SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 6
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
____________________________________
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?
Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat menyampaikan hasil identifikasi identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, meragakan gerak tari kreasi daerah dengan percaya diri dan kreatif.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Dalam aktivitas kita sehari-hari, sering sekali kita memanfaatkan air untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk makan, minum, mandi, hingga mencuci. Wilayah perairan di bumi kita memang sangatlah luas. Tapi tahukah kamu, bahwa air bersih di dunia yang layak dikonsumsi jumlahnya kurang dari 1%? Nah, di tanggal 22 Maret ini yang diperingati sebagai hari air sedunia, mari kita tingkatkan kesadaran kita dalam memanfaatkan air secara bijak. Karena banyak saudara-saudara kita di daerah-daerah tertentu yang kesulitan mendapatkan air bersih.
Ananda, bagi kalian yang berasal dari daerah Papua tentu sudah tidak asing lagi dengan keunikan dan daya tarik yang dimiliki daerah ini. Gunung Jaya Wijaya yang terkenal dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga memiliki banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua memiliki jenis fauna yang terkenal yaitu burung cenderawasih.
Pernahkah kamu membaca cerita rakyat Papua tentang burung cenderawasih?
Ayo kita membacanya melalui tautan di bawah ini!
Berdasarkan cerita tersebut, tuliskanlah secara singkat isi dari cerita tersebut, tuliskan juga tokoh-tokoh dan wataknya, serta pelajaran yang dapat kamu ambil dari cerita tersebut!
Tuliskanlah pada kolom berikut ini!
Paparkanlah hasilnya kepada bapak/ibu guru melalui pesan suara/voice note!
Kegiatan 2
Selalin memiliki jenis fauna yang terkenal seperti cendrawasih. Unsur apalagi yang menjadikan Papua daerah unik? Ya, Papua memiliki kesenian yang terkenal di seluruh daerah di Indonesia berupa tarian dan lagu daerah yaitu tari Perang dan lagu Apuse.
Lagu Apuse di atas dapat digunakan untuk mengiringi gerak-gerak tari kreasi. Bagaimana cara melakukannya?
Simak tayangan berikut ini ya!
Ayo mencoba melakukan gerak tari dengan iringan lagu Apuse! Rekam dalam bentuk video dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Mari kita akhiri dengan membaca doa setelah belajar!
Sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.