BDR Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 5 dengan RPP Darurat Terbaru

Selamat pagi, 

apa kabar Ayah/Bunda? 

Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. 

Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah. Pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas : V

Tema : 4, Sehat itu Penting

Subtema : 1. Peredaran Darahku Sehat

Pembelajaran : 5

Semester : I (Ganjil)

Alokasi Waktu : 120 menit


Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menuliskan contoh hak dan kewajiban, serta mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam interaksi sosial.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air  mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. 

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Perhatikan Video berikut!


      Sumber: Youtube

Setelah melihat Video, Kalian dapat melakukan kegiatan 1 dan kegiatan 2 berikut ya.

Kegiatan 1
Pertemuan lalu kita sudah membahas tentang cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia.
Coba sebutkan cara menjaga kesehatan organ peredaran manusia?
Olahraga dengan teratur adalah salah satu cara menjaga kesehatan organ peredaran darah manusia.
Olahraga yang sedang disukai oleh masyarakat adalah bersepeda. Bersepeda melatih kesehatan jantung dan kestabilan aliran darah. Rutin bersepeda bisa menurunkan kadar lemak dalam darah dan membuat otot jantung menjadi kuat. Jantung akan berdetak lebih kencang ketika bersepeda daripada kecepatan normal.

Tahukah ananda, ketika kita melakukan usaha untuk menjaga kesehatan darah, secara tidak langsung kita harus melakukan kewajiban tertentu dan kita juga berhak mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan.
Sebagai contoh, ketika kita bersepeda, kita berkewajiban untuk menggunakan helm dan menjaga ketertiban di jalan. Kita juga berhak mendapatkan udara segar ketika bersepeda.

Tugas Ananda adalah menyebutkan hak dan kewajiban terkait cara menjaga organ peredaran darah manusia. Masukkan dalam tabel berikut!

Terima kasih Ananda telah mengumpulkan tugas pertamanya.


Kegiatan 2

Selain menimbulkan hak dan kewajiban, ternyata cara menjaga Kesehatan organ peredaran darah manusia juga menimbulkan interaksi dengan orang lain atau disebut dengan interaksi sosial.


Apakah kalian masih ingat, apa yang dimaksud dengan interaksi sosial? 


Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok dan individu dengan kelompok. Hal ini wajar terjadi karena manusia adalah makhluk sosial.


Sebagai contoh, Ketika kita membutuhkan makanan bergizi, maka kita akan berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung atau tidak langsung. Interaksi secara langsung terjasi antara Ananda dengan Ibu yang memasak makanan bergizi.


Tugas Ananda adalah mengidentifikasi pihak yang terlibat pada interaksi sosial dalam rangka usaha menjaga Kesehatan organ peredaran darah manusia. Masukkan dalam table berikut!



Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah. 

Kerjakan di buku tugas, setelah selesai kirim hasil pekerjaan berupa foto dan mengunggah pada WAG kelas. 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah, Bunda atau orang yang sudah membantu kalian belajar hari ini.

Terima kasih sampai bertemu besok



RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Dinas pendidikan DKI Jakarta ( Unduh)












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.