BDR Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 6

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5
Tema : 9. Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema : 3. Manusia dan Benda di Lingkungannya
Pembelajaran : 6
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 120 menit
__________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat membuat Buklet cara-cara menjaga Ketersediaan Air Bersih dan menjelaskan wawasan seputar Lambang Garuda Pancasila dengan teliti dan percaya diri.

Kegiatan 1
Apa kabar Ananda? Semoga selalu sehat dan tetap semangat.

Ananda, benda atau materi yang berada di lingkunganmu dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Benda atau materi ada
yang termasuk zat tunggal (unsur dan senyawa) maupun ke dalam campuran. Sebagai contoh, air adalah zat tunggal yang merupakan senyawa. Air sangat berguna bagi kehidupan manusia. Air berguna untuk minum, mandi, mencuci pakaian, dan lain-lain. Air juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan.

Banyak benda atau materi di sekitarmu yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

Apakah Zat tunggal unsur dan senyawa?   

        Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana. Contohnya: besi, emas, aluminium, karbon, nitrogen, tembaga, perak, seng, dan oksigen.
        Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur. Sebagai contoh adalah air. Air terbentuk dari oksigen dan hydrogen. Contohnya senyawa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari misalnya, garam dapur, gula pasir, asam cuka, soda kue, dan vitamin C.

Ananda sebagaimana kita ketahui air sebagai senyawa yang ada di permukaan bumi selalu tetap karena menjalani siklus air, namun keberadaan air bersih di permukaan bumi semakin berkurang dikarenakan kegiatan manusia yang dapat
mengganggu ketersediaan air bersih tersebut. 

Pastinya Ananda telah mengetahui bagaimana cara memelihara ketersedian air bersih dimuka bumi.
Selanjutnya simak link tautan berikut:


Sekarang tugas Ananda adalah membuat buklet tentang cara- cara ketersediaan air bersih seperti pada vidio!
Jika sudah selesai foto hasil tugas Ananda dan kirim ke WAG kelas

Kegiatan 2
Terimakasih Ananda yang sudah mengirimkan tugas pertamanya.
Kemarin Ananda telah mempelajari sejarah lahirnya Pancasila yang merupakan pedoman dalam bersikap dan
berperilaku bagi setiap warga negara Indonesia sebagai peserta didik penting sekali mengetahui wawasan dan pengetahuan seputar Pancasila mulai dari lambang Pancasila sampai nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Kerjakan tugas dibuku gambar setelah selesai kirim foto hasil tugasmu ke WAG kelas.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Selalu bersyukur dan akhiri kegiatan dengan doa!

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.