Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 1 (Perjuangan Para Pahlawan)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
___________________________________
Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks nonfiksi, siswa dapat menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi dengan
tepat. Setelah menyaksikan video Maha Patih Gajah Mada, siswa dapat mengidentifikasi tokoh dan peninggalan Kerajaan Hindu-Budha (Kerajaan Majapahit) dengan tepat.
Kegiatan 1
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah belajar tokoh (Raja Purnawarman) dan peninggalan Kerajaan Hindu – Budha (Kerajaan Tarumanegara). Kali ini kita
akan belajar tokoh Maha Patih Gajah Mada dan peninggalan Kerajaan Majapahit. Pada akhir masa Kerajaan Hindu-Budha, muncullah tokoh-tokoh yang
membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai kerajaan terbesar di Nusantara. Salah satu tokoh tersebut yaitu Maha Patih Gajah Mada, siapakah beliau?
Mari kita cari tahu pada link video berikut ini!
Luar biasa sekali Maha Patih Gajah Mada ya?
Untuk mengukur pemahamanmu terhadap materi tersebut, silahkan kerjakan soal latihan pada link di bawah ini!
Setelah selesai, screenshot hasilnya dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2
Anak hebat, pertemuan sebelumnya Ananda telah belajar menggali informasi pada teks non fiksi, supaya lebih mahir Ananda akan belajar lagi materi tersebut!
Silahkan kalian perhatikan penjelasan berikut ini!
Pemahaman terhadap isi bacaan sangat penting sekali untuk mengetahui informasi-informasi penting dari
suatu bacaan.
Tugas hari ini, silahkan Ananda baca teks tentang “Candi Penataran” yang merupakan peninggalan kerajaan hindu
pada link di bawah ini!
Kemudian jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Dimanakan letak Candi Penataran?
2. Apa latar belakang agama Candi Penataran?
3. Kapan pertama kali Candi Penataran ditemukan?
4. Siapakah yang menemukan Candi Penataran?
5. Apa nama asli Candi Penataran?
Berdasarkan jawaban dari pertanyaan tersebut, tuliskan kembali mengenai Candi Penataran menggunakan bahasamu sendiri dengan singkat.
Kerjakan di buku tulismu ya, jika sudah selesai foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi.
Sampai jumpa, anak-anak!
Salam!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.