BDR Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas : 5
Tema : 8. Lingkungan Sahabat Kita
Subtema : 2. Perubahan Lingkungan
Pembelajaran : 4
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
_________________________________________
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda

 Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Ayo, selalu terapkan 5M ya Nak (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas). Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda
untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

 Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1
Halo, apa kabar Ananda? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia.
Tahukah Ananda, tanggal 22 Maret bertepatan dengan Hari Air Sedunia (world water day). Dengan adanya peringatan hari air sedunia, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. 

Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk ikut ambil bagian dalam usaha menjaga ketersediaan air bersih. Tindakan yang dapat kita lakukan antara lain:
1. menghemat penggunaan air, 
2. membuat lubang resapan, dan menanam pohon.

Mengapa kita perlu menjaga ketersediaan air bersih? Karena air adalah sumber daya yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. 

Pada pembelajaran lalu sudah dibahas tentang fungsi air bagi manusia, sekarang kita akan lanjutkan membahas fungsi air bagi tumbuhan dan hewan. Simak pembahasannya pada link di bawah ini!


Tugas Ananda:
1. Sebutkan dan jelaskan fungsi air bagi tumbuhan!
2. Sebutkan dan jelaskan fungsi air bagi hewan!

Tulis jawaban Ananda pada buku tugas, setelah selesai kirim foto tugas ke WAG kelas!

Kegiatan 2
Terimakasih Ananda telah menyelesaikan tugas pertama. Kita lanjutkan kegiatan belajarnya.

Ananda masih ingat isi materi pada kegiatan 1 bukan? Tugas selanjutnya masih ada hubungannya dengan isi video pada kegiatan satu. Setelah menyimak video, Ananda kerjakan tugas di bawah ini!
1. Buatlah kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya bagaimana dan dimana!
2. Sertakan jawaban dari pertanyaan tersebut (sesuai isi video)!
3. Masing-masing kalimat tanya dibuat 2 pertanyaan!

Jika ada kesulitan dalam belajar, minta tolong Ayah dan Bunda untuk membantu.

Setelah selesai, kirimkan foto tugas ke WAG Kelas.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.