Kelas : III
Tema : 8. Praja Muda Karana
Subtema : 1. Aku Anggota Pramuka
Pembelajaran : 3
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
______________________________________
Tujuan Pembelajaran
Setelah manyaksikan video peserta didik dapat mencontohkan perilaku memohon pertolongan dengan tepat; setelah
menyaksikan video peserta didik dapat menuliskan kelengkapan lambang seragam Pramuka dari teks gambar dengan tepat, menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dengan tepat.
Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Anak-anak apa kabar hari ini? Tentunya hari ini kalian sedang berpuasa ya?
Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya (Robbiy zidniy
‘ilman warzuqniy fahman).Untuk anak-anak yang non muslim berdoalah seperti doa yang biasa kalian lakukan ya.
Kegiatan 1
Nah, sekarang waktunya Ananda melaksanakan shalat dhuha dengan wudhu yang tertib ya.
Tahukah Nak? Kalau kita istiqamah atau rutin
melaksanakan shalat dhuha kelak akan masuk surga lewat pintu khusus, yaitu pintu Dhuha.
Sekarang kita tadarus yuk melafalkan surah Al-Falaq. Kalian bisa tadarus bersama dengan Ayah/bunda melalui Al-Qur’an atau Juz’amma.
Alhamdulillah bacaan kalian sudah bagus, terus diulang ya Nak biar hafal dan lancar bacaan kalian. (untuk ananda yang non muslim ada hafalan juga kan? Coba minta ayah bunda untuk mengajari ya)
Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu membutuhkan makhluk lain untuk membantu melakukan sesuatu hal yang diluar kemampuannya.
Bagaimana cara melakukan perilaku memohon pertolongan dengan baik dan benar? Simak padavideo berikut ini ya!
Bagaimana, menarik bukan?
Nah, sekarang coba Ananda praktikkan perilaku memohon pertolongan dengan benar bersama Ayah/bunda yaa .
Selanjutnya, laporkan kepada Bapak/ibu Guru dalam bentuk video dan mengunggahnya di WAG.
Kegiatan 2
Gerakan Pramuka memiliki atribut berupa pakaian, seragam. Makna seragam Pramuka dapat diketahui dari teks tulis atau dengan mengamati gambar. Untuk
mengetahui makna seragam Pramuka dari teks tulis/gambar, simak video berikut ya!
Pada video di atas juga sudah dijelaskan mengenai cara mengumpulkan dan mengelompokkan data.
Untuk mengetahui pemahaman kalian mengenai materi pembelajaran hari ini, kerjakan latihan soal berikut!
Setelah itu minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengunggahnya di
WAG.
Belajar hari ini sudah selesai. Yuk baca doa setelah belajar! (Robbanan-fa’naa bimaa ‘allamtanaa alladzii yanfa’unaa wazidnaa ‘ilman walhamdulillaahi ‘alaa kullihaal).
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Ingat untuk selalu bersyukur ya Nak!
Terima kasih, sampai jumpa besok!
SUMBER: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI
__________________________________________
****************************************
Soal Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 ( klik)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.