Kelas : IV
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 3. Bersyukur Atas Keberagaman
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
_________________________________
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menginterpretasikan kerja sama sebagai bentuk persatuan dan kesatuan dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia dengan komunikatif. Memberikan apresiasi terhadap penampilan tari kreasi daerah dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan 1
Salah satu wujud persatuan dan kesatuan adalah kerja sama. Dengan bekerja sama pekerjaan menjadi lebih ringan, cepat selesai, meningkatkan rasa persatuan dan
kesatuan, serta memupuk rasa tolong menolong.
Anak-anak hebat, diskusi yang biasa kita lakukan di sekolah, atau di rumah bersama ayah/bunda juga merupakan contoh kerja sama. Kita tidak bolehmembeda-bedakan suku, budaya, atau agama ketika berdiskusi. Semua orang memiliki hak yang sama untuk menyampaikan pendapatnya. Nah, Anak-anak, sekarang
kita simak tayangan berikut ini yuk!
Pada tayangan tadi, kalian telah menyimak cerita Lani, Edo dan teman-temannya yang bekerja sama membuat mozaik kreasi bersama. Berdasarkan cerita tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Kegiatan 2
Anak-anak hebat, pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah belajar tentang tari kreasi daerah dan juga gerakan gerakannya.
Nah sekarang bapak/ibu guru ingin melihat kembali, kalian menampilkan suatu tarian kemudian memberikan apresiasi terhadap tarian yang ditampilkan
teman kalian.
Apakah kamu tahu apa yang dimaksud apresiasi?
Setelah melakukan pementasan tari, penonton akan memberikan apresiasi. Apresiasi merupakan penilaian terhadap satu karya. Dalam karya seni, apresiasi
dilakukan dengan mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.
Nah, sekarang coba kamu berlatih mempraktikkan tarian berikut ini!
Bapak/ibu guru yakin kalian bisa mempraktikkannya dengan baik!
Rekamlah dalam bentuk video dan kirimkan ke WAG agar teman-teman yang lain bisa melihatnya ya!
Selanjutnya, pilihlah dua orang teman yang kamu amati penampilannya kemudian lengkapi tabel berikut ini!
Kerjakan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, tetapi Anak- anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung, dan sifat-sifat bunyi.
Berikut ini materi tentang sifat-sifat bunyi:
Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.