BDR Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV
Tema : 9. Kayanya Negeriku
Subtema : 1. Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Pembelajaran : 6
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
_____________________________________

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara
menggunakan daftar pertanyaan dengan jujur dan kerja keras.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan!

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Kegiatan 1
Ananda, jika hak dan kewajiban dapat kita
laksanakan dengan seimbang, termasuk terhadap lingkungan, maka kehidupan kita pun akan berjalan dengan baik. 

Kita akan dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan kita juga akan terhindar dari bencana alam. Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Oleh karena
itu, kelestariannya menjadi tanggung jawab kita bersama.

Salah satu hewan yang populasinya mulai berkurang adalah elang jawa. Banyak orang mengatakan lambang negara kita Garuda Pancasila, terinspirasi dari burung yang satu ini. Kita baca bersama yuk!


Kita memiliki kewajiban menjaga kelestarian makhluk hidup di sekitar kita, misalnya elang jawa seperti yang tadi kita baca. Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa?
Tuliskan dalam tabel berikut!

Kerjkanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Kegiatan 2
Selain hewan, makhluk hidup seperti tumbuhan juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Misalnya sebagai bahan makanan, obat-obatan, dan sebagai hiasan di rumah.

Apakah kamu memiliki tanaman di rumah? Atau mungkin kamu ingin mencari tahu lebih jauh tentang jenis tanaman tertentu?

 Ayo kita lakukan wawancara tentang
tanaman tersebut dengan ayah/bunda atau orang-orang terdekat yang ada di sekitarmu!

Susunlah daftar pertanyaanmu terlebih dahulu, lalu lakukan kegiatan wawancaranya! Jangan lupa rekam kegiatan wawancaramu tersebut dalam bentuk video ya!

Kirimkan videomu kepada bapak/ibu guru ya!

Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.