Kelas : V
Tema : 8. Lingkungan Sahabat Kita
Subtema : 3. Upaya Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran : 5
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
_______________________________
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?
Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat.
Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video peserta didik dapat
1. melakukan percobaan tentang proses terjadinya hujan.
2. membandingkan data hasil panen pada diagram lingkaran persen dengan semangat dan teliti.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, selalu terapkan 5M ya Nak (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan,
Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas).
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Kegiatan 1
Ananda sudah pernah belajar proses terjadinya hujan.
Tahukah Ananda Air hujan yang turun ke permukaan bumi sangat penting dalam pelestarian lingkungan, seperti untuk tumbuhan melakukan fotosintesis, penanaman pohon- pohon di hutan maupun untuk ditanam sendiri. Karena jika air hujan turun semua tanaman atau pohon-pohon akan tumbuh subur, lebat, indah dan mempercepat proses fotosintesis. Air hujan juga sangat berperan dalam mempertahankan kehidupan alam dan pelestarian lingkungan .
Saat hujan turun, kita tahu apa yang harus dilakukan ketika hujan, kita tinggal di dalam dan menemukan hal-hal untuk dilakukan bersama keluarga ataupun dengan cara sendiri, seperti menonton film atau menikmati secangkir teh hangat. Bersantai di tengah hujan dengan melakukan kegiatan positif dapat membuat perasaan kita nyaman dan tenang.
Sekarang simak video menyenangkan berikut ini!
Menarik bukan videonya?
Setelah menyaksikan video tugas Ananda adalah:
1. Lakukan Tepuk Hujan seperti contoh pada video bersama anggota keluarga dengan semangat dan riang gembira!
2. Lakukan percobaan tentang proses terjadinya hujan, seperti contoh pada video!
3. Amati percobaan yang Ananda lakukan dan laporkan hasilnya!
Kirim hasil tugas Ananda dalam bentuk Video ke WAG kelas!
Selamat mengerjakan anak-anak!
Kegiatan 2
Terima kasih Ananda yang telah menyelesaikan tugas pertamanya .
Apakah Ananda tahu meski terlihat menguntungkan bagi tanaman, sebenarnya hujan juga memiliki dampak buruk bagi tanaman. Hal ini bisa terjadi jika curah hujan berlebih, sehingga tanaman mendapatkan asupan air hujan yang terlalu banyak jumlahnya. Dampak hujan berlebih juga bisa mengurangi hasil panen para petani.
Mari kita membandingkan data hasil panen sebuah desa yang curah hujannya tinggi pada tahun 2019 lalu. Berikut ini adalah diagram data yang menunjukkan jumlah hasil panen di Desa Karangtari pada tahun 2019 dengan total hasil 400 ton.
Kerjakan di buku tulis, setelah selesai kirim tugas Ananda dalam bentuk foto ke WAG kelas!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima Kasih, Sampai jumpa besok Anak Hebat!
Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.