BDR Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 1

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : III
Tema : 7. Perkembangan Teknologi
Subtema : 4. Perkembangan Teknologi Transportasi
Pembelajaran : 1
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu: 120 menit
____________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca teks tulis, peserta didik dapat menuliskan kalimat penyelesaian masalah berdasarkan masalah dalam teks tulis dengan tepat; setelah menonton video, peserta didik dapat menjelaskan satuan tidak baku menggunakan bahasanya sendiri; peserta didik dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.

Kegiatan 1
Anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar di rumah ya ?

Anak-anak, besok tanggal 2 April diperingati sebagai Hari Buku Anak Sedunia. Hari Buku Anak Sedunia pertama kali dicetuskan oleh sebuah organisasi yang bernama International Board of Books for Young People (IBBY) pada tahun 1966. Tanggal tersebut juga dirayakan untuk mengenang bapak dongeng dunia, Hans Christian Andersen.

Anak-anak, pembelajaran hari ini kita memasuki Tema 7 Subtema 4 tentang Perkembangan Teknologi Transportasi.

Perkembangan teknologi transportasi membuat perpindahan manusia ke sebuah tempat menjadi lebih hemat tenaga. Bagaimana perkembangan alat transportasi? 

Untuk mengetahuinya, yuk simak video berikut bersama-sama!


Bagaimana anak-anak, sudah tahu kan mengenai perkembangan alat transportasi?

Selanjutnya, anak-anak tuliskan kalimat penyelesaian masalah berdasarkan masalah dalam teks tulis yang telah disediakan (Terlampir).

Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaan kalian dan mengirimkannya kepada Bapak/ibu guru.

Kegiatan 2
Teknik potong, lipat, dan sambung adalah teknik- teknik dasar dalam membuat sebuah bentuk seni rupa. Bentuk seni rupa dapat dibuat pada sebuah bidang, seperti kertas, kardus, kain, atau benda dua dimensi lain yang mudah dilipat.

Nah sekarang, ayo kita membuat mobil dari kardus bekas! 

Mintalah bantuan kepada Ayah/bunda saat menggunakan cutter/gunting. Setelah itu minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil karyamu dan mengunggahnya di WAG.

Kegiatan 3
Pada video di kegiatan 1, kalian juga sudah mengenal apa saja satuan tidak baku. Untuk mengetahui pemahaman kalian, selanjutnya tuliskan penjelasan satuan tidak baku dengan menggunakan bahasa kalian sendiri ya!

Setelah itu, minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaan kalian dan mengunggahnya di WAG.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya!

________________________

Lampiran Bahasa Indonesia

Berkunjung ke Yogyakarta

Pada libur sekolah semester lalu, Edo dan keluarga pergi berlibur ke salah satu tempat wisata di Yogyakarta. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Edo menempuh perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api. Kereta api melaju sangat cepat. Edo sangat menikmati perjalanan.

Edo dan Kakaknya telah sampai Stasiun Tugu Yogyakarta. Mereka melanjutkan perjalanan denganbecak. Becak merupakan alat transportasi tradisional yang dijalankan dengan dikayuh oleh tenaga manusia. Seiring perkembangan zaman, alat transportasi becak mengalami perkembangan, sekarang banyak dijumpai becak yang dijalankan dengan menggunakan mesin bermotor.

Sesampainya di tempat wisata, Edo melihat seorang anak yang tidak dikenal sedang membuang sampah sembarangan dan mencoret-coret dinding. Edo mengingatkan anak tersebut dengan santun agar membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencoret-coret dinding. Dengan begitu, fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata akan bersih dan terawat.

Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.