Skenario BDR Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema : 3. Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
__________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat menyajikan simpulan dari hasil wawancara; menyebutkan teknik-
teknik pewarnaan patung; dan menjelaskan pameran seni patung dengan tepat.

Kegiatan 1
Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat.

Tahukah Ananda materi yang akan kita pelajari hari ini? Iya, tepat sekali. Jika Ananda menyaksikan video di akhir pembelajaran sebelumnya, pasti Ananda mengetahui bahwa hari ini kita akan mempelajari simpulan dari teks laporan hasil wawancara. 

Wawancara adalah teknik menggali informasi dari narasumber melalui tanya jawab secara lisan. Sedangkan narasumber adalah orang yang dimintai keterangan atau informasi. 

Apa saja yang harus dipersiapkan dalam wawancara? Mari simak kembali video berikut! Jangan lupa untuk mencatat
materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? 

Selanjutnya, tugas hari ini Ananda melakukan wawancara. Iya, Ananda akan menjadi seorang reporter. Seru kan?! Tema
wawancara mengenai cara menyelamatkan makhluk hidup. 

Ananda dapat mewawancarai ayah, bunda
maupun saudara di rumah yang merawat hewan atau tumbuhan. Sebelum melakukan wawancara, perhatikan langkah- langkahnya terlebih dahulu dan gunakan bahasa yang sopan dan baku. Apabila telah selesai, jangan lupa untuk
membuat kesimpulan dari teks laporan hasil wawancara. Kirimkan tugasmu kepada Bapak/Ibu guru dalam bentuk video melalui WA.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan  baik.

Kegiatan 2
Patung dibuat tidak hanya untuk menghasilkan nilai keindahan, tetapi juga untuk menyampaikan pesan kepada kita, misalnya patung badak bercula satu yang
dibuat para pengrajin patung di Ujungkulon. 

Selain sebagai souvenir, patung tersebut juga memberi pesan agar kita melestarikan badak bercula satu, karena hewan tersebut sudah mulai langka.

Untuk menghasilkan patung yang indah dan menarik, patung perlu diberi warna. Ada dua teknik pewarnaan patung, yaitu aquarel dan plakat. Apa perbedaan kedua
teknik tersebut? Dan bahan apa saja yang dibutuhkan? Untuk mengetahuinya, silakan simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? 

Bila Ananda sudah paham, Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada link berikut.


Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, jangan lupa untuk memfoto layar/screenshot skormu dan kirimkan kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA/ GCR.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi,yaitu "Sikap Peduli Terhadap Hewan dan Tumbuhan" dengan link


Ananda pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.