Skenario BDR kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2

SKENARIO PEMBELAJARAN
Kelas : VI (Enam)
Tema : 2. Persatuan Dalam Perbedaan
Sub Tema : 2. Bekerja sama Mencapai Tujuan
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
______________________________________

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat menggali informasi dari teks pidato yang dibaca; Mempraktekkan
gerakan dan pola lantai tari daerah dengan tepat.

Kegiatan 1
Assalamualaikum wr.wb., Apa kabar Ananda semua?
Semoga Ananda senantiasa dalam keadaaan sehat dan tetap semangat.

Hari ini Ananda akan mempelajari langkah-langkah dalam menggali informasi dari teks pidato yang dibaca. Teks pidato merupakan sebuah teks yang berisi gagasan,pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu hal yang nantinya akan disampaikan di depan umum. Jadi, mempersiapkan teks pidato sangat penting agar topik yang dibicarakan sesuai dengan tema. 

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menggali informasi
dari teks pidato yang dibaca, antara lain : membaca teks secara keseluruhan, mencatat hal-hal penting, membuat
pertanyaan serta menyusun simpulan dari teks pidato.

Agar Ananda lebih memahami langkah-langkah tersebut, silakan Ananda simak penjelasannya pada materi berikut:


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami langkah-langkah dalam menggali informasi dari teks pidato yang dibaca.
Sebagai evaluasi, Silakan Ananda mengerjakan latihan soal pada lampiran di halaman berikutnya. 

Kerjakan di buku tulis dengan teliti dan penuh tanggung jawab ya. Bila telah selesai kirim hasil pekerjaan Ananda kepada Bapak/Ibu Guru dalam bentuk foto melalui WA.

Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada
Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Kegiatan 2
Dalam sebuah tari, sikap bekerja sama sangatlah dibutuhkan. Sebab dari  kerjasama itulah sebuah tarian dapat dibawakan secara baik dan sempurna, yang padaakhirnya akan mempengaruhi keindahan suatu tarian yang dibawakan.

 Bekerja sama merupakan salah satu
kunci dalam mencapai tujuan dan keberhasilan..Selain bekerja sama, pola lantai tari juga penting supaya para penari gerakannya sesuai dan tidak saling bertabrakan satu sama lain. Sehingga tarian itu tampak indah dan menarik.

Salah satu tarian yang akan Ananda pelajari hari ini adalah Tari Indang yang berasal dari Sumatera Barat. Pola lantai
yang digunakan pada Tari Indang pola lantai vertikal.

Bagaimana gerakan-gerakan tari Indang? Agar Ananda lebih memahaminya, silakan Ananda simak tayangan pada link video berikut


Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? 

Semoga setelah menyaksikan video tadi, Ananda lebih memahami gerakan dan pola lantai pada tari Indang.

Selanjutnya, Silakan Ananda mempraktekkan tari Indang
dengan benar dan percaya diri ya. Sebelum memvideokannya, Ananda dapat mempelajari gerakannya terlebih dahulu.
Bila telah selesai kirim video tari Indang, Ananda kepada.Bapak/Ibu Guru melalui WA.

Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai, tetapianak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu mengenai Manfaat Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan. Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi silahkan Ananda buka link berikut:


Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Salam!!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.