami persatuan dan kesatuan, semoga kita bisa menjaga kekayaan bangsa.
Tugas Ananda:
1. Apa yang dimaksud dengan persatuan?
2. Apa yang dimaksud dengan kesatuan?
3. Sebutka 3 makna persatuan dan kesatuan!
Jika ada kesulitan dalam belajar, minta tolong Ayah dan Bunda untuk membantu. Setelah selesai, kirimkan foto tugas ke WAG Kelas.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok.
Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.