BDR Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 7. Perkembangan Teknologi
Subtema : 3. Perkembangan Teknologi Komunikasi
Pembelajaran : 3
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 120 menit
_________________________________________

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Ayo, selalu lakukan tiga M ya, bila ingin berkegiatan. Yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Cuci tangan dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan!

 Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini!

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 Mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1
Anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar di rumah ya 😊.

Telepon merupakan salah satu alat komunikasi. Dengan adanya teknologi, telepon berkembang dari masa ke masa. Untuk mengetahui sejarah penggunaan telepon, kita saksikan video berikut bersama-sama, yuk!

Bagaimana, sudah tahu kan tentang sejarah perkembangan telepon?

Selanjutnya, bacalah teks yang telah disediakan (Terlampir). Setelah itu, anak-anak buat kalimat penyelesaian masalah berdasarkan teks tulis tersebut ya!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaan kalian dan mengunggahnya di WAG.

Selamat mengerjakan anak-anak!

Kegiatan 2
Pada video di kegiatan 1, anak-anak sudah
mempelajari tentang sudut tumpul. Sudut tumpul adalah sudut yang lebih besar dari 90˚ dan kurang dari 180˚. Untuk mengetahui pemahaman anak-anak tentang sudut tumpul, kerjakan latihan berikut ini!
1. Dengan mengukur besar sudut, tentukan jenis sudut tumpul di bawah ini!
Setelah itu minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru.

Kegiatan selanjutnya buatlah telepon dari kaleng/gelas bekas. Kemudian hiaslah telepon kaleng yang telah kalian buat bersama dengan Ayah/bunda dengan mengombinasikan unsur garis, bidang dan warna dalam karya dekoratif dengan indah. Buatlah hiasan sesuai dengan keinginan kalian ya!

Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memvideokan hasil karya kalian dan cara menggunakannya serta mengunggahnya di WAG.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

__________________________________

Lampiran Bahasa Indonesia

Membuat Telepon Kaleng

Siti berangkat ke sekolah dengan sangat bersemangat. Hari ini ada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Siti sangat menyukai pelajaran tersebut. Siti sudah membawa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat telepon kaleng. 

Bel tanda masuk sekolah sudah berbunyi. Ibu guru sudah datang. Ibu guru meminta semua siswa untuk mengeluarkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat telepon kaleng. Mereka membawa peralatan tersebut masing-masing. Dayu, teman Siti terlihat bingung. Rupanya, ia lupa tidak membawa kaleng bekas.

Siti menyarankan agar Dayu melapor kepada ibu guru. Dayu pun segera lapor kepada ibu guru. Akhirnya Dayu pergi ke kantin untuk membeli air mineral. Kemudian gelas air mineral tersebut digunakan oleh Dayu untuk menggantikan kaleng. 

Langkah-langkah membuat telepon kaleng pun sudah di demonstrasikan oleh ibu guru. Semua siswa membuat telepon kaleng dengan semanngat.

Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan dKI Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.