Kelas : III
Tema : 7. Perkembangan Teknologi
Subtema : 4. Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 3
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 120 menit
______________________________________
Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks tulis, peserta didik dapat menuliskan kalimat penyelesaian masalah berdasarkan masalah dalam teks tulis dengan tepat; setelah menonton video, peserta didik dapat mempraktikkan cara mengukur ruangan di rumah dengan menggunakan satuan tidak baku dengan tepat; peserta didik dapat menghias mobil dari kardus bekas dengan kreatif dan menarik.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, selalu lakukan tiga M ya, bila ingin berkegiatan. Yaitu, mencuci tangan,
memakai masker, dan menjaga jarak.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Kegiatan 1
Anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar di rumah ya ?.
Anak-anak pada pertemuan yang lalu, kalian sudah membuat mobil dari kardus bekas.
Yuk, anak-anak hias mobil dari kardus bekas tersebut! Contoh menghias mobil tersebut dapat kalian lihat pada link berikut ya!
Nah sekarang , anak-anak hias mobil dari kardus yang sudah kalian buat pada pertemuan sebelumnya ya! Kalian bebas berkreasi agar mobil dari kardus terebut terlihat lebih indah.
Jangan lupa minta bantuan orang tua di rumah. Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaan kalian dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru.
Selamat mengerjakan anak-anak!
Kegiatan 2
Wah, Bagus sekali mobil dari kardus bekas yang kalian buat!
Pada pembelajaran lalu, anak-anak juga sudah mengetahui apa itu satuan tidak baku. Selanjutnya, kita akan mempelajari macam-macam satuan tidak baku.
Apa saja macam-macam satuan tidak baku. Untuk mengetahuinya, simak video berikut ya!
Setelah menonton video, kalian praktikkan
mengukur ruangan di rumah kalian dengan
menggunakan satuan tidak baku seperti jengkal, depa dan langkah ya anak-anak, sambil di bimbing Ayah/bunda kalian.
Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memvideokan saat kalian sedang mempraktikkan mengukur ruangan di dalam rumah dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru.
Kegiatan selanjutnya, anak-anak tuliskan kalimat penyelesaian masalah berdasarkan masalah yang terdapat pada teks yang telah disediakan (Terlampir).
Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaan kalian dan mengunggahnya di WAG.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada
Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya!
******************************************
Lampiran Bahasa Indonesia
Perkembangan Kereta Rel Listrik (KRL)
Kereta rel listrik (KRL) merupakan alat transportasi modern yang berkembang cukup pesat. KRL mulai ada di Indonesia sejak zaman kolonial. KRL menggunakan tenaga listrik dan beroperasi sangat cepat.
Pada awal beroperasi, KRL menggunakan tiket manual bagi penggunaanya. Penggunaan tiket manual membuat antrean panjang saat penumpang membeli tiket. Hal tersebut tidak tepat bagi penumpang yang sedang terburu-buru
untuk pergi ke suatu tempat.
Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, pengguna jasa KRL
diharuskan menggunakan kartu elektrik. Kartu ini berfungsi sebagai tiket yang memudahkan masyarakat agar tidak perlu antre membeli tiket.
Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.