BDR Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 8. Praja Muda Karana
Subtema : 1. Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran : 1
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 120 menit
__________________________________

Tujuan Pembelajaran
(1)Setelah membaca teks tulis, peserta didik dapat menjelaskan tentang lambang Pramuka dalam teks tulis dengan
tepat;(2) setelah menonton video, peserta didik dapat membuat diagram batang sesuai data yang ada dengan benar;(3)
peserta didik dapat mengidentifikasi pola irama pada lagu “Pantun Pramuka” dengan tepat.

Kegiatan 1
Anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar di rumah ya ?

Mari kita awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa ya, Nak!

Apakah kamu anggota pramuka?
Pramuka mengajarkan anggotanya untuk
menjadi anak yang mandiri dan selalu riang gembira.

Pramuka memiliki tepuk yang khas yaitu tepuk Pramuka. Supaya lebih semangat untuk belajar, kita awali dengan Tepuk Pramuka dulu ya!

Salam Pramuka, Salam Semangat, Salam Sehat!

Salah satu kegiatan pramuka yang menyenangkan adalah menyanyi. Apakah anak- anak mengetahui lagu “Pantun Pramuka”?, Jika belum, saksikan video berikut dengan mengkllik tautan di bawah ini ya!


Setelah menyaksikan video, sekarang anak-anak nyanyikan lagu “Pantun Pramuka“ diikuti dengan bertepuk tangan bersama keluarga di rumah, ya! Dari lagu yang sudah dinyanyikan, adakah bagian lagu yang memiliki pola irama yang sama? Jika iya, pada baris mana? 

Setelah itu minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memvideokan kalian saat bernyanyi dan saat memberikan penjelasan mengenai pola irama serta mengunggahnya di WAG.

Kegiatan 2
Pada video di kegiatan 1, anak-anak sudah belajar mengenai diagram batang. Sekarang, kerjakan soal berikut, ya!

Setelah itu minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengunggahnya di WAG.

Informasi tentang lambang Pramuka di Indonesiadapat diperoleh dari teks. Kagiatan selanjutnya, bacalah teks tentang lambang Pramuka yang telah
disediakan dan kerjakan soal berdasarkan tekstersebut (Terlampir).
Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaan kalian dan mengunggahnya
di WAG.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada
Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

****************************************

Lampiran Bahasa Indonesia

Makna Lambang Gerakan Pramuka (Tunas Kelapa)

Praja Muda Karana disingkat menjadi Pramuka. Lambang Pramuka adalah tunas kelapa.Lambang Pramuka ini dipilih karena akar, batang, daun, dan buah kelapa memiliki banyak manfaat. Tunas kelapa dilambangkan sebagai tunas bangsa Indonesia. Anggota Pramuka sabagai tunas penerus bangsa harus mengharumkan nama Indonesia.

Tunas kelapa kokoh, artinya setiap anggota Pramuka harus kuat menghadapi segala tantangan. Tunas kelapa bisa tumbuh di mana saja, artinya setiap anggota Pramuka dapat menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar. Pohon kelapa tumbuh menjulang tinggi, artinya anggota Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi. Akar pohon kelapa tumbuh kuat dalam tanah, artinya setiap anggota Pramuka memiliki keyakinan dan tekad yang kuat
untuk mengapai cita-citanya.


Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.