KISI-KISI UKK KELAS 4 TERBARU

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL UKK
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kelas : IV (Empat)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Jumlah Soal : 50 (PG = 35, Is = 10, UT = 5 )
Waktu : 90 Menit
KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK URAIAN MATERI BENTUK  INDIKATOR NOMOR 
SOAL SOAL
7.1 Menyimpulkan hasil Gaya dan gerak benda - Gaya yang digunakan untuk menggerakkan PG - Disajikan gambar, gerak benda yang disebabkan 1
percobaan bahwa gaya benda seperti menendang bola adalah gaya gaya bahwa dapat menentukan sutau gerak benda
(dorongan dan tarikan) dorong yang disebabkan oleh gaya
dapat mengubah gerak  - Kelereng disentil akan bergerak karena  Is - Disajikan gambar siswa dapat menyebutkan gaya  36
suatu benda adanya gaya gesek yang digunakan untuk menggerakkan benda
PG - Disajikan gambar, siswa dapat menentukan gaya 2
yang dapat digunakan untuk menggerakkan benda
- Dinamometer adalah alat untuk mengukur PG - Siswa dapat menentukan alat untuk mengukur  3
gaya gaya
7.2 Menyimpulkan hasil  Gaya memengaruhi bentuk  - Benda yang diam akan bergerak jika menda- PG - Siswa disajikan gambar, siswa dapat menentukan 4
percobaan bahwa gaya benda pat gaya, seperti gerobak didorong akan pengaruh gaya terhadap gerak benda
(dorongan dan tarikan) bergerak UT - Siswa dapat menyebutkan faktor yang mempenga- 46
dapat mengubah bentuk  ruhi gerak benda 
suatu benda - Pengaruh gaya terhadap bentuk benda  PG - Siswa dapat menentukan pengaruh gaya terhadap 5
seperti mobil akan penyok ketika mengalami bentuk benda
tabrakan, plastisin dapat dibentuk Is - Siswa dapat menyebutkan gaya yang digunakan  37
ketika anak bermain Plastisin
8.1 Mendeskripsikan energi Energi panas dan bunyi serta  - Manfaat panas matahari untuk menjemur PG - Disajikan gambar, siswa dapat menentukan manfaat 6
panas dan bunyi yang sifat-sifatnya pakaian dan lain-lain dari panas matahari
terdapat di lingkungan - Sumber energi panas nbagi bumi adalah  PG - Siswa dapat menentukan sumber energi panas bagi 7
sekitar matahari bumi
- Radiasi adalah perpindahan panas tanpa  Is - Siswa dapat menyebutkan cara perpindahan panas 38
melalui zat perantara antara contoh panas pada matahari
matahari, hangatnya api unggun
- Macam-macam perpindahan panas yaitu  UT - Siswa dapat menyebutkan macam-macam perpin- 47
kondsif, konveksi dan radiasi dahan panas
- Konduksi adalah perpindahan panas melalui PG - Disajikan gambar, siswa dapat menentukan perpin- 8
zat perantara diikuti perpindahan zat  dahan panas pada batang besi di atas api
perantaranya contoh, memanaskan batang
besi diatas api
- Alat musik dapat dimainkan dengan cara,  PG - Siswa dapat menentukan cara biola dimainkan  9
ditiup, digesek, dipukul, dan lain-lain
- Benda yang bergetar dapat menghasilkan  PG - Siswa dapat menyebutkan benda yang bergetar 10
bunyi dapat menghasilkan bunyi
- Gema adalah bunyi pantul yang terdengar  Is - Siswa dapat menjelaskan maksud gema 39
lengkap setelah bunyi aslinya
8.2 Menjelaskan berbagai Energi alternatif dan - Energi alternatif air terjun dapat digunakan PG - Siswa dapat menentukan gunanya energi alternatif 11
eneri alternatif dan cara penggunaannya untuk PLTA pada air terjun
penggunaannya - Sumber energi alternatif yang menghasilkan PG - Siswa dapat menyebutkan sumber alternatif yang 12
energi panas adalah sinar matahari dan panas menghasilkan energi panas
bumi
- Jenis tumbuhan yang menghasilkan bahan PG - Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan jenis  13
bakar (bioenergi) adalah biji jarak, kelapa tumbuhan yang dapat menghasilkan bahan bakar
sawit, singkong/ubi kayu dan biji kapuk
randu
- Energi alternatif yang digunakan parasut PG - Siswa dapat menyebutkan energi yang digunakan 15
adalah energi angin parasut
- Singkatan PLTU adalah pembangkit listrik Is - Siswa dapat menyebutkan singkatan PLTU 40
tenaga uap
- Jenis pembangkit listrik yang menggunakan UT - Siswa dapat menyebutkan jenis pembangkit listrik  48
energi alternatif adalah PLTA, PLTU, PLTS, yang menggunakan energi alternatif
PLTN
8.3 Membuat suatu karya/ Penerapan konsep perubahan - Alat membuat parasut adalah kantong  PG - Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan alat  14
model untuk menunjuk- gerak akibat pengaruh udara plastik, benang, boneka kecil gunting membuat parasut
kan perubahan energi
gerak akibat pengaruh 
udara misalnya roket
dari kertas/baling-baling/
pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan Penerapan konsep perubahan - Alat musik piano dimainkan dengan cara PG - Disajikan gambar siswa dapat cara memainkan alat 16
energi bunyi melalui energi gerak menjadi energi ditekan musik piano
penggunaan alat musik bunyi
9.1 Mendeskripsikan Perubahan kemampuan pada - Penyebab terjadinya perubahan kemampuan PG - Siswa dapat menentukan penyebab terjadinya  17
perubahan kemampuan bumi dan langit (termasuk bumi adalah terjadinya siang dan malam, perubahan kenampakkan bumi
bumi bulan) pasang surut air laut, gempa bumi, gunung
meletus, dan kebakaran hutan
- Alat pencatat gempa bumi disebut seismograf PG - Siswa dapat menyebutkan alat pencatat gempa 18
- Peristiwa bulan mengelilingi bumi dinamakan PG - Siswa dapat menentukan istilah revolusi bulan 19
revolusi bulan
- Kedudukan bulan yang berubah-ubah  PG - Siswa dapat menentukan istilah fase bulan 20
terhadap bumi disebut fase bulan
- Bulan bersifat paling terang saat fase bulan Is - Siswa dapat menyebutkan saat fase bulan purnama 41
purnama
9.2 Mendeskripsikan Perubahan kenampakan - Faktor penyebab perubahan lingkungan fisik  PG - Disajikan tabel, siswa dapt menyebutkan faktor- 21
posisi bulan dan  pada bumi dan langit adalah angin, cahaya matahari, hujan dan faktor yang mempengaruhi perubahan fisik
kenampakkan bumi dari gelombang laut
hari ke hari - Angin bahorok dapat merusak tanaman  PG - Siswa dapat menyebutkan angin yang merusak  22
tembakau di Deli Sumut tanaman tembakau
- Pengaruh hujan yang merugikan bagi manusia PG - Siswa dapat menentukan pengaruh hujan yang dapat 23
adalah  merugikan manusia
- Pengaruh gelombang laut dapat mengakibat- PG - Disajikan tabel, siswa dapat menentukan pengaruh 24
kan abrasi, tsunami, dan pasang surut gelombang laut yang merugikan manusia
- Anemometer adalah alat mengukur kecepan Is - Siswa dapat menuliskan alat mengukur kecepatan  42
angin angin
10.1 Mendeskripsikan  Perubahan fisik dan proses- - Cara mencegah abrasi adalah menanam PG - Siswa dapat menyebutkan cara mencegah abrasi 25
berbagai penyebab  nya pohon bakau
perubahan lingkungan - Abrasi adalah pengikisan pantai yang  Is - Siswa dapat menyebutkan istilah abrasi 43
fisik (angin, hujan, cahaya diakibatkan oleh gelombang air laut
matahari, dan gelombang
10.2 Menjelaskan pengaruh Perubahan lingkungan fisik - Cara mencegah erosi adalah menanami lahan PG - Siswa dapat menentukan cara mencegah erosi 26
perubahan fisik dan prosesnya yang gundul, membuat terasering/sengkedan
terhadap daratan (erosi, - Manfaat biopori adalah mencegah terjadinya Is - Siswa dapat menuliskan manfaat biopori 45
abrasi, banjir, dan banjir
longsor
10.3 Mendeskripsikan cara Perubahan lingkungan fisik - Cara mencegah banjir adalah PG - Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan cara  27
pencegahan kerusakan dan prosesnya - menanami tanah yang gundul mencegah banjir
(erosi, abrasi, banjir, dan - membuang sampah pada tempatnya UT - Siswa dapat menuliskan cara mengatasi banjir 49
longsor - tidak menebang pohon secara besar-besar-
  an
11.1 Menjelaskan hubungan Hubungan antara sumber daya - Sumber daya alam adalah segala sesuatu PG - Siswa dapat menyebutkan istilah sumber daya alam 28
antara sumber daya alam dengan lingkungannya yang berasal dari alam
alam dengan lingkungan - Contoh sumber daya alam yang tidak dapat PG - Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan contoh  29
diperbaharui adalah minyak bumi, batubara sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
dan gas alam
11.2 Menjelaskan hubungan Keterkaitan antara sumber - Bahan baku membuat ban adalah getah karet PG - Siswa dapat menyebutkan bahan baku membuat ban 30
sumber daya alam daya alam dengan lingkungan - Cara pengawetan makanan yang baik bagi PG - Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan cara peng- 31
dengan teknologi yang kesehatan tubuh adalah gula, garam dan awetan makanan yang baik bagi kesehatan tubuh
digunakan pengasapan
- Yang bukan termasuk olahan susu sapi adalah PG - Disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan yang  32
tahu, tempe, kedelai bukan termasuk olahan susu sapi
- Bahan dasar membuat kertas adalah serat Is - Siswa dapat menyebutkan bahan dasar membuat 44
kayu kertas
11.3 Menjelaskan dampak Keterkaitan antara sumber - Merancang teknologi sederhana pendaur  PG - Siswa dapat menyebutkan barang yang dibuat dari 33
pengambilan bahan- daya alam lingkungan, ulang bahan-bahan bekas hasil hutan
bahan alam terhadap  teknologi dan masyarakat - Upaya untuk melestarikan kekayaan alam PG - Siswa dapat menentukan cara untuk melestarikan  34
kelestarian lingkungan adalah untuk mendaur ulang bahan-bahan kekayaan alam
bekas
- Tindakan manusia untuk menghemat sumber PG - Siswa dapat menyebutkan cara menghemat sumber  35
daya alam berupa bahan bakar fosil adalah daya alam
tidak mengambil sumber daya alam secara 
besar-besaran
- Dampak menangkap ikan dengan bahan UT - Siswa dapat menuliskan dampak menangkap ikan  50
peledak adalah semua yang ada dilingkungan dengan bahan peledak
laut akan hancur/rusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.