Skenario BDR Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (enam)
Tema : 2. Persatuan dalam perbedaan
Sub Tema : 1. Rukun dalam perbedaan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
____________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah;
menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

Kegiatan 1
Ananda yang hebat, Apakah Ananda sudah hapal perkalian 1 sampai 10, atau pembagian di bawah angka 100. Bapak harap Ananda sudah hapal, ya,  agar memudahkan Ananda belajar Matematika.
Operasi hitung bilangan terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Keempat operasi bilangan ini harus Ananda kuasai dengan baik, agar Ananda dapat memahami materi
pelajaran matematika dengan lebih mudah. 

Hari ini kita akan belajar tentang operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah.

Untuk mendalami materi tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?

Sebagai evaluasi, silakan Ananda kerjakan latihan soal pada bagian akhir video tersebut. 

Kerjakan dibuku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu gurumu. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. 

Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani Ananda sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Kegiatan 2
Peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia dirayakan setiap tahun oleh seluruh rakyat Indonesia. Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945
diraih dengan perjuangan dan pengorbanan para pejuang yang bertempur mengusir para penjajah. Bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku dan budaya bahu membahu melawan penjajah dan menyatakan proklamasi kemerdekaannya. Proklamasi kemerdekaan adalah pernyataan merdeka dan bebas dari penjajahan yang disampaikan kepada rakyat dan juga negara-negara lain. Apa saja makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia? 

Untuk memahami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? 

Sebagai evaluasi, kerjakanlah soal-soal di bawah ini!

1. Sebutkan tokoh-tokoh penyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia!
2. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaaan bagi Bangsa Indonesia!
3. Bagaimana cara menerapkan makna proklamasi di kehidupan sehari-hari?
4. Bagaimana menurutmu, bila tidak ada persatuan pada bangsa Indonesia yang masih terjajah?
5. Apakah di saat ini seorang anak bisa menjadi seorang pejuang atau pahlawan? Jelaskan alasanmu beserta contohnya!

Tulis di buku tulismu. Kerjakan dengan tekun, teliti, dan bertanggung jawab.

 Terimakasih kepada Ananda yang selalu mengirimkan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani Ananda sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Ananda yang hebat pembelajaran hari ini telah usai, Hari Senin nanti kita akan belajar yang lebih seru yaitu tentang jenis-jenis pola lantai.


Pelajari dan diskusikan dengan Ayah/Bunda ya.

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.