RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : II / 2
Waktu : 2 x 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
5. Memahami pesan pendek dan
dongeng yang dilisankan
II.
Kompetensi
Dasar
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang
didengarnya kepada orang lain
III.
Indikator
Menceritakan kembali isi dongeng yang
didengarnya
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menceritakan kembali dongeng yang di dengarnya dengan benar melalui
percobaan
V. Materi Ajar
Dongeng
VI. Metode
Ceramah, Demonstrasi, percobaan,
Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahap
Pembelajaran
|
Kegiatan Siswa
dan Guru
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi dan Motivasi :
Pra Apersepsi
1. Merapikan tempat duduk dan benda
2. Berdoa dan menyapa siswa dengan salam
3. Menanyakan kabar siswa dengan riang
4. Mengabsen siswa yang hadir
Apersepsi
·
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
·
Menyanyi “ Kucingku Belang Tiga “
·
Melakukan Yel yel penyemangat
·
Menanyakan
kepada siswa, dongeng apa saja yang pernah mereka baca ? Apa judulnya ?
Motivasi :
·
Guru
mengatakan kepada siswa bahwa hari ini para siswa akan dibacakan dongeng yang
menarik
·
Guru memotivasi siswa agar
aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membacakan dongeng didepan kelas dengan menggunakan bahasa tubuh
yang ekspresif dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
F Menugaskan beberapa siswa melakukan percobaan mengungkapkan
pesan yang terdapat pada dongeng tersebut ditanggapi oleh siswa lainnya
F Mengingatkan siswa Secara klasikal agar siswa mencatat
pesan-pesan yang ada pada dongeng yang didapat pada demonstrasi dan percobaan
tersebut
F Bersama-sama siswa menarik kesimpulan tentang pesan-pesan yang
terdapat dalam dongeng.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memberi kesempatan untuk berpikir, berimajinasi dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran mendongeng
F memfasilitasi peserta didik berkarya secara aktif untuk meningkatkan
prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
individual sebagai bentuk penghargaan tanpa rasa takut.
Dalam elaborasi peserta
didik :
·
melaporkan
hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
·
menanggapi laporan atau pendapat teman
·
mengajukan argumentasi dengan santun
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru meluruskan kesalah pahaman, memberikan kekuatan, dan
F menyimpulkan makna yang
diperoleh siswa dari mendengarkan dongeng dan memberi nasihat seputar makna
yang tersirat untuk pembentukan
karakter siswa dimasa datang.
|
50 menit
|
Penutup
|
o Guru mengadakan tindak lanjut
dengan memberikan tugas kepada siswa untuk banyak membaca di rumah
|
10
menit
|
Pekerjaan
Rumah
|
o Guru menugaskan siswa mencari dan menuliskan cerita anak di
rumah. Sumbernya lewat buku, orang tua, teman dekat atau media yang lain.
Kemudian pertemuan yang akan datang siswa bercerita di depan kelas.
|
|
VIII. Bahan dan Sumber Ajar
Buku bahasa indonesia kelas II
IX. Penilaian
Hasil Belajar :
- prosedur penilaian : proses test
- jenis penilaian : pengamatan
proses
- instrumen penilaian : format
penilaian
Jakarta,
.................... 2016
Mengetahui,
Kepala
sekolah, Guru kelas,
(
............... ) ( ................. )
LAMPIRAN......
Lampiran 1 :
Lirik
lagu ‘ Kucingku Belang Tiga ‘
Kucingku
belang tiga
Sungguh
manis rupanya
Meong,
meong, bunyinya
Tanda
lapar perutnya
Lampiran 2 :
Yel-yel
“Mana Suara mu...Ini suaraku “
“ Mana Suaranya ... Ini Suaranya “
Penuh cinta..cinta damai.. Semangat
...kelas 2 YESS !
Lampiran 3 :
Cerita anak
Rakus
Ada seekor anjing yang sangat rakus. Anjing itu suka merebut makanan kawannya. Kalau anjing lain mendapat daging, dikerjarnya dan direbutnya daging itu.
Ada seekor anjing yang sangat rakus. Anjing itu suka merebut makanan kawannya. Kalau anjing lain mendapat daging, dikerjarnya dan direbutnya daging itu.
Pada suatu hari anjing rakus itu merasa lapar sekali. Ia berlari
kesana-kemari mencari makanan. Di dekat pasar si rakus mencuri sepotong daging.
Daging itu digigitnya dan dibawa pulang.
Anjing itu berjalan melalui jembatan kecil di atas sungai. Air sungai itu
sangat jernih. Anjing itu melihat ke bawah. Bayangannya tampak jelas.
Si rakus mengira ada anjing lain yang menggigit daging juga...dengan
cepat ia melompat ke dalam air. Ia mau merebut daging itu.
Daging yang dimulutnya terlepas, dan hanyut dibawa air. Ternyata tidak
ada anjing lain. Yang diserangnya itu hanya bayangannya sendiri. Si rakus basah
kuyup. Dengan susah payah ia naik ke darat. Si rakus pulang dengan lesu.
Perutnya makin lapar.
Lampiran 4 :
Format Penilaian
Pengamatan proses
NO.
|
ASPEK YANG DINILAI
|
RENTANG
|
1.
|
menyebutkan pesan yang terdapat
pada dongeng
|
15 - 50
|
2.
|
Dapat menjelaskan pesan yang
diungkapkan
|
9 - 30
|
3.
|
Tata bahasa
|
6 - 20
|
Jumlah 30 - 100
KKM :
55
≤
55 :
perbaikan
≥55 :
pengayaan
Lampiran 5
:
Proses
apersepsi
Proses
inti
Lampiran 6 :
aktivitas lanjutan..
Tugas membaca
cerita dan menuliskannya kembali sebagai pekerjaan rumah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.