Skenario BDR Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pelajaran 1

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5
Tema : 1 (Organ Gerak Hewan dan Manusia)
Sub Tema : 3 (Lingkungan dan Manfaatnya)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
___________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video peserta didik dapat menjelaskan organ gerak manusia dan fungsinya serta mampu mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan nilai pancasila sila ke 1 di lingkungan rumah.

Kegiatan 1
Apa kabar Ananda hari ini ?
Semoga sehat dan bersemangat
Apakah Ananda sudah sarapan pagi ini? Jangan sampai melewatkan sarapan. Tidak banyak yang tahu bahwa melewatkan sarapan berdampak buruk bagi kesehatan tulang. Hal ini terjadi karena sarapan merupakan aktivitas
yang sangat penting untuk dilakukan setiap hari guna mendapatkan gizi serta asupan yang cukup setiap harinya.
Jika sarapan terlewat, maka tubuh akan kesulitan mendapatkan berbagai sumber makanan yang baik bagi kesehatan tulang.

 Jangan lupa berjemur dibawah sinar
matahari pagi serta berolahraga dan sering melakukan aktivits ringan, ayo bergerak!

Ananda, ayo, ingat kembali ada dua alat gerak pada tubuh manusia yaitu alat gerak aktif berupa otot dan alat gerak pasif berupa tulang atau rangka. Tahukah Ananda kalau rangka tubuh dan otot memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh kita.

Untuk lebih memahaminya simak video pada tautan link berikut!


Bagaimana, menarik bukan videonya? Setelah menyimak video pastinya Ananda lebih memahami tentang organ gerak manusia.

Tugas Ananda sekarang adalah :
1. Jelaskan fungsi tulang dan otot pada manusia!
2. Sebutkan jenis-jenis rangka pada manusia!
3. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi otot pada manusia!

Kerjakan pada buku tugas kalian! Setelah selesai, kirimkan jawaban ke WAG kelas ataupun ke Classroom.

Kegiatan 2
Terimakasih Ananda yang telah mengirimkan tugas pertamanya

Ananda, pastinya kalian sudah membaca teks bacaan tentang nilai-nilai yang terkandung pada sila pertama Pancasila pada link yang telah dikirim kemarin.

Ananda harus menerapkan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di manapun kita berada. Salah satunya adalah di lingkungan rumah.

Sekarang, simak tautan link berikut ini :
https://youtu.be/bLtKNVjGj9E

Setelah menyimak video, Ananda pastinya mengetahui apa saja contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila di lingkungan rumah .

Tugas Ananda adalah :
Praktikkan contoh aktivitas penerpan nilai Pancasila sila ke- 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa) di lingkungan rumah, bersama keluarga ananda di rumah!

Kirim tugas Ananda dalam bentuk video setelah selesai kirim ke WAG kelas.

Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, Pelajari link bacaan berikut untuk bahan kegiatan pembelajaran kita besok.


Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.