SKENARIO PEMBELAJARAN KELAS II
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema. : 3. Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran: 2
Semester. : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
*******************************************
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini. Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat menceritakan manfaat bekerja sama dalam keberagaman di tempat bermain, menemukan arti kata-kata indah yang terdapat pada puisi dengan benar.
Kegiatan 1
Kemarin kita sudah belajar tentang membuat kalimat tanya dari sebuah puisi dan mengurutkan panjang baku beberapa benda. Nah, hari ini kita akan mempelajari sikap bekerjasama dalam keberagaman di sekolah dan tempat bermain.
Ayo, kita lihat videonya di bawah ini.
Anak-anak masih ingat apa itu kerja sama? Wah, Hebat!
Betul nak, kerja sama adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama untuk kepentingan bersama. Dalam melakukan kerja sama, setiap anggota memiliki peran dan kewajiban masing-masing. Kewajiban tersebut harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab agar tujuan bersama dapat tercapai.
Pernahkah anak-anak melakukan kegiatan yang memerlukan kerja sama di rumah, sekolah, maupun di lingkungan sekitar?
Nah selanjutnya, anak-anak ceritakan pengalaman melakukan kegiatan yang memerlukan kerja sama di rumah, sekolah, ataupun di lingkungan sekitar serta apa manfaat dari kerja sama tersebut!
Kalian bisa minta tolong kepada ayah/bunda untuk memfoto tulisan cerita kalian ya dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru.
Kegiatan 2
Bagaimana cara membaca puisi “Anggrek Bungaku” ?
Kita lihat videonya dengan mengklik tautan video berikut ini.
Agar dapat memahami isi puisi, kita harus mengetahui arti dari kata-kata indah di dalamnya. Apakah kamu menemukan kosakata baru dari puisi “Anggrek Bungaku”?
Nah, untuk mengetahui pemahamanmu, jawab pertanyaan berikut ya.
Temukan makna kata berikut di Kamus Besar Bahasa Indonesia!
1. Lembut artinya __________________________
2. Rupa artinya ____________________________
3. Ayu artinya _____________________________
4. Ramah artinya ___________________________
5. Kenang artinya __________________________
Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu menggunakan tulisan tegak bersambung.
Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Ketika menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamu boleh meminta bantuan ayah/bunda. Ucapkan tolong saat ingin meminta bantuan kepada orang lain.
Saat bermain, hindari kerumunan agar kita
terhindar dari covid-19.
Ayo, rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini.
Terima kasih. Sampai jumpa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.