Skenario BDR Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema : 3. Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
___________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri khusus pada tumbuhan; menerapkan nilai-
nilai Pancasila dalam merawat dan melestarikan hewan di kehidupan sehari-hari.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb., 
Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat.

Jangan lupa, meskipun kita belum bisa belajar di sekolah, Ananda harus tetap bersemangat ya.

Di pagi yang cerah ini, kita akan mengawali kegiatan belajar dengan membahas muatan pelajaran IPA materi
tentang Ciri-Ciri Khusus pada Tumbuhan.

Tahukah Ananda, setiap tumbuhan memiliki ciri khusus yang unik dan berbeda antara satu jenis dengan jenis
yang lainnya?

Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan pada dasarnya dimiliki untuk bisa beradaptasi (menyesuaikan diri) dengan lingkungannya agar dapat bertahan hidup.

Untuk lebih memahami tentang ciri-ciri khusus pada tumbuhan, silahkan ananda simak tayangan video pada link berikut :


Setelah menyimak video di atas, Ananda tentunya sudah lebih memahami tentang Ciri-ciri khusus pada tumbuhan.

Ternyata tumbuhan memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya.

Selanjutnya, sebagai evaluasi kerjakan latihan soal  berikut:


Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto hasil perolehan nilaimu melalui GCR atau WAG.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Kegiatan 2
Anak-anak hebat, kegiatan selanjutnya sangat menarik!
Kalian akan praktik cara merawat dan menyayangi hewan peliharaan. Jika tidak memiliki hewan peliharaan, Ananda bisa merawat hewan peliharaan yang ada di sekitar rumah.

Semua hewan yang ada di sekitar kita, patut kita rawat dan pelihara dengan baik. Dengan merawat dan memelihara hewan, berarti kita sudah ikut berperan serta dalam menjaga kelestariannya. Menjaga,
merawat, dan memelihara hewan, termasuk salah satu wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Nah Anak-anak hebat, agar kalian bisa mempraktikkan cara merawat hewan peliharaan dengan benar, silahkan Ananda simak tayangan pada link video berikut


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Banyak hewan peliharaan yang lucu dan mengagumkan ya?

Nah, tugas Ananda sekarang adalah mempraktikan cara merawat hewan peliharaan dengan baik. Misalnya praktik
ketika Ananda memberinya makan, membersihkan kandangnya, memandikannya, dan lain-lain.

Ananda ceritakan pengalaman ketika merawat hewan peliharaan yang ananda miliki. Minta tolong anggota keluarga di rumah untuk merekamnya dalam bentuk
video.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu materi tentang Potensi Ekonomi Negara-Negara ASEAN. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:


Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.