BDR Kelas 3 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 6 dengan RPP Masa Darurat

 SKENARIO BDR KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat 

  1. menyajikan karya hasil pengamatan pada sebuah hasil percobaan perubahan wujuddalam kehidupan sehari-hari; 
  2. Menceritakan pengalaman melaksanakan tugas sesuai dengan peran masing-masing; 
  3. Memasangkan gambar jam dengan jarum jam yang sesuai.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, selalu lakukan tiga M ya, bila ingin berkegiatan. Yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Cuci tangan dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini!

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada Ayah/bunda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan semangat ya! Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah banyak mempelajari perubahan wujud benda, dari mencair, membeku, hingga menyublim.

Kegiatan 1

Nah, pada pembelajaran hari ini kita akan melakukan penelitian tentang perubahan wujud pada proses memasak makanan. 

Untuk mengetahuinya kita pelajari bersama-sama, yuk! Simak video di bawah ini ya. 

Selama menonton video siapkan buku untuk mencatat informasi baru yang akan kamu ketahui ya. 

 

Setelah menonton, silakan ananda berdiskusi dengan Ayah/bunda tentang isi video tadi ya.

Nah, sekarang kalian sajikan atau tuliskan laporan hasil pengamatan pada sebuah format seperti berikut ini! 

Lalu sampaikan secara lisan dan menunjukkan karya hasil pengamatannya kepada Bapak/ibu guru sebagai bentuk laporan kegiatannya. 

Seperti yang sudah di informasikan pada pembelajaran sebelumnya ya. Ayah/Bunda, tolong bimbing dan awasi Putra/putrinya. 

Biarkan mereka mengeksplorasi kemampuan dirinya untuk menyajikan laporan hasil pengamatannya pada sebuah hasil percobaan perubahan wujud memasak makanan, mari kita sama-sama fasilitasi.

Wah, ternyata kalian hebat dalam menyajikan informasi sesuai dengan format karya yang sudah ditentukan. 

Terima kasih Ayah/bunda yang sudah mengirimkan video laporan kegiatan Putra/putrinya.

Setiap peran memiliki tugas masing-masing. Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah beberapa kali melakukan kegiatan secara bersama-sama atau berkelompok bersama anggota keluarga di rumah.

Nah, selanjutnya kalian ceritakan secara tertulis pengalaman melakukan tugas sesuai dengan perannya masing-masing.

Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda bacanya ya!

Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya ke WA bapak/ibu guru ya!

Kegiatan 2

Pernahkah kamu mengukur lama waktu perubahan wujud benda? Alat apa yang dapat kamu gunakan untuk mengukur lama waktu tersebut?

Nah, alat pengukur waktu itu ada jam analog, jam digital dan jam pasir serta stopwatch. 

Penjelasan lebih lanjutnya ada pada video pembelajaran di atas ya!

Selanjutnya kita berlatih menyelesaikan soal di bawah in yuk!


Tuliskan pada buku tulismu. Selanjutnya minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya ke WA bapak/ibu guru ya! 

Ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Contoh Soal PH Tema 3 Subtema 3





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apresiasikan partisipasi anda dengan like atau komentar setelah mendownload laman ini. Terima kasih atas partisipasinya.