KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jumlah Soal : 50 (PG=35, IS=10,
UT=5)
Waktu : 90 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
URAIAN MATERI
|
BENTUK SOAL
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
1.1. Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam
berbagai permainan
|
My School
|
Melengkapi kalimat sederhana
|
PG
|
Disajikan sebuah kalimat, siswa
dapat melengkapi sebuah kalimat dengan nama bagian sekolah.
|
1
|
Melengkapi instruksi sederhana
|
PG
|
Setelah membaca sebuah kalimat
sederhana, siswa dapat melengkapi sebuah kalimat perintah.
|
2
|
||
PG
|
Disajikan gambar, siswa dapat
melengkapi kalimat dengan nama benda di sekolah
|
3
|
|||
PG
|
Disajikan sebuah gambar bendera,
siswa dapat menuliskan arti dari gambar ke dalam bahasa Inggris.
|
4
|
|||
Melengkapi kalimat yang disajikan
dengan kata kunci perintah
|
UT
|
Siswa dapat membuat 2 kalimat
perintah dengan 2 kata kunci perintah yang telah disajikan
|
46
|
||
1.2. Merespon instruksi sangat
sederhana secara verbal
|
Things At Home
|
Menentukan ruangan yang tepat
untuk suatu benda
|
PG
|
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan nama ruangan pada nama benda tertentu.
|
5
|
PG
|
Siswa dapat melengkapi dengan nama
suatu benda tertentu pada suatu ruangan.
|
6
|
|||
IS
|
Siswa dapat melengkapi dengan nama
benda yang ada di kamar mandi
|
36
|
|||
IS
|
Siswa dapat melengkapi dengan nama
ruangan, letak dari suatu nama benda tertentu
|
37
|
|||
Melengkapi dengan nama benda pada ruangan
tertentu
|
PG
|
Disajikan gambar, siswa dapat
melengkapi kalimat dengan nama benda pada gambar
|
7
|
||
UT
|
Disajikan kata acak, siswa dapat
menyusun menjadi kalimat yang benar.
|
47
|
|||
2.1. Menirukan ujaran dalam ucapan
sangat sederhana secara berterima
|
Electronic Appliances
|
Melengkapi kalimat dengan kata
kunci perintah
|
PG
|
Siswa dapat menentukan ungkapan
kalimat perintah yang benar
|
8
|
PG
|
Siswa dapat melengkapi kalimat
perintah yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari
|
9
|
|||
PG
|
Siswa dapat menentukan kalimat
ungkapan perintah mencuci tangan
|
10
|
|||
PG
|
Siswa dapat menentukan kalimat
meminta izin membuka jendela
|
11
|
|||
2.2. Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur, memberi
contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
|
My School
|
Membuat kalimat percakapan tentang
nama banda yang ada di sekolah
|
PG
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menjawab pertanyaan dengan jawaban Yes/No
|
12
|
PG
|
Disajikan gambar, siswa dapat
melengkapi dengan nama benda di sekolah
|
13
|
|||
PG
|
Setelah membaca percakapan siswa
dapat melengkapi dengan nama benda di sekolah
|
14
|
|||
IS
|
Disajikan gambar benda di sekolah,
siswa dapat menjawab pertanyaan dengan Yes/No
|
38
|
|||
2.3. Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi yang melibatkan ungkapan memberi jasa/barang secara berterima
yang melibatkan tindak tutur, meminta bantuan, meminta barang dan memberi
barang
|
Things at home
|
Melengkapi kalimat dengan ungkapan
meminjam barang
|
PG
|
Setelah membaca kalimat, siswa
dapat menentukan ungkapan kalimat meminjam yang benar.
|
15
|
PG
|
Setelah membaca percakapan, siswa
dapat melengkapi percakapan dengan ungkapan menolak
|
16
|
|||
PG
|
Disajikan kalimat kegunaan suatu
benda, Siswa dapat melengkapi kalimat meminjam barang dengan kata yang benar
|
17
|
|||
PG
|
Siswa dapat menentukan kalimat perintah
yang benar
|
18
|
|||
2.4. Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur
meminta izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan
|
Electronic Appliances
|
Membuat kalimat meminta izin
melakukan sesuatu
|
PG
|
Siswa dapat menentukan ungkapan
kalimat perintah mematikan kipas angin
|
19
|
PG
|
Siswa dapat menentukan kalimat
meminta izin untuk menyalakan televisi
|
20
|
|||
PG
|
Disajikan kalimat meminta izin,
siswa dapat menentukan jawaban Yes/No
|
21
|
|||
IS
|
Siswa dapat membuat kalimat perintah
untuk mematikan televisi
|
39
|
|||
2.5. Mengungkapkan kesantunan
secara berterima
|
Profession
|
Melengkapi kalimat dengan kata
yang benar
|
PG
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menentukan jenis pekerjaan seseorang
|
22
|
PG
|
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan jenis pekerjaan seseorang
|
23
|
|||
Menuliskan kalimat tanya
|
PG
|
Setelah membaca kalimat jawaban
yang diberikan, siswa dapat menentukan dengan kalimat tanya yang benar.
|
24
|
||
PG
|
Setelah membaca kalimat jawaban
Yes/No, siswa dapat menentukan kalimat tanya yang benar
|
25
|
|||
IS
|
Siswa dapat melengkapi kalimat
pertanyaan dalam percakapan tentang pekerjaan seseorang
|
40
|
|||
UT
|
Disajikan kata acak, Siswa dapat menyusun
menjadi kalimat yang benar
|
48
|
|||
3.1. Membaca nyaring dengan ucapan
yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frase dan kalimat yang
sederhana
|
Animals
|
Melengkapi kalimat sederhana
|
PG
|
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan nama hewan buas
|
26
|
PG
|
Siswa dapat melengkapi kalimat
dengan nama hewan jinak
|
27
|
|||
PG
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menentukan nama hewan
|
28
|
|||
PG
|
Siswa dapat melengkapi dengan nama
hewan di peternakan
|
29
|
|||
PG
|
DIsajikan kalimat tentang ciri –
ciri hewan, siswa dapat melengkapi dengan nama hewan yang benar
|
30
|
|||
IS
|
Siswa dapat menetukan nama hewan
dengan ciri – ciri khusus
|
41
|
|||
UT
|
Siswa dapat menuliskan arti bahasa
Inggris dari “Aku mempunyai 11 kelinci”
|
49
|
3.2. Memahami kalimat dan pesan
tertulis sangant sederhana
|
My school
|
Melengkapi kalimat dan pesan
tertulis
|
PG
|
Siswa dapat melengkapi pesan
pendek dengan ungkapan meminta maaf
|
31
|
PG
|
Disajikan gambar perpustakaan
siswa dapat menentukan arti dari perpustaakan
|
32
|
|||
4.1. Mengeja ujaran bahas Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar, yang
melibatkan frase dan kalimat sangat sederhana
|
Profession
|
Menyusun kalimat secara benar
|
PG
|
Siswa dapat menyusun kata acak
menjadi sebuah kalimat yang benar
|
33
|
Menyebutkan jenis pekerjaan
|
IS
|
Setelah membaca kalimat yang
diberikan siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan
|
42
|
||
IS
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menuliskan nama jenis pekerjaan
|
43
|
4.2. Menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat
dan pesan tertulis
|
Animals
|
Melengkapi kalimat sederhana
|
PG
|
Siswa dapat menentukan has/have
|
34
|
PG
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menentukan jenis hewan
|
35
|
|||
IS
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menjawab pertanyaan dengan nama hewan
|
44
|
|||
IS
|
Disajikan gambar, siswa dapat
menjawab pertanyaan dengan jawaban Yes/no
|
45
|
|||
UT
|
Siswa dapat menyebutkan 5 nama
jenis hewan dengan bahasa Inggris yang benar
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.