Skenario Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Subtema 3

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : 6 (Enam)
Tema : 3. Tokoh dan Penemuan
Sub Tema : 3. Ayo, Menjadi Penemu
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Hari/ tanggal : Selasa, 14 September 2021
________________________________________
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat menggali informasi dari teks eksplanasi berdasarkan kalimat
tanya; dan menyanyikan lagu diiringi alat musik dengan interval nada yang tepat.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar Ananda semua?
Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.
Apakah Ananda ingin menjadi seorang penemu? Untuk menjadi seorang penemu membutuhkan kegigihan dan semangat yang kuat, seperti Thomas Alva Edison
yang tidak pantang menyerah dalam menemukanlampu pijar listrik. Penemuan ilmu pengetahuan merupakan contoh teks eksplanasi.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentangproses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan jugalainnya bisa terjadi. Oleh karena itu, kalimat tanya
sangat diperlukan untuk membantu dalam menggali informasi dalam teks eksplanasi.

Bagaimana cara menggali informasi dari teks eksplanasi berdasarkan kalimat tanya? 

Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak penjelasannya pada link video berikut:


Anand ajuga bisa buka PPT pdf berikut jika mengalami kendala quota terbatas ya.


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami cara
menggali informasi dari teks eksplanasi berdasarkan kalimat tanya.

Sebagai evaluasi, kerjakan latihan soal pada akhir video pembelajaran. Kerjakan dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai, kirimkan hasil
pekerjaanmu kepada Bapak/Ibu Guru melalui GCR.

Kegiatan 2
Apakah Ananda hobi menyanyi? Iya, dengan menyanyi kita akan menjadi lebih terhibur dan hati kita menjadi bahagia.
Lebih seru lagi apabila menyanyi diiringi dengan alat musik.

Alat musik terbagi menjadi dua, yaitu alat musik melodis dan ritmis. Alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki nada. Sedangkan alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada. Meskipun demikian, alat musik ritmis memiliki fungsi untuk memainkan irama lagu. Lalu,
apa saja contoh alat musik melodis dan ritmis? 

Agar Ananda lebih memahaminya, Silakan Ananda simak tayangan pada link video berikut:


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami contoh alat musik melodis dan ritmis.

Tugas Ananda selanjutnya adalah menyanyikan lagu nasional diiringi alat musik dengan interval nada yang tepat. Apabila Ananda tidak memiliki alat musik melodis, Ananda dapat memanfaatkan benda-benda di rumah sebagai alat musik ritmis. 

Kirimkan tugas Ananda kepada
Bapak/Ibu Guru dalam bentuk video ya di GCR!

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.