Kelas : 5
Tema : 8. Lingkungan Sahabat Kita
Subtema : 2. Perubahan Lingkungan
Pembelajaran : 5
Semester : II (Genap)
Alokasi Waktu : 120 menit
_________________________________
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda?
Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran dirumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, selalu terapkan 5M ya Nak (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas). Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Halo, apa kabar Ananda? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat.
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang cara melestarikan air bersih.
Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menanam pohon. Ada baiknya setiap keluarga minimal menanam satu pohon di sekitar rumahnya, akan lebih baik lagi jika menanam banyak pohon. Selain menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia, akar pohon juga dapat menyerap & menyimpan air sebagai cadangan air tanah.
Sekarang tugas Ananda adalah membuat gambar kondisi sekitar rumah yang penuh dengan pepohonan. Gambarlah dengan rapi dan berikanlah warna yang indah agar terlihat menarik. Setelah selesai tempelkan di dinding kamarmu, dan berfotolah di samping gambar tersebut.
Kirimlah foto tersebut ke WAG Kelas sebagai laporan kepada bapak / ibu guru kalian!
Kegiatan 2
Terimakasih Ananda telah menyelesaikan tugas pertama. Kita lanjutkan kegiatan belajarnya.
Program RT 09/02, Kelurahan Ujung Menteng adalah mewajibkan warganya minimal menanam 2 jenis tanaman di pot dan di letakkan di depan rumahnya.
Berikut adalah tanaman yang ada di salah satu gang yang ada di RT tersebut: mawar, pandan, binahong, melati, pandan, mawar, kumis kucing, melati, binahong, pandan, mawar, melati, pandan, mawar, binahong,
pandan, mawar, melati, kumis kucing, dan pandan.
Dari data tersebut di atas, buatkah tabel frekuensi datanya!
Jika ada kesulitan dalam belajar, kalian bisa minta tolong kepada Ayah dan Bunda. Setelah selesai, kirimkan foto tugas ke WAG Kelas.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Daring Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.