Skenario BDR Kelas 6 Tema 4 ST 1,2,3 reviu

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 4. Globalisasi (Pendalaman Materi)
Sub Tema : 1,2,3 (Rangkuman Materi dan Pembahasan Soal-Soal PAS)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/Tanggal : Rabu, 17 November 2021
_____________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menjelaskan tentang cara menghasilkan, menyalurkan, dan
menghemat energi listrik; Menjelaskan keberagaman ekonomi yang ada di masyarakat.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Selamat Pagi anak-anak hebat. Apa khabar Ananda semua? 

Semoga Ananda semua senantiasa sehat ya. Tetaplah rajin danbbersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Anak hebat, Pada pertemuan hari ini, kita akan mengulang kembali materi muatan pelajaran IPA tema 4 tentang ”Cara Menghasilkan, Menyalurkan, dan Menghemat Energi Listrik”, mengingat
pelaksanaan kegiatan Penilaian Akhir Semester 1 akan segera dilaksanakan yang tentunya memerlukan kesiapan dari Ananda semua.

Seperti yang pernah disampaikan sebelumnya, bahwa sumber energi listrik adalah benda-benda yang dapat menghasilkan energi listrik, contohnya adalah baterai, aki, dinamo, dan generator.

Sumber energi Listrik juga dapat dihasilkan dari sumber energi alternatif, diantaranya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik
Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), dll.

Energi Listrik merupakan bentuk energi yang sangat diperlukan di era globalisasi. Pemanfaatan listrik harus dilakukan secara efisien dengan cara melakukan upaya penghematan listrik.

Nah anak hebat, Untuk lebih jelasnya tentang materi ini, silahkan Ananda simak pembahasannya pada link video berikut ini 

Bagaimana anak cerdas Setelah menyimak video di atas?, menarik bukan?.

 Selanjutnya sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal pada link berikut ini.


Kerjakanlah dengan tekun dan teliti. Bila telah selesai jangan lupa discreenshoot dan kirim kepada Bapak/Ibu guru.

Terima kasih untuk Ananda yang mengerjakan tugas tepat waktu. Tak lupa ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Ayah/Bunda yang telah
membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berja

Kegiatan 2
Anak hebat, keberagaman merupakan suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. Penduduk Indonesia sangat beragam
dan terdiri atas berbagai suku yang tersebar di berbagai daerah. Mereka tinggal di daerah yang berbeda. Ada yang
tinggal di daerah perkotaan, pedesaan, pegunungan, ataupun di daerah pesisir pantai. 

Kegiatan perekonomian mereka pun
berbeda-beda. Kegiatan ekonomi masyarakat suatu daerah,
bergantung pada sumber daya alam yang dimiliki daerah setempat. Jika dilihat dari bidang usahanya, banyak sekali keragaman ekonomi yang berada dilingkungan masyarakat.

Beberapa bidang usaha tersebut anatara lain adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan masih
banyalk lagi yang lainnya.

Nah anak hebat, hari ini kita akan kembali membahas materi Tema 4 tentang keberagaman ekonomi sebagai bahan
persiapan Ananda dalam menghadapi kegiatan Penilaian Akhir Semester yang akan dilaksanakan dalam waktu tidak
lama lagi.

Untuk lebih mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut ini. Jangan lupa
mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Bagaimana anak hebat setelah menyimak penjelasan pada video tersebut, menarik bukan? Ananda tentunya sudah lebih
memahami materi tentang Keberagaman Ekonomi.

Selanjutnya sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal pada link berikut ini.


Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab. Anak-anak cerdas pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, pada pembelajaran berikutnya
kita akan membahas materi yang lebih seru lagi, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.