Skenario BDR Kelas 6 Tema 4 Subtema 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (enam)
Tema : 4. Globalisasi
Sub Tema : 3. Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
PB : 5
___________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan keliling dan
luas lingkaran; menganalisis manfaat kerjasama ASEAN dalam bidang Sosial budaya

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua?
Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.

 Ananda yang hebat, apakah Ananda pernah ke Bundaran Hotel Indonesia di
Jakarta? Bagi Kalian yang tinggal di Jakarta mungkin sudah mengetahui adanya kolam air mancur yang berbentuk lingkaran di Bundaran Hotel Indonesia.
Apakah Kalian tahu, berapa keliling dan luas kolamair mancur di Bundaran Hotel Indonesia tersebut?

Tempat-tempat seperti taman, kolam air mancur yang berbentuk lingkaran, dapat diketahui Panjang keliling dan luasnya dengan menghitungnya menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran.

Bagaimanakah cara menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas lingkaran?

Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini.
Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.



Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan?

 Sebagai evaluasi, Kerjakanlah soal-soal yang ada pada bagian akhir video tersebut. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bilatelah selesai, kirimkan kepada Bapak/Ibu guru.
Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. 

Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing
dan menemani putra-putrinya sehingga
pembelajaran Ananda berjalan baik.

Kegiatan 2
Globalisasi telah membuat hubungan antarnegara di ASEAN semakin erat. Hubungan yang erat ini semakin
menyatu dan saling ketergantungan dengan adanya kerja sama ASEAN, baik di bidang sosial budaya, ekonomi, Pendidikan, dan IPTEK. Kegiatan ekonomi antarnegara yang tinggi membuat perekonomian negara-negara ASEAN semakin meningkat. Kegiatan ekspor dan impor barang pun sangat besar sehingga banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengimbangi kegiatan ekonomi
tersebut. 

Peningkatan ekonomi negara-negara ASEAN tidak langsung membuat ekonomi rakyat menjadi lebih baik, bahkan sebagian masyarakat bisa menjadi lebih
miskin akibat globalisasi. Bagaimana cara mengurangidampak sosial akibat globalisasi di ASEAN? 

Untuk mengetahui hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan?

Sebagai bahan evaluasi, Jawablah pertanyaan di bawah ini.
Kerjakan dengan tekun dan bersungguh-sungguh ya. Bila sudah selesai kirim kepada Bapak/Ibu guru.

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, Namun, hari Kamis nanti, kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang cara membuat brosur. 

Silakan Ananda pelajari terlebih dahulu pada link berikut


Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, Wassalamu
alaikum, wr,wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.