BDR Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : IV
Tema : 9. Kayanya Negeriku
Subtema : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Pembelajaran : 3
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
__________________________________
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif dalam bentuk teks tulis, mengidentifikasi berbagai sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, dan bahan bakar organik) dalam kehidupan sehari-hari.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat
dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Kegiatan 1
Kita semua tahu bahwa energi sangat dibutuhkan oleh manusia. Energi digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Energi yang paling banyak
digunakan oleh manusia adalah minyak bumi dan batu bara. Bayangkan, berapa juta liter minyak bumi yang dihabiskan dalam sehari untuk menjalankan jutaan
kendaraan bermotor dan ribuan pabrik di dunia ini? Padahal persediaan minyak bumi dan batu bara terbatas.
          Energi minyak bumi dan batu bara berasal dari fosil makhluk hidup yang berproses selama jutaan tahun yang lalu.
Apabila habis, minyak bumi tidak bisa diperbarui atau tidak diadakan kembali. Demikian juga dengan batu bara yang berasal dari tumbuhan.
           Adakah energi yang tidak akan habis dan tersedia secara melimpah di sekitar kita? Ya, tentu saja ada. Energi tersebut disebut energi alternatif. 

Ayo kita cari tahu tentang energi alternatif dengan menyaksikan tayangan berikut ini!


Berdasarkan tayangan tersebut, coba kalian jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Kegiatan 2
Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? 

Carilah jawaban
pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada Ayah, Bunda, Kakak, dan anggota keluarga lainnya yang
ada di rumahmu!

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa setelah belajar! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.

 Sampai jumpa!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.