BdR Kelas 5 Tema 9 SUBTEMA 3 Pembelajaran 4

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 5
Tema : 9. Benda-Benda di Sekitar Kita
Subtema : 3. Manusia dan Benda di Lingkungannya
Pembelajaran : 4
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 120 menit
______________________________________
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak pengantar guru melalui media, peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat persatuan dan
kesatuan serta setelah menyimak video dapat menjelaskan makna dan filosofi batik daerah dengan cermat dan
percaya diri.

Kegiatan 1
Apa kabar anak-anak hebat? Pastinya lebih bahagia dan bersemangat!

Pada pembelajaran sebelumnya Ananda telah mengetahui manfaat persatuan dan kesatuan. Salah satu contohnya adalah terciptanya rasa cinta kasih kepada saudara dan handai taulan dengan tetap saling sapa saa hari raya meskipun hanya secara virtual.

Ananda, pastinya Ibu sering memasak untuk menyiapkan makanan bukan? Apakah Ananda biasa untuk membantu
ibu menyiapkan makanan di rumah? Coba perhatikan saat ibumu memasak. Jika ingin lebih jelas, kamu dapat bertanya bahan-bahan apa yang digunakan.

 Cermatilah! Bahan-bahan tersebut termasuk zat tunggal atau campuran karena di dapur banyak terdapat benda-benda tunggal atau campuran yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan dalam masakan

Pada saat bekerjasama dengan ibu, membantu memasak maupun kegiatan lain dengan anggota keluarga akan
meciptakan sebuah kerukunan di dalam keluarga, manfaatnya dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Ananda, kerukunan dalam perbedaan yang ada di Indonesia juga harus kita jaga. Kondisi masyarakat yang rukun dan damai membuat kita hidup dengan aman dan
nyaman. Tidak hanya itu hidup rukun juga dapat menjaga rasa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat.

Selanjutnya tugas Ananda adalah mengerjakan soal-soal pada lampiran.
Tuliskan jawabanmu pada buku tugas, setelah selesai kirimkan ke WAG Kelas.

Kegiatan 2
Terimakasih Ananda, yang sudah mengirimkan tugas Pertamanya.
Setelah Ananda mempelajari manfaat persatuan dan kesatuan pastinya kita harus semakin memiliki rasa persatuan dan kesatuan, sebab jika kita tidak memilikinya maka akan hilang tenggang rasa dan toleransi dalam masyarakat, karena kita hidup di masyarakat yang penuh perbedaan dan keragaman .

Pada pertemuan sebelumnya Ananda sudah menggambar batik baju lebaran atau batik yang Ananda miliki di rumah.
Tahukah Ananda, batik di tanah air dibedakan menjadi dua, yaitu batik klasik dan batik pesisir. 

Motif batik klasik dianggap masih asli, motifnya lebih condong pada motif- motif geometris, pewarnaan yang kalem serta lebih condong pada warna-warna gelap seperti coklat, biru tua dan merah marun. Keunikan lainnya yang terkandung
dalam motif hias batik klasik adalah makna simbolisnya yang kebanyakan berupa doa atau harapan yang baik-baik
terhadap pemakainya.

Sedangkan batik pesisir, motifnya cenderung bersifat naturalis, menggunakan warna-warna cerah
mengabaikan makna simbolis dan lebih menekankan segi keindahan motif , selain itu banyak ditemukan pengaruh
budaya Eropa dan China pada motif pesisir.

Untuk lebih mengenal batik Indonesia, Simak video pada link tautan berikut!

Ananda fahami benar isi video tersebut lalu kerjakan
tugas berikut ini!

Kerjakan tugas dalam bentuk video, setelah selesai kirimkan ke WAG Kelas.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
__________________________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.