KISI-KISI UKK IPA KELAS 5 TERBARU

KISI-KISI UKK

Kelas                :  V (Lima)                                                Jumlah Soal : 50 (PG = 35 IS = 10 UT = 5)
Mata pelajaran  :  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)                                                Waktu         : 90 Menit
NO STANDAR KOPETENSI KOPETENSI DASAR MATERI POKOK INDIKATOR BENTUK NO.
SOAL SOAL
1 5. Memahami hubungan  5.1 Mendiskripsikan hubungan antara Gaya dan Gerak * Siswa dapat menyebutkan akibat adanya gravitasi bumi PG 1
      antara gerak, gaya, dan       gerak, gaya, dan energi melalui    * Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri tuas jenis ke tiga PG 2
      energi, serta fungsinya.       percobaan (gaya gravitasi, gaya   * Siswa dapat menyebutkan penyebab berhentinya bola PG 3
          gerak, gaya magnet)      menggelinding di permukaan bumi.
        * Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang dapat PG 4
           ditarik oleh magnet.
        * Siswa dapat memberi contoh salah satu cara memper- IS 36
           kecil gaya gesak.
        * Siswa dapat menyebutkan empat macam magnet. UT 46
    5.2 Menjelaskan pesawat sederhana Pesawat Sederhana * Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan titik tum- PG 5
          yang dapat membuat pekerjaan      pu pada gambar.
          lebih mudah dan lebih cepat.   * Disajikan gambar tiang bendera, siswa dapat menyebut PG 6
           kan pesawat sederhana yang digunakan.
        * Siswa dapat menjelaskan kerugian menggunakan bi- PG 7
           dang miring.
        * Siswa dapat menyebutkan pesawat sederhana yang di IS 37
           gunakan pada meja televisi.
2 6. Menerapkan sifat-sifat  6.1 Memprediksi sifat-sifat cahaya. Sifat-sifat Cahaya. * Disajikan gambar pensil dalam gelas berisi air, siswa  PG 8
      cahaya melalui kegiatan        dapat menjelaskan bentuk pensil kelihatan patah.
      membuat suatu karya/     * Siswa dapat menuliskan sifat bayangan pada cermin  PG 9
      model.        cembng.
        * Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya pelangi PG 10
        * Disajikkan gambar, siswa dapaat menunjukkan sudut PG 11
           bias pada gambar.
        * Siswa dapat menyebutkan benda yang dapat meman- IS 38
           tulkan cahaya .
        * Siswa dapat menyebutkan tiga macam cermin. UT 47
      Alat-alat optik * Siswa dapat menyebutkan lensa yang digunakan untuk PG 12
           menolong penderita rabun jauh.
        * Siswa dapat menyebutkan alat optik yang kerjanya sa- PG 13
           ma dengan mata.
    6.2 Membuat suatu karya/model misal Membuat hasil karya * Disajikan gambar bohlam berisi air, siswa dapat menye PG 14
          nya : Priskop atau lensa dari ba-      butkan kegunaan alat pada gambar.
          han sederhana menerapkan sifat        
          cahaya.        
3 7. Memahami perubahan 7.1 Mendeskripsikan proses pemben- Pembentukan Tanah. * Siswa dapat menyebutkan macam-macam batuan beku PG 15
      yang terjadi di alam dan       tukan tanah.   * Siswa dapt menentukan jenis batuan yang terbentuk da PG 16
      hubungannya dengan         ri batuan beku dan batuan sedimen.
      penggunaan sumber      * Siswa dapat menentukan yang dimaksud pelapukan PG 17
      daya alam.        karena air dan hujan.
        * Siswa dapat menyebutkan tumbuhan tumbuhan perintis IS 39
        * Siswa dapat menyebutkan tiga jenis batuan. UT 48
        * Siswa dapat menentukan akibat pelapukan hujan asam. PG 18
    7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah Komposisi dan jenis * Siswa dapat menentukan tanah yang terbentuk dari dari PG 19
       tanah    endepan batuan kapur.
        * Siswa dapat menentukan jenis tanah yang sangat subur PG 20
    7.3 Mendeskripsikan struktur bumi. Struktur Bumi. * Siswa dapat menyebutkan lapisan bumi paling luar PG 21
        * Siswa dapat menyebutkan lapisan bumi yang terbentuk PG 22
           dari cairan panas.
        * Siswa dapat menyebutkan suhu tertinggi pada lapisan PG 23
           bumi.
        * Siswa dapat menyebutkan lapisan selimut bumi. PG 24
    7.4 Mendeskripsikan proses daur air Daur Air * Siswa dapat menyebutkan kegunaan air dalam kenidup- IS 40
          dan kegiatan manusia yang dapat       an sehari-hari.
          mempengaruhinya.   * Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri aior bersih. IS 41
        * Siswa dapat membuat bagan/struktur daur air. UT 49
        * Siswa dapat menyebutkan perubahan air dipermukaan PG 25
           bumi yang disebabkan oleh panas matahari.
    7.5 Mendeskripsikan perlunya penghe Penghematan Air. * Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air. PG 26
          matan air.   * Siswa dapat menyebutkan cara menggunakan air agar PG 27
           dalam kehidupan sehai-hari.
        * Siswa dapat menjelaskan cara menghemat air. IS 42
        * Siswa dapat menyebutkan proses perubahan secara  IS 43
           alami yang ada di alam.
    7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam  Peristiwa Alam di * Siswa dapat menyebutkan kelompok peristiwa alam PG 28
          yang terjadi di Indonesia dan dam Indonesia.    yang tidak dapat dicegah.
          paknya bagi makhluk hidup di   * Siswa dapat menyebutkan akibat dari membuang sam- PG 29
          lingkungan.      pah ke sungai.
        * Siswa dapat menyebutkan peristiwa alam akibat kegiat PG 30
           an manusia.
        * Siswa dapat memilih pernyataan upaya mencegah banjir PG 31
        * Siswa dapat menjelaskan upaya mencegah tanah long- PG 32
           sor/erosi.
        * Siswa dapat menyebutkan akibat dari gunung meletus. IS 44
    7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiat- Perubahan Permuka- * Siswa dapat menyebutkan perubahan permukaan bumi PG 33
          an manusia yang dapat mengubah an Bumi    menjadi wilayah perairan akibat kegiatan manusia.
          permukaan bumi (pertanian, per-   * Siswa dapat menjelaskan akibat dari daerah resapan PG 34
          kotaan, dsb)      air berkurang.
        * Siswa dapat menjelaskan tujuan manusia melakukan  PG 35
           berbagai kegiatan di permukaan bumi.
        * Siswa dapat menjelaskan kegiatan pembangunan yang IS 45
           memudahkan kita berpegian kemana-mana.
        * Siswa dapat menjelaskan cara mencegah terjadinya  UT 50
           tanah longsor pada daerah perbukitan atau tanah long-
           sor/erosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.