KISI-KISI UKK IPA KELAS 5

KISI-KISI  UKK IPA KELAS 5




Kelas                :  V (Lima)
                                               Jumlah Soal : 50 (PG = 35 IS = 10 UT = 5)

Mata pelajaran  :  Ilmu Pengetahuan Alam(IPA)
                                               Waktu         : 90 Menit

NO
STANDAR KOPETENSI
KOPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR
BENTUK
NO.

SOAL
SOAL

1
5. Memahami hubungan
5.1 Mendiskripsikan hubungan antara
Gaya dan Gerak
* Siswa dapat menyebutkan akibat adanya gravitasi bumi
PG
1


    antara gerak, gaya, dan
      gerak, gaya, dan energi melalui

* Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tuas jenis ke tiga
PG
2


    energi, serta fungsinya.
      percobaan (gaya gravitasi, gaya

* Siswa dapat menyebutkan penyebab berhentinya bola
PG
3



      gerak, gaya magnet)

  menggelinding di permukaan bumi.





* Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang dapat
PG
4





   ditarik oleh magnet.





* Siswa dapat memberi contoh salah satu cara memper-
IS
36





   kecil gaya gesak.





* Siswa dapat menyebutkan empat macam magnet.
UT
46



5.2 Menjelaskan pesawat sederhana
Pesawat Sederhana
* Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan titik tum-
PG
5



      yang dapat membuat pekerjaan

   pu pada gambar.



      lebih mudah dan lebih cepat.

* Disajikan gambar tiang bendera, siswa dapat menyebut
PG
6





   kan pesawat sederhana yang digunakan.





* Siswa dapat menjelaskan kerugian menggunakan bi-
PG
7





   dang miring.





* Siswa dapat menyebutkan pesawat sederhana yang di
IS
37





   gunakan pada meja televisi.

2
6. Menerapkan sifat-sifat
6.1 Memprediksi sifat-sifat cahaya.
Sifat-sifat Cahaya.
* Disajikan gambar pensil dalam gelas berisi air, siswa
PG
8


    cahaya melalui kegiatan


   dapat menjelaskan bentuk pensil kelihatan patah.


    membuat suatu karya/


* Siswa dapat menuliskan sifat bayangan pada cermin
PG
9


    model.


   cembng.





* Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya pelangi
PG
10





* Disajikkan gambar, siswa dapaat menunjukkan sudut
PG
11





   bias pada gambar.





* Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat meman-
IS
38





   tulkan cahaya .





* Siswa dapat menyebutkan tiga macam cermin.
UT
47




Alat-alat optik
* Siswa dapat menyebutkan lensa yang digunakan untuk
PG
12





   menolong penderita rabun jauh.





* Siswa dapat menyebutkan alat optik yang kerjanya sa-
PG
13





   ma dengan mata.



6.2 Membuat suatu karya/model misal
Membuat hasil karya
* Disajikan gambar bohlam berisi air, siswa dapat menye
PG
14



      nya : Priskop atau lensa dari ba-

   butkan kegunaan alat pada gambar.



      han sederhana menerapkan sifat







      cahaya.





3
7. Memahami perubahan
7.1 Mendeskripsikan proses pemben-
Pembentukan Tanah.
* Siswa dapat menyebutkan macam-macam batuan beku
PG
15


    yang terjadi di alam dan
      tukan tanah.

* Siswa dapt menentukan jenis batuan yang terbentuk da
PG
16


    hubungannya dengan


   ri batuan beku dan batuan sedimen.


    penggunaan sumber


* Siswa dapat menentukan yang dimaksud pelapukan
PG
17


    daya alam.


   karena air dan hujan.





* Siswa dapat menyebutkan tumbuhan tumbuhan perintis
IS
39





* Siswa dapat menyebutkan tiga jenis batuan.
UT
48





* Siswa dapat menentukan akibat pelapukan hujan asam.
PG
18



7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Komposisi dan jenis
* Siswa dapat menentukan tanah yang terbentuk dari dari
PG
19




 tanah
   endepan batuan kapur.





* Siswa dapat menentukan jenis tanah yang sangat subur
PG
20



7.3 Mendeskripsikan struktur bumi.
Struktur Bumi.
* Siswa dapat menyebutkan lapisan bumi paling luar
PG
21





* Siswa dapat menyebutkan lapisan bumi yang terbentuk
PG
22





   dari cairan panas.





* Siswa dapat menyebutkan suhu tertinggi pada lapisan
PG
23





   bumi.





* Siswa dapat menyebutkan lapisan selimut bumi.
PG
24



7.4 Mendeskripsikan proses daur air
Daur Air
* Siswa dapat menyebutkan kegunaan air dalam kenidup-
IS
40



      dan kegiatan manusia yang dapat

   an sehari-hari.



      mempengaruhinya.

* Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri aior bersih.
IS
41





* Siswa dapat membuat bagan/struktur daur air.
UT
49





* Siswa dapat menyebutkan perubahan air dipermukaan
PG
25





   bumi yang disebabkan oleh panas matahari.



7.5 Mendeskripsikan perlunya penghe
Penghematan Air.
* Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air.
PG
26



      matan air.

* Siswa dapat menyebutkan cara menggunakan air agar
PG
27





   dalam kehidupan sehai-hari.





* Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air.
IS
42





* Siswa dapat menyebutkan proses perubahan secara
IS
43





   alami yang ada di alam.



7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam
Peristiwa Alam di
* Siswa dapat menyebutkan kelompok peristiwa alam
PG
28



      yang terjadi di Indonesia dan dam
Indonesia.
   yang tidak dapat dicegah.



      paknya bagi makhluk hidup di

* Siswa dapat menyebutkan akibat dari membuang sam-
PG
29



      lingkungan.

   pah ke sungai.





* Siswa dapat menyebutkan peristiwa alam akibat kegiat
PG
30





   an manusia.





* Siswa dapat memilih pernyataan upaya mencegah banjir
PG
31





* Siswa dapat menjelaskan upaya mencegah tanah long-
PG
32





   sor/erosi.





* Siswa dapat menyebutkan akibat dari gunung meletus.
IS
44



7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiat-
Perubahan Permuka-
* Siswa dapat menyebutkan perubahan permukaan bumi
PG
33



      an manusia yang dapat mengubah
an Bumi
   menjadi wilayah perairan akibat kegiatan manusia.



      permukaan bumi (pertanian, per-

* Siswa dapat menjelaskan akibat dari daerah resapan
PG
34



      kotaan, dsb)

   air berkurang.





* Siswa dapat menjelaskan tujuan manusia melakukan
PG
35





   berbagai kegiatan di permukaan bumi.





* Siswa dapat menjelaskan kegiatan pembangunan yang
IS
45





   memudahkan kita berpegian kemana-mana.





* Siswa dapat menjelaskan cara mencegah terjadinya
UT
50





   tanah longsor pada daerah perbukitan atau tanah long-





   sor/erosi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.