Skenario BDR Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 ( Teks Laporan dan Seni Patung)

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema : 1. Tumbuhan Sahabatku
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
____________________________________
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menemukan informasi berdasarkan teks laporan dan dapat menjelaskan pengertian serta fungsi patung dengan benar.

Kegiatan 1
Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua? Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat. 

Hari ini merupakan hari pertama pembelajaran Ananda di kelas 6. Ibu harap di kelas yang baru ini, Ananda semakin rajin belajar dan bersemangat.

Hari ini Ananda akan mempelajari teks laporan. Teks laporan dibuat setelah melakukan pengamatan. Ananda juga dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup, misalkan pada makhluk hidup yang semakin langka. Kemudian setelah melakukan pengamatan, membuat teks laporan yang bertujuan memberikan informasi serta mengajak masyarat untuk menyelamatkan makhluk hidup.

Untuk lebih memahami mengenai teks laporan dan cara menemukan informasinya, mari simak kembali video
pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? 

Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada lampiran di halaman berikutnya.
Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya.

Lampiran Soal Bahasa Indonesia
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!
1. Apa yang dimaksud dengan teks laporan?
2. Sebutkan jenis-jenis teks laporan!
3. Mengapa kita harus membuat teks laporan setelah melakukan pengamatan?

4. Sebutkan 3 informasi yang terdapat pada teks tersebut!
5. Tentukan ide pokok pada teks tersebut!

 Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui GCR.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. 

Kegiatan 2
Tumbuhan merupakan sahabat bagi manusia dan hewan. Oleh karena itu, kita harus menyelamatkannya dari kepunahan.

 Lalu bagaimana caranya mengabadikan
hewan atau tumbuhan yang telah punah? Selain melalui lukisan/foto, manusia juga membuat patung untuk mengabadikannya.

Menurut KBBI, seni patung adalah suatu benda yang secara sengaja dipahat meniru bentuk manusia ataupun
hewan.
 Pada dasarnya hampir semua benda bisa
dijadikan patung dan dapat disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. 

Apa saja fungsi-fungsi seni patung?,
Untuk lebih memahaminya,silakan kalian simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


Bagaimana pendapat Ananda mengenai penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? 

Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada link berikut:


Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, jangan lupa screenshot skornya dan kirim kepada Bapak/Ibu Guru melalui WA.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu perkembangbiakan tumbuhansecara vegetatif dan generatif, pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi buka juga link berikut, ya!


Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!!
Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Salam!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.