Semangat Pagi...!
Salam...
Ujian sekolah merupakan rangkaian evaluasi akhir sekolah siswa di akhir jenjang sekolahnya. Nilai kognitif dan ketrampilan semua bidang studi akan diujikan. Untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakannya diperlukan kisi-kisi sebagai pedomannya.
Kali ini penulis akan mencoba berbagi Kisi-Kisi Penulisan US Tertulis dan Praktek SD 2018. Semoga bermanfaat !
Salam...
Ujian sekolah merupakan rangkaian evaluasi akhir sekolah siswa di akhir jenjang sekolahnya. Nilai kognitif dan ketrampilan semua bidang studi akan diujikan. Untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakannya diperlukan kisi-kisi sebagai pedomannya.
Kali ini penulis akan mencoba berbagi Kisi-Kisi Penulisan US Tertulis dan Praktek SD 2018. Semoga bermanfaat !
Ujian Praktek Bahasa Inggris di SDN Jagakarsa 08 Pagi |
KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH DASAR
PROVINSI DKI
JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Inggris
| |||||
Kurikulum
|
:
|
KTSP 2006
|
|||||
Bentuk
soal
|
:
|
Pilihan
Ganda
|
:
|
35 Butir Soal
|
|||
Isian
Singkat
|
:
|
0 Butir Soal
|
|||||
Uraian
Terbatas
|
:
|
5 Butir Soal
|
No
|
Kompetensi yang diujikan
|
Materi
|
Indikator
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
|
PG
|
UT
|
||||||
1
|
Membaca (Kelas 4)
3.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis
sederhana
|
Animal
|
Disajikan teks deskripsi sederhana
yang memuat ciri-ciri hewan tertentu, peserta didik dapat menentukan nama
hewan tersebut dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
1
|
|
Disajikan tabel berisi nama-nama
hewan tertentu, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan peliharaan dengan
tepat.
|
LK 2
|
PG
|
2
|
||||
Fruit and Vegetable
|
Disajikan kalimat rumpang
tentang sayur sop, peserta didik dapat melengkapi nama sayuran yang
dibutuhkan dengan tepat.
|
LK 1
|
PG
|
3
|
|||
Disajikan gambar situasi kelas,
peserta didik mampu menunjukkan posisi benda yang terdapat di kelas.
|
LK 3
|
PG
|
4
|
||||
Things around the school
|
Disajikan teks deskriftif yang
menunjukkan letak benda di dalam kelas, peserta didik dapat menentukan jumlah
benda tersebut.
|
LK 1
|
PG
|
5
|
|||
Transportation
|
Disajikan kalimat rumpang tentang transportasi, peserta didik dapat
menentukan alat transportasi
bedasarkan gambar dengan tepat.
|
LK 1
|
PG
|
6
|
|||
Disajikan dialog sederhana tentang
cara menuju ke suatu tempat, peserta didik mampu menentukan alat transportasi
yang tepat.
|
LK 1
|
PG
|
7
|
||||
Season
|
Disajikan gambar seseorang
mengenakan jas hujan (raincoat),
peserta didik dapat menentukan jenis pakaian yang digunakan saat musim hujan
tersebut.
|
LK 1
|
PG
|
8
|
|||
Sign in the Public Places
|
Disajikan gambar dilarang merokok,
peserta didik mampu menuliskan kalimat yang berhubungan dengan gambar
tersebut.
|
LK 1
|
PG
|
9
|
|||
Public Places
|
Disajikan gambar beberapa benda
kuno seperti patung, keris, arca dan sejenisnya, peserta didik mampu menentukan nama tempat
penyimpanan benda-benda tersebut.
|
LK 2
|
PG
|
10
|
|||
3.1. Mengungkapkan isi Wacana sederhana yang tersurat yang berhubungan dengan
tanda-tanda di tempat umum
|
Public Places
|
Disajikan deskripsi sederhana
tentang tempat umum, peserta didik dapat menuliskan fungsi dari tempat umum
tersebut.
|
LK 2
|
PG
|
11
|
||
Hobbies
|
Disajikan satu paragraph sederhana yang memuat
ciri-ciri hobi tertentu, peserta
didik dapat menentukan jenis hobi
tersebut, dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
12
|
|||
Hobbies
|
Disajikan satu paragraph sederhana yang memuat
ciri-ciri hobi tertentu, peserta
didik dapat menentukan jenis hobi
tersebut, dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
13
|
|||
3.2 Memahami
kalimat dan pesan tertulis sederhana
|
Like and dislike
|
Disajikan kalimat
yang rumpang peserta didik dapat melengkapi dengan kata suka pada suatu minuman tertentu.
|
LK 2
|
PG
|
14
|
||
Telling Time
|
Disajikan sebuah gambar jam, peserta didik
dapat melengkapi kalimat menentukan
waktu dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
15
|
|||
Telling Time
|
Disajikan sebuah dialog sederhana, peserta
didik dapat menentukan kata tanya yang
digunakan untuk menanyakan waktu dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
16
|
|||
Like and dislike
|
Disajikan gambar minuman peserta didik dapat melangkapi kalimat rumpang dengan kata tidak suka
|
LK 2
|
PG
|
17
|
|||
Hobbies
|
Disajikan gambar orang sedang menyanyi, peserta
didik dapat membuat kalimat pernyataan
tentang hobi orang tersebut, dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
18
|
|||
3.1. Mengungkapkan isi Wacana
sederhana yang tersurat yang berhubungan dengan tanda-tanda di tempat umum
|
Disajikan paragraph singkat tentang makanan yang disukai dan tidak
disukai, peserta didik dapat menentukan makanan yang tidak disukai
berdasarkan bacaan dengan tepat
|
LK 2
|
PG
|
19
|
|||
Things at home
|
Disajikan gambar benda-benda yang ada di rumah, siswa dapat membedakan
nama benda berdasarkan fungsinya dengan baik,
|
LK 2
|
PG
|
20
|
|||
Food and Drink
|
Disajikan Table makanan dan minuman, Peserta didik dapat menentukan
kelompok makanan dengan tepat
|
LK 2
|
PG
|
21
|
|||
Disajikan daftar bahan-bahan pembuat minuman, Peserta didik dapat
menentukan jenis minuman yang akan dibuat dengan tepat
|
LK 2
|
PG
|
22
|
||||
Disajikan dialog sederhana tentang makanan dan minuman, Peserta didik
dapat memilih makanan atau minuman yang paling murah dengan tepat (Which do you prefer)
|
LK 2
|
PG
|
23
|
||||
3.2 Memahami
kalimat dan pesan tertulis sederhana
|
Occupation
|
Disajikan dialog sederhana, peserta didik dapat mengidentifikasi lokasi/tempat
bekerja salah satu tokoh dalam dialog tersebut.
|
LK 2
|
PG
|
24
|
||
Occupation
|
Disajikan gambar profesi tertentu, peserta
didik dapat mengidentifikasi lokasi/tempat kerja tersebut, dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
25
|
|||
3.3. Memahami text deskriptif bergambar sangat sederhan dalam kontex sekitar
peserta didik
|
Parts of Body
|
Disajikan text tentang fungsi salah satu bagian tubuh
, peserta didik mampu menentukan anggota tubuh tersebut dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
26
|
||
Parts of Body
|
Disajikan
gambar salah satu bagian tubuh, peserta didik mampu menentukan fungsi bagian
tubuh tersebut dengan benar.
|
LK 2
|
PG
|
27
|
|||
Things around the school
|
Disajikan kalimat rumpang tentang kegunaan suatu
ruangan di sekolah, peserta didik
mampu menentukan salah satu ruangan tersebut dengan benar
|
LK 2
|
PG
|
28
|
|||
Things around the school
|
Disajikan
gambar situasi di salah satu bagian sekolah, peserta didik mampu menentukan
lokasi/tempat yang dimaksud dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
29
|
|||
Things around the school
|
Disajikan gambar salah satu ruangan di sekolah,
peserta didik mampu menentukan fungsi ruangan tersebut dengan benar.
|
LK 1
|
PG
|
30
|
|||
Family
|
Disajikan narasi sederhana tentang keluarga, peserta
didik mampu menentukan hubungan antarkeluarga dengan tepat.
|
LK 1
|
PG
|
31
|
|||
Family
|
Disajikan
pohon keluarga, peserta didik mampu menentukan hubungan keluarga sesuai
kalimat yang diberikan dengan baik dan benar.
|
LK 2
|
PG
|
32
|
|||
4.1. Menulis text fungsional
pendek sangat sederhana
|
Telling Time
|
Disajikan jadual pelajaran,
siswa dapat menentukan hari/waktu dilaksanakannya mata pelajaran tertentu dengan tepat.
|
LK 2
|
PG
|
33
|
||
Days
|
Disajikan kalimat rumpang tentang nama hari/bulan tertentu, siswa dapat
menentukan nama hari/bulan sebelum/sesudahnya dengan tepat
|
LK 2
|
PG
|
34
|
|||
Parts of Body
|
Disajikan kalimat rumpang sederhana, peserta didik mampu menentukan fungsi bagian tubuh
melengkapi kalimat tersebut dengan benar.
|
LK 2
|
35
|
||||
Telling Time
|
Disajikan 4 gambar aktivitas sehari-sehari
peserta didik dapat membuat kalimat sesuai dengan urutan waktu dan kejadian
pada gambar tersebut , dengan tepat.
|
UT
|
36
|
||||
Family
|
Disajikan teks deskripsi tentang keluarga, peserta
didik mampu membuat pohon keluarga dengan 5 (lima) anggota keluarga, dengan
tepat.
|
UT
|
37
|
||||
Season and weather
|
Disajikan gambar situasi tentang musim hujan, siswa
dapat mendeskripsikan kondisi cuaca, orang dan pakaian pada waktu tersebut,
dengan tepat.
|
UT
|
38
|
||||
Direction
|
Disajikan denah sederhana, siswa dapat menjelaskan
cara mencapai tempat tertentu dengan tepat.
|
UT
|
39
|
||||
Public Places
|
Disajikan teks sederhana
tentang tempat wisata (misalnya Dufan Ancol, Taman Mini dan lain-lain)
peserta didik dapat menjawab 3 pertanyaan tentang obyek wisata tersebut,
dengan tepat.
|
UT
|
40
|
PEDOMAN
PENILAIAN TES TERTULIS
Ujian
Tertulis
No
|
Kategori
|
Soal
|
Skor
|
Bobot
|
Skor
Maksimal
|
Nilai
Akhir
|
1
|
Pilihan Ganda
|
1
– 35
|
1
|
100
|
35
|
Skor
Perolehan x Bobot = A
Skor Maksimum
|
2
|
Uraian Terbatas (UT)
|
1
2
3
4
5
|
1
– 4
1
– 5
1
– 3
1
– 3
1
- 3
|
25
15
20
15
25
Jumlah
100
|
4
5
3
3
3
|
Skor Perolehan
x bobot = B
Skor Maksimum
|
NA Tertuli
|
NA
= ( A x 75%) + (Bx25%)
|
Untuk lengkapnya silakan dibuka file dibawah ini !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.