BDR Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5,6

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 7. Perkembangan Teknologi
Subtema : 4. Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 5 dan 6
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 120 menit
______________________________________

Tujuan Pembelajaran
(1)Setelah membaca teks tulis, peserta didik dapat menuliskan kalimat penyelesaian masalah dalam teks tulis dengan tepat; (2)setelah menonton video, peserta didik dapat mengukur satuan tidak baku dengan benda yang ada di rumah dengan tepat; (3)peserta didik dapat menceritakan keberagaman yang ada di masyarakat dengan percaya.

Anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini?

Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar di rumah ya ..

Mari kita awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa ya, Nak!

Kegiatan 1
Beberapa alat transportasi digunakan untuk tujuan khusus sesuai dengan kebutuhan. Alat transportasi khusus apa aja yang sering digunakan? 

Untuk mengetahuinya, simak video berikut dengan mengkllik tautan di bawah ini!


Bagaimana, sudah tahu kan ada apa saja alat transportasi khusus?

Selanjutnya, anak-anak temukan dan tuliskan kalimat penyelesaian masalah berdasarkan masalah yang ada dalam teks tulis yang telah disediakan (Terlampir).

Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru.

Selamat mengerjakan anak-anak!

Kegiatan 2
Kehidupan bermasyarakat di Indonesia diwarnai dengan berbagai macam perbedaan. Perbedaan yang ada harus disikapi dengan perilaku yang baik, sehingga dapat memberikan manfaat. Untuk mengetahui pemahaman anak-anak mengenai manfaat dan perilaku yang tepat dalam menyikapi keberagaman, kerjakan soal berikut ya!

Setelah itu minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengunggahnya di
WAG.

Kegiatan 3
Pada video di kegiatan 1, anak-anak sudah mengetahui cara melakukan pengukuran satuan tidak baku dengan benda yang ada di rumah. 

Untuk lebih memahami mengenai pengukuran satuan tidak baku kalian lakukan kegiatan ini bersama Ayah/bunda di rumah ya!

Lakukan pengukuran pada 3 benda di sekitar kalian dengan menggunakan salah satu satuan tidak baku!

Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memvideokan saat kalian sedang melakukan pengukuran terhadap benda tersebut dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

**************************************

Lampiran Bahasa Indonesia

Alat Transportasi Pribadi dan Alat Transportasi Umum

Masyarakat memerlukan alat transportasi untuk digunakan ke tempat beraktivitas. Transportasi yang digunakan dibedakan menjadi transportasi umum dan transportasi pribadi. 

Alat transportasi pribadi merupakan alat transportasi yang dimiliki oleh pribadi atau perorangan, antara lain sepeda motor, mobil, dan sepeda.

Sedangkan alat transportasi umum merupakan kendaraan yang dipakai bersama-sama, misalnya bus, angkutan
kota, dan kereta.

Penggunaan alat transportasi pribadi yang terlalu banyak di jalan dapat menyebabkan kemacetan, polusi udara dari asap kendaraan, dan pemborosan bahan bakar minyak bumi. 

Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Selain itu, penggunaan alat transportasi umum mempunyai banyak manfaat, diantaranya kita dapat mengurangi bahan bakar minyak dan hidup sehat dengan berjalan kaki dengan jarak yang dekat.

Selain itu, kita juga dapat belajar mengatur waktu karena kereta api atau bus trans yang kita gunakan memiliki jadwal keberangkatan sehingga kita bisa datang tepat waktu.

Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.